Apakah kamu bisa menulis konten SEO Friendly yang bisa membuat keduanya (user dan searchengine) menyukai dan mengerti ?

Apa 10 hal terpenting yang harus Anda ketahui untuk menulis konten agar bisa memiliki peringkat yang baik dalam mesin pencari dan pada saat yang sama bisa ditemukan dan berguna bagi pembaca Anda?

# 1 – Apakah konten Anda unik dan asli?

Konten unik dan asli tidak berarti Anda harus memberikan sesuatu yang baru atau mengatakan sesuatu yang tidak pernah dikatakan sebelumnya, itu berarti tulisan Anda seharusnya tidak menjadi salinan yang sama persis dari beberapa situs web lain atau sumber online.

Google sangat baik dalam mengidentifikasi konten duplikat dan tidak ada alasan bagi mereka untuk memberi peringkat pada halaman web atau situs web dengan konten yang copy-paste.

Apa yang mereka butuhkan dalam indeks mereka adalah halaman web yang menjawab permintaan pencarian orang dan halaman web yang lebih unik yang mereka miliki, semakin banyak kesempatan untuk membuat pengunjungnya tetap bahagia dan berkunjung kembali.

Menyertakan link kembali ke sumber asli tidak membuat konten Anda unik – salah satu kesalahan yang dibuat banyak blogger adalah menyalin konten dari sebuah situs web, mempublikasikannya sendiri dan kemudian menambahkan link kembali ke sumber aslinya.

Meskipun hal ini tampak bagus dilakukan secara etika, dalam hal keunikan konten itu tidak mengubah apapun.

Konten di situs Anda masih duplikat dan tidak menawarkan sesuatu yang baru ke Google.

Bagaimana Anda memastikan konten Anda unik? – Saya menggunakan copyscape, alat yang memungkinkan Anda memasukkan teks dan akan memberi tahu Anda apakah itu ‘unik’ atau tidak.

Jika tidak, maka Anda bisa melakukan perubahan sampai salinan Anda 100% ‘asli’.

# 2 – Lakukan pekerjaan rumah Anda sebelum menulis judul posting Anda
Lakukan pekerjaan rumah Anda sebelum kamu menulis judul posting. Judul postingan penting karena berbagai alasan dan judul terstruktur dengan baik akan membantu:

  • Mesin pencari mengerti apa halamannya
  • Pengguna mengerti jika ini adalah sesuatu yang ingin mereka klik dan baca
  • Newsletter pelanggan memutuskan apakah ini adalah email yang ingin mereka buka dan baca
  • Sistem periklanan akan memutuskan apakah ini adalah halaman yang ingin mereka iklankan atau tidak
  • Ini juga merupakan salah satu faktor seo halaman yang paling penting

Jadi, bagaimana Anda memilih judul posting yang memenuhi kriteria di atas:

  • Lakukan riset kata kunci Anda untuk mengetahui apa yang dicari orang yang terkait dengan topik halaman Anda.
  • Cari Google, Yahoo dan Bing menggunakan kata kunci Anda untuk menemukan judul terkait. Catat saran yang Anda dapatkan saat mengetikkan kata kunci di kotak telusur dan juga gulir ke bawah halaman hasil pencarian untuk melihat apa yang orang lain cari.
  • Begitu Anda memutuskan struktur dasar judul Anda (dengan menggunakan dua metode yang dijelaskan di atas), cobalah membuat judul Anda lebih sosial dan menarik bagi pengguna. Cobalah untuk berpikir seperti pengguna dan menilai apakah judul Anda akan mendorong Anda untuk mengklik dan mengunjungi halaman itu.
  • Pastikan panjang judul Anda kurang dari 65 karakter.

Penting: Sambil mempertimbangkan panduan di atas, ingatlah bahwa urutan kata kunci dalam judul itu penting – jadi cobalah untuk memasukkan kata kunci Anda terlebih dahulu dan kemudian kata-kata lainnya.

Misalnya: jika kata kunci target Anda adalah “Google SEO”, maka berikut adalah beberapa judul yang disarankan dengan yang paling efektif ditampilkan di bagian atas daftar.

  • Praktik Google SEO Terbaik
  • Praktik terbaik untuk Google SEO
  • Cara Optimasi SEO untuk website anda
  • Bagaimana cara membuat konten yang disukai Google ?

# 3 – Perhatikan pendahuluan Anda
Saat merayapi laman web, mesin pencari ingin memahami konteks laman dan memutuskan apakah ini adalah sesuatu yang harus disertakan dalam indeks mereka, dengan cara tercepat.

Tugas Anda adalah membantu mereka dengan menyebutkan kata kunci Anda dalam paragraf gaya pengantar di awal halaman Anda.

# 4 – Jangan lupakan bodi halaman
Setelah mengatakan hal tersebut di atas (poin 3), dan seperti yang dikatakan Matt Cutts dari Google dalam video webmaster singkat ini, jangan lupa tentang isi tulisan.

Ini berarti bahwa sementara Anda harus memberikan perhatian yang diperlukan pada judul dan deskripsi halaman Anda, Anda juga harus mempertimbangkan untuk menambahkan kata kunci Anda secara alami ke dalam isi tulisan juga.

# 5 – Interlinking bagus untuk SEO
Banyak web menggunakan tautan internal dan banyak bertebaran artikel untuk selalu menyarankan saya untuk menggunakan tautan internal di artikel laman mereka untuk membuat jaring kecil mereka sendiri di dalam situs web mereka.

Saya menulis sebuah artikel tentang pedoman penautan internal yang dapat Anda perhitungkan, namun Anda juga dapat melihat sekilas setiap artikel Wikipedia untuk melihat bagaimana mereka menggunakan tautan internal untuk mempermudah navigasi pengguna.

# 6 – Mempercantik teks
Kembali ke bulan Mei 2011, Amit Singhal (Mantan kepala Tim Google Penelusuran), menerbitkan serangkaian pedoman untuk situs web berkualitas tinggi di Google Webmaster central.

Tidak mengherankan, beberapa di antaranya berkaitan dengan bagaimana teks / isi halaman disajikan kepada pengguna.

Penting saat mempersiapkan halaman Anda untuk memberi perhatian pada detail dan memudahkan pengguna untuk memindai melalui teks untuk menemukan yang mereka inginkan.

Jadikan halaman terlihat bagus dengan menambahkan huruf tebal, miring, gambar, video, paragraf dan judul kecil.

Izinkan saya mengklarifikasi ini, “Jika saya memperindah teks saya, apakah itu akan memberi saya peringkat yang lebih baik?”. Tentu saja tidak, tapi bisa membantu dengan cara lain yang secara tidak langsung dapat mempengaruhi peringkat website Anda.

# 7- Tampilkan nama penulis dan bio
Web tidak lagi anonim, ini berarti bahwa saat mempublikasikan konten di halaman web Anda juga perlu menunjukkan rincian tentang penulisnya.

Hal ini terutama berlaku untuk topik yang sensitif seperti topik terkait kesehatan, keuangan dll namun pada umumnya menunjukkan informasi penulis membuat halaman dipercaya.

Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menambahkan kotak bio penulis kecil di bawah artikel Anda, seperti contoh di bawah ini.

# 8 -Gunakan gambar dan optimalkan
Gambar bagus untuk pengguna karena membuat konten menjadi kurang melelahkan dan mudah dibaca. Mereka juga bagus untuk mesin pencari karena ini adalah cara tambahan untuk lebih memahami tentang halaman tertentu.

Praktik terbaik untuk menggunakan gambar dalam konten Anda meliputi:

  • Gunakan gambar yang memiliki hak cipta yang diperlukan
  • Optimalkan ukuran gambar karena Anda tidak ingin gambar Anda memperlambat situs Anda
  • Gunakan teks ALT untuk menggambarkan gambarnya – Anda juga boleh memasukkan kata kunci
  • Gunakan nama file gambar yang berarti, bukan angka atau karakter yang tidak terkait

# 9 – Baca lagi
Tak perlu dikatakan lagi, tapi Anda tidak ingin menerbitkan sesuatu yang memiliki kesalahan ejaan, kesalahan tata bahasa, kalimat tidak bermakna atau hanya teks yang tidak masuk akal.

Sebelum menekan tombol publish pastikan Anda memeriksa kepatuhan terhadap pedoman yang disebutkan di atas dan terbaca dengan baik tanpa kesalahan atau kelalaian.

# 10 – Apakah konten Anda lebih baik daripada kompetisi?
Ini adalah saran terakhir saya, tapi yang sangat penting.

Kita semua tahu bahwa ada banyak persaingan pada apa pun yang Anda publikasikan di Internet dan mesin pencari memiliki pekerjaan yang sangat sulit dalam menentukan apa yang harus ditunjukkan di posisi teratas mereka.

“Untuk meningkatkan kesempatan Anda mendapatkan posisi yang lebih baik di SERPS, Anda harus memastikan bahwa halaman Anda lebih baik daripada yang lain.”

Anda perlu meyakinkan mereka bahwa konten Anda lebih bermanfaat bagi pencari daripada yang sudah ada dalam indeks mereka.

Tentu saja, ada lebih banyak faktor yang berperan seperti otoritas domain, backlink, yang menulis halaman dll tapi yang bisa Anda lakukan sebagai langkah pertama adalah melakukan beberapa pengecekan sebelum menekan tombol publish.

Jadi, saat Anda menyelesaikan sebuah halaman dan siap untuk ditayangkan, cari di Google untuk mendapatkan judul halaman Anda dan periksa dengan seksama situs web di 10 posisi pertama.

Bandingkan dengan halaman Anda dalam bidang berikut:

  • Berapa panjang rata-rata konten, dari segi kata-kata? Jika salinan Anda jauh lebih sedikit, maka sebelum melanjutkan, Anda dapat mempertimbangkan untuk menambahkan lebih banyak konten.
  • Apa jenis konten yang dimiliki halaman lain? Apakah mereka memiliki banyak gambar, video? Bagaimana cara membandingkannya dengan halaman Anda?
  • Kualitas informasi? Ketika sampai pada kualitas informasi yang diberikan, apakah halaman Anda lebih baik daripada yang lain dan apakah ini lebih bermanfaat bagi pengguna?

Kesimpulan
Bila kita berbicara tentang konten SEO friendly kita maksudkan konten yang bisa dengan mudah dipahami oleh search engine.

Semakin mereka bisa mengerti tentang halaman Anda, semakin besar peluang Anda mencapai peringkat yang lebih baik dalam hasil pencarian mereka.

Faktor-faktor seperti keunikan konten, judul posting, pendahuluan, teks body, struktur penautan internal, tampilan halaman, bahasa menulis dan gambar sangat penting dalam copywriting SEO.

bisnis online bersama alona belajar bisnis online gratis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here