Di zaman yang serba digital seperti sekarang ini. Banyak masyarakat yang terbiasa melakukan jual-beli melalui via internet. Dan, banyak penjual online yang melakukan tindak penipuan. Dampak buruknya adalah mereka menjadi tidak percaya jika ingin melakukan transaksi online dan berakibat juga dampaknya kepada bisnis online yang mungkin sedang Anda jalani. Bukan begitu?
Karena sistem yang digunakan untuk transaksi online adalah konsumen membayar terlebih dahulu kepada penjual, kemudian penjual mengirimkan pesanan ke alamat konsumen. Itu juga yang Anda lakukan kan? Dibalik semua itu juga konsumen hanya melihat produk yang Anda jual melalui gambar, bukan secara langsung melihat fisik produk yang Anda jual. Disitu harus ada kepercayaan yang tertanam ke konsumen dan Anda harus melakukan hal itu supaya mereka bisa percaya dan melakukan transaksi di toko Anda.
Jika hanya mengandalkan informasi yang Anda berikan, bisa saja mereka tidak langsung percaya. Akhirnya yang terjadi adalah mereka berfikir 2 kali untuk membeli produk di toko Anda, jadi membuat kepercayaan konsumen adalah hal yang sangat penting untuk kelangsungan bisnis online Anda.
Anda pasti sudah mengetahui tentang beberapa Marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Lazada, Zalora dan lain-lain. Marketplace tersebut memberikan layanan terbaik untuk konsumen yang pada akhirnya konsumen menjadi percaya untuk transaksi melalui mereka, nah Anda juga harus memberikan pelayanan terbaik untuk calon konsumen yang akan membeli produk Anda. Beberapa hal yang bisa Anda tiru dari pelayanan Marketplace diatas.

 

1. Tampilan Website Terlihat Professional

Website itu adalah pintu awal dimana para calon konsumen akan mengenal produk Anda lebih jelas, jadi disini Anda sebisa mungkin membuat tampilan website Anda terlihat seperti professional. Baik dari template yang digunakan, mudahnya mengakses dan ringan dan katalog produk yang tertata rapi.
Jangan sekali-sekali Anda membuat website Anda dengan tampilan seadanya dan gratisan, karena biasanya template yang gratis itu tidak begitu menarik. Kecuali jika Anda memiliki basic seorang design graphic, Anda bisa membuat tampilan template sesuai dengan keinginan Anda dan yang pasti terlihat professional dan menarik konsumen untuk membeli.
Jika Anda menggunakan template gratis, yang biasanya terjadi adalah konsumen berfikir Anda tidak memiliki niat penuh untuk berbisnis. Karena yang akan dilihat konsumen pertama kali adalah template website Anda, jadi gunakan template berbayar atau Anda bisa mencari jasa untuk pembuatan website. Baik dari design ataupun tata letak sudah mereka buat sedemikian rupa sehingga membuat website terlihat professional.

 

2. Mudah Dihubungi

Saat Anda menjual produk Anda secara online, biasanya semua konsumen yang datang ke toko Anda akan melakukan pencarian produk yang mereka butuhkan. Jika sudah mendapatkan produk yang mereka mau, secara otomatis mereka akan mencari kontak di toko online Anda untuk mereka hubungi. Jangan sampai saat Anda sudah menaruh kontak Anda di toko online yang Anda miliki, Anda menanggapinya secara slow respon.
Usahakan sebisa mungkin Anda memberikan kontak yang mudah dihubungi bahkan merespon dengan cepat jika ada pertanyaan atau dihubungi oleh calon konsumen Anda, jangan sampai ketika Anda melambat respon. Calon konsumen Anda akan berfikir bahwa Anda tidak memiliki niat untuk berjualan, pada akhirnya mereka tidak jadi membeli produk di toko online Anda.
Sudah banyak media yang bisa digunakan sebagai kontak yang bisa dihubungi oleh calon konsumen Anda, baik dari Whatsapp, Line, email dan lain-lain. Buat calon konsumen Anda mudah untuk menghubungi Anda, dan jadilah customer service yang baik jika calon konsumen sedang menghubungi Anda terkait pertanyaan maupun komplain.

 

3. Beri Garansi Produk

Seperti yang saya bilang di awal, calon konsumen hanya melihat produk Anda melalui gambar, yang mereka sendiri sebenarnya tidak dapat melihat produk Anda secara langsung dengan detail. Untuk itu cobalah memberikan sebuah garansi dari produk yang Anda jual, misalnya seperti memberikan garansi tukar produk atau garansi uang kembali jika produk yang mereka terima dalam keadaan rusak atau cacat.
Bahkan, ada beberapa toko online yang sangat mengistimewakan konsumennya dengan cara memberikan garansi tukar ukuran atau mengembalikan produk yang setelah mereka beli, mereka tidak suka dengan model produk tersebut.
Garansi produk sangat berpengaruh dengan kepercayaan yang didapat oleh calon konsumen Anda, karena dengan cara memberikan garansi. Para calon konsumen Anda akan merasa aman untuk bertransaksi di toko Anda.

 

4. Informasi Produk yang Lengkap

Jika Anda menjual produk Anda di toko online Anda, usahakan untuk memberikan informasi yang lengkap terhadap produk yang Anda jual. Baik itu dari spesifikasi, detail produk bahkan informasi lain yang seharusnya memang mereka dapatkan saat ingin membeli produk di toko Anda. Jangan sampai kurangnya informasi yang diberikan dan mereka dapatkan itu kurang jelas, sehingga membuat mereka menjadi ragu untuk melakukan transaksi di toko Anda.
Spesifikasi lengkap suatu produk akan menimbulkan bayangan di kepala mereka tentang produk yang Anda jual, para calon konsumen akan membayangkan produk yang ingin mereka beli dengan membaca informasi yang Anda berikan di deskripsi produk tersebut. Semakin mereka bisa membayangkan produk tersebut yang membuat seolah – olah mereka sudah memegang produk tersebut, itu akan membuat kepercayaan mereka terhadap produk dan toko online Anda semakin besar.
Buat calon konsumen Anda membayangkan produk yang mereka beli, supaya terjadi transaksi di toko Anda.

 

5. Testimoni Konsumen

Anda sudah tau apa itu testimoni? Ya, testimoni adalah bukti kepuasan konsumen. Terhadap produk yang mereka beli di toko online Anda. Anda harus menunjukkan testimoni yang diberikan konsumen di toko online Anda, supaya calon konsumen lain percaya bahwa produk yang Anda jual memiliki kualitas yang baik. Testimoni bisa berupa teks, foto, atau pemberian rating pada setiap produk berdasarkan kepuasan yang mereka dapatkan setelah membeli produk di toko online Anda.
Untuk mendapatkan testimoni tersebut, Anda bisa langsung memintanya kepada konsumen yang sudah membeli atau melakukan transaksi di toko online Anda. Kebanyakan konsumen tidak akan keberatan untuk memberikan testimoni terbaik mereka untuk sebuah toko online, jika memang mereka merasa puas dengan produk atau pelayanan yang diberikan oleh toko online tersebut. Walaupun masih ada beberapa konsumen yang enggan atau malas memberikan testimoni, karena mungkin menurut mereka itu bukan sebuah hal yang penting yang harus mereka berikan kepada toko online tempat mereka membeli produk.
Biasanya sebuah kepercayaan muncul karena adanya bukti yang sudah mereka dapatkan dari sebuah toko online yang menjual produk, tapi diluar itu, ada hal yang juga bisa Anda berikan sebelum mereka membeli produk Anda, jadi mulai sekarang berikan pelayanan yang terbaik kepada calon konsumen Anda. Berikan informasi secara detail, informasikan kualitas produk Anda, informasikan juga apa benefit atau keuntungan yang akan mereka dapatkan jika membeli produk di toko online Anda dibanding toko online lain. Berikan pembanding yang baik untuk toko Anda dengan toko pesaing Anda. Jangan sampai calon konsumen banyak yang gagal transaksi dikarenakan informasi ataupun pelayanan yang Anda berikan jauh dibawah pelayanan yang diberikan oleh pesaing Anda.

 

So, selamat mencoba! 🙂
- WEBINAR GRATIS : ALONA PRESENTS
Jualan di Instagram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here