Menjadi entrepreneur juga harus mengantongi skill untuk menjadi seorang pemimpin. Tidak hanya memimpin diri sendiri, Anda juga harus piawai dalam memimpin orang lain (karyawan/tim) Anda.

Menjadi entrepreneur memang tidak bisa dilatih dalam waktu sehari. Demikian juga dengan menjadi seorang peimimpin yang baik. Semuanya butuh proses belajar dan praktek setiap hari tanpa henti.

Bagaimana cara Anda mengetahui bahwa Anda memiliki kemampuan sebagai seorang pemimpin yang baik? Indikatornya adalah karyawan/tim Anda sendiri. Jika Anda tergolong dalam pemimpin yang masih buruk kualitasnya, paling tidak karyawan Anda akan menunjukkan ke-4 tanda berikut ini :

  1. BERSIKAP SEOLAH ANDA TIDAK ADA

Pemimpin yang buruk akan kehilangan wibawa di depan karyawannya. Jika wibawa sudah hilang, bisa dipastikan Anda akan sulit mendapat respek dari karyawan Anda. Contohnya ketika Anda di kantor, karyawan Anda mulai cuek terhadap Anda, menghindari percakapan dan kontak mata dengan Anda, dan berusaha mengabaikan kehadiran Anda di dalam ruangan. Itu artinya mereka sudah mulai bertindak seolah-olah Anda tidak ada di situ dan mereka tidak lagi menginginkan berkomunikasi dengan Anda.

2. TIDAK MAU MELIBATKAN ANDA DALAM PEKERJAAN MEREKA

Ketika karyawan Anda mulai mengambil keputusan sendiri tanpa mempertimbangkan pendapat Anda, itu juga jadi pertanda bahwa ada yang tidak beres dengan kepemimpinan Anda.

Seharusnya sebagai pimpinan, Anda dimintai izin atau pendapat terhadap apapun yang anak buah Anda lakukan, meskipun di awal Anda telah memberikan wewenang kepada karyawan untuk mengambil keputusan sendiri.

Jika tidak mereka lakukan, Anda harus evaluasi diri. Mengapa mereka lebih suka bertindak sendiri tanpa meminta keterangan dari Anda? Apakah karena mereka sudah tidak menganggap Anda bos mereka? Atau lebih parahnya lagi, karyawan Anda menganggap Anda kurang kompeten di bidang yang mereka kerjakan?

3. MEREKA TIDAK MEMATUHI PERATURAN YANG ANDA BUAT

Setiap pemimpin pasti membuat peraturan bagi perusahaannya. Dan setiap karyawan seharusnya mematuhi peraturan yang Anda buat. Jika karyawan Anda tidak mematuhi peraturan Anda, itu tandanya mereka sudah tidak ada respek terhadap Anda sebagai seorang pemimpin. Pemimpin yang baik mampu membuat bawahannya mengikuti keinginan sang pemimpin tanpa perlu disuruh atau dipaksa.

4. MEREKA TIDAK MEMBERI HORMAT KEPADA ANDA

Selayaknya seorang bawahan, harusnya menaruh rasa hormat kepada pimpinannya. Jika bawahan Anda sudah tidak lagi menghormati Anda, itu artinya ada yang salah dengan cara Anda memimpin.

Sikap tidak hormat bisa jadi ditunjukkan lewat kata-kata yang kurang sopan atau tanggap, tidak mengindahkan perintah Anda, atau menggunjing Anda di belakang. Terkadang karyawan tidak akan mengatakan apa kekurangan Anda, melainkan mereka langsung membicarakan Anda di belakang bersama teman-teman mereka.

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang berwibawa dan mampu menggerakkan orang lain. Untuk menjadi pemimpin yang baik tentunya diperlukan proses belajar yang tidak instan. Tidak ada orang yang terlahir langsung memiliki kemampuan memimpin (leadership) yang bagus.

Untuk menjadi pemimpin yang baik, mulailah dengan memimpin diri Anda sendiri. Lalu kembangkan dengan memimpin tim Anda. Sering-seringlah berlatih dengan membaca buku atau mengikuti pelatihan-pelatihan leadership yang ada.

Bisnis yang bagus tentunya dipimpin oleh leader yang berkualitas pula. Leader yang buruk tentunya akan sulit membawa perusahaan untuk maju.

- IKUTILAH SEKARANG -
marketing instagram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here