Walaupun bisnis online bisa ditempuh dan dikerjakan dengan cara gratisan, Anda tetap harus menjaga etika dalam berjualan. Memang dalam berbisnis online kita tidak bertemu dan berinteraksi dengan pelanggan secara langsung. Tapi tetap saja ada norma-norma dan etika yang perlu dijaga. Semata demi menjaga kenyamanan customer Anda dan menjaga nama baik toko online Anda.

Untuk itu jangan sampai Anda melakukan 5 pelanggaran ini saat berbisnis online :

1) BERJUALAN VIA KOMENTAR INSTAGRAM

Anda pernah posting foto di Instagram lalu tiba-tiba ada online shop yang berkomentar “Jual pelangsing”, “Jual tongsis”, “Jual peninggi badan”, dan sebagainya? Bagaimana perasaan Anda saat dikomentari seperti itu? Risih bukan?

Atau, apakah Anda pernah beriklan di Facebook atau Instagram Ads lalu tiba-tiba iklan Anda dikomentari online shop lain berisi komentar dagangan mereka? Bagaimana rasanya? Kesal bukan?

Karena itu jangan sekali-sekali berjualan di komentar orang lain. Bukannya bikin online shop Anda laris, malah bisa-bisa orang kesal dengan online shop Anda. Kalau sudah kesal, bagaimana bisa order?

2) POSTING KOMENTAR JUALAN DI GROUP/FORUM

Ini juga sering dilakukan oleh beberapa orang. Sengaja masuk atau minta diinvite ke dalam grup-grup. Tapi di dalam bukannya berkenalan dan bersosialisasi dengan baik, malah posting komentar jualan secara sembarangan. Sangat tidak elegan.

Jika Anda masuk ke sebuah grup, harusnya Anda siap mematuhi setiap peraturan grup dan menjaga etika dalam berkomunikasi. Sering posting jualan di grup malah bikin reputasi Anda buruk dan terkesan spam.

3) MEMBUAT POST/THREAD YANG SAMA BERULANG KALI

Kita boleh me-repost thread yang sudah pernah kita post sebelumnya jika kita tidak ada bahan lain untuk dipost. Tapi jangan terlalu banyak yah. Sebelum me-repost thread yang sudah pernah Anda posting, hapus dulu thread lamanya.

Hindari repost berulang-ulang. Nanti follower toko online Anda bakal bosan dan menganggap toko online Anda hanyalah spam belaka.

4) SPAM CONTENT

Anda posting banyak foto atau thread sekaligus sehingga memenuhi beranda follower juga tidak baik. Ini namanya spam content.

Ini sering sekali terjadi kepada toko online di Instagram yang mengikuti SFS atau Shou Out for Shout Out. Sebisa mungkin hindari SFS yang bersifat spam. Kasihan follower Anda jadi terganggu dan tidak bisa bebas menikmati social media mereka karena beranda penuh dengan postingan Anda.

5) HASTAG TIDAK SESUAI DENGAN PRODUK

Ini juga harus Anda hindari. Biasanya di Instagram kita diizinkan untuk upload hingga 30 hastag dalam satu foto. Hastag selain berfungsi untuk menemukan foto Anda di explorer Instagram, juga berfungi untuk menambah likes dan follower.

Tapi selalu pilih hastag yang populer dan masih relevan dengan bisnis Anda ya. Jangan sertakan hastag yang tidak relevan. Toko online yang suka mencantumkan hastag yang tidak sesuai akan terlihat seperti online shop spam dan kredibilitasnya jadi susah dipercaya.

Lagipula buat apa Anda sertakan hastag yang tidak relevan dengan produk Anda? Kalaupun ada pertambahan follower, belum tentu mereka berminat untuk beli.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here