Bagi Anda yang sedang berbisnis online di Instagram sepertinya harus membaca artikel satu ini. 

Cara berjualan online di Instagram mungkin sudah banyak Anda temui, tapi apakah Anda sudah mengetahui cara penggunaan fitur Instagram untuk bisnis online

Mari simak dengan teliti…

Fitur Instagram yang berdurasi 15 detik ini tanpa disadari dapat mendatangkan konsumen yang tidak disangka. 

Walaupun detail informasi yang dicantumkan tidak seperti postingan pada umumnya, stories ini masih mampu menampung respon audiens

Banyaknya pengguna Instagram yang tertarik dengan fitur stories, dan juga banyak pebisnis yang beralih ke stories untuk promosi atau mengiklankan produk bisnisnya. 

Fitur yang ditawarkan dapat menjadi alat baru untuk menarik banyak audiens.

Banyak cara yang dilakukan agar Instagram stories Anda menjadi efektif sehingga dapat menarik banyak perhatian audiens

Selain itu hal ini berguna untuk meningkatkan produktivitas pada bisnis Anda.

#1: Stiker Produk

Jika Anda ingin meningkatkan penjualan lewat Instagram stories, Anda dapat memanfaatkan stiker produk.

Instagram stories menciptakan cara yang sangat efisien bagi audiens Anda untuk berbelanja produk Anda. 

Stiker ini dapat ditempatkan pada gambar dan video, selain itu kegunaan stiker produk ini agar story yang di post jauh lebih menarik.

Anda cukup membuka akun Instagram bisnis, pilih foto produk yang ingin di posting lalu klik ikon stiker dan ketik “produk” di kolom pencarian. Tampilan akan seperti dibawah ini.

Anda bisa menggunakan stiker ‘new product’ sebagai pemberitahuan bahwa di toko Anda sedang memiliki produk baru yang akan dijual.

Anda dapat menggunakan stiker ‘swipe up’ guna memudahkan pembeli mengecek barang, saat sticker digeser ke atas maka stiker akan mengarahkan langsung ke produk yang mau dijual.

Atau gunakan stiker lain yang gambarnya sesuai dengan produk yang dijual agar lebih menarik

Baca juga 7 Strategi Memanfaatkan Fitur Instagram Story Untuk Bisnis Anda

#2: Tautan/Link

Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk mengarahkan atau menautkan ke halaman website maupun pembelian.

Anda bisa mencantumkan link tersebut di bio Instagram atau Instagram stories Anda.

Dan Anda bisa memilih mencantumkan link dengan fitur penambahan link biasa (klik ikon link bergambar rantai) atau dengan stiker “Swipe Up”

Penggunaan link di Instagram stories sudah sering digunakan pebisnis maka Anda jangan sampai ketinggalan

langkah yang harus dilakukan adalah:

(1) Buka profil Instagram Anda dan buat Instagram stories seperti biasa

(2) Lalu klik ikon link (ikon bergambar mirip rantai)

(3) Setelah tampilannya berubah, ketik link yang ingin dicantumkan 

(4) Lalu klik tambahkan tautan atau link 

Setelah selesai, postingan yang sudah ditambahkan link bisa langsung anda publish atau bagian di Instagram Stories punya Anda.

Cara ini sangat efektif, karena followers Anda hanya tinggal klik link yang ada atau geser ke atas (jika menggunakan stiker Swipe Up) untuk bisa membuka link tersebut.

Tapi perlu Anda ingat bahwa penambahan link pada Instagram Stories, Anda harus memiliki minimal 10 ribu followers.

Lalu bagaimana dengan Anda yang hanya memiliki followers di bawah 10 ribu?

Anda bisa mencantumkan link bisnis online pada profil bio Instagram sebagai jalan keluarnya.

Anda tinggal mengarahkan customer melalui stories untuk mengklik link yang ada bio untuk melihat semua daftar produk bisnis.

#3: Countdown Stiker

Stiker Countdown adalah fitur yang luar biasa untuk membangun hype di saat peluncuran produk Anda untuk menghasilkan lebih banyak penjualan.

Kegunaan stiker hitung mundur untuk membangun antisipasi followers Anda agar tidak tertinggalkan info baru tentang produk Anda.

Penggunaan sticker countdown sangatlah mudah digunakan bahkan bagi pengguna baru Instagram story

Pertama, buka akun Instagram lalu buat story baru

Kedua, pilih foto produk yang ingin di upload lalu klik ikon sticker

Di ikon sticker ini Anda bisa menemukan bermacam-macam stiker sesuai kebutuhan bisnis ads Anda.

Ketiga, ketik nama stiker yang Anda butuhkan misalnya ‘Countdown’

Terakhir, atur waktu countdown sesuai dengan kebutuhan

Setelah anda memilih stiker countdown maka stiker akan muncul lalu anda akan diarahkan untuk mengatur waktu sesuai jadwal promosi atau waktu penjualan produk. 

Agar lebih menarik stiker countdown juga menyediakan bermacam warna, Anda bisa memilih sesuai keinginan.

#4: Instagram Stories Ads

Instagram Stories Ads adalah cara sempurna untuk menampilkan merek, bisnis, dan produk Anda ke audiens.

Instagram stories ads juga berguna untuk memperluas tempat promosi, semakin banyak iklan bisnis Anda tayang maka semakin banyak customer yang mengenali produk Anda.

Contoh iklan di Instagram stories:

Untungnya, Instagram Stories Ads memiliki semua opsi penargetan yang sama dengan Facebook Ads yang termasuk penargetan berdasarkan audiens,  lokasi, demografi, minat, perilaku, dan banyak lagi.

Nah, setelah membaca tips di atas jangan lupa untuk menerapkan langsung agar bisnis Anda mencapai target secara tepat.

Kunjungi terus blog Alona dan nantikan tips bisnis online lainnya.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini ke sosial media yang Anda punya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here