Kemampuan negosiasi adalah kemampuan mutlak yang harus dimiliki oleh setiap entrepreneur. Semua pengusaha pasti perlu melakukan negosiasi, baik kepada customer, klien, investor, supplier, atau bahkan dengan karyawan sedniri.

Tapi tidak semua pebisnis memiliki kemampuan negosiasi yang baik sejak dini. Kabar baiknya, kemampuan negoasiasiitu bisa dipelajari dan dikembangkan.

Paling tidak ada 4 rahasia dalam membuat negosiasi yang baik dan berhasil. Yakni :

1) KOMUNIKASI YANG IMPRESIF

Negosiasi adalah seni berkomunikasi dengan orang lain untuk mencapai kesepakatan bersama yang sama-sama saling menguntungkan. Agar orang lain mau Anda ajak bicara/komunikasi, Anda haruslah menjadi seseorang yang impresif (mengesankan) dalam berbicara.

Bagaimana caranya agar Anda mampu meninggalkan kesan baik kepada orang lain? Anda bisa memulai pembicaraan dengan melontarkan pujian terhadap lawan bicara Anda dengan kata-kata yang tulus. Dan jangan lupa untuk banyak mendengarkan lawan Anda berbicara untuk mengetahui apa yang mereka sukai/butuhkan.

2) JADILAH MANUSIA YANG AHLI DALAM MEMECAHKAN MASALAH DAN MENGAMBIL KEPUTUSAN

Negosiasi terjadi karena ada suatu masalah yang harus cepat diambil solusinya dan ada kesepakatan kedua belah pihak yang harus dicapai. Karenanya jadilah pribadi yang pandai menawarkan solusi yang menguntungkan kedua belah pihak dari setiap problem dan jadilah orang yang mampu mengambil keputusan yang adil.

3) MAMPU MENANGANI STRESS

Ketika proses negosiasi, tak jarang proses yang alot dan lawan bicara yang sulit sepakat membuat Anda merasakan emosi dan stress. Tak jarang pulang ketika melakukan negosiasi, Anda akan mendengar sederet kata-kata kurang menyenangkan dari pihak yang diajak negosiasi, entah karena mereka merasa tidak nyaman dengan Anda, entah karena mereka merasa gaya bahasa Anda kurang berkenan, dan sebagainya.

Sederet proses dan kata-kata kurang menyenangkan yang mungkin saja timbul saat proses negosiasi membuat kita untuk rawan terserang stress. Tapi jika Anda ingin menjadi negosiator yang berhasil, Anda harus mampu mengatasi stress tersebut. Negosiasi tidak akan berhasil jika Anda masih membicarakan solusi dan kesepakatan dalam keadaan emosional. Lawan bicara Anda bisa-bisa malah bakal menilai Anda kurang professional.

Apapun yang terjadi dengan mental pikiran Anda, jadilah orang yang mampu menyembunyikan emosi dan stress di hadapan lawan bicara Anda. Emosi dan stress yang Anda perlihatkan justru malah membuat orang lain berpikir dua kali untuk mencapai kesepakatan dengan Anda.

Tetaplah jadi pribadi yang energik, antusias, dan impresif di hadapan lawan bicara Anda untuk berhasil memeangkan negosiasi.

4) TAHAN TERHADAP PENOLAKAN & MAMPU MENGHASILKAN KESEPAKATAN

Seringkali ketika melakukan negosiasi, Anda justru ditolak oleh lawan bicara Anda. Jangan takut atau berkecil hati. Ini sudah hal yang biasa terjadi saat proses negoasiasi.

Penolakan hanyalah latihan untuk menempa mental Anda menjadi lebih baik. Yang terpenting, Anda terus berlatih bernegosiasi hingga mampu menghasilkan kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak.

PROMO AMELIA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here