Menjadi seorang entrepreneur itu memang membanggakan, terlebih lagi jika bisa sukses di usia muda. Tapi untuk menuju kea rah demikian, tentunya banyak proses yang harus dilalui. Banyak kesalahan-kesalahan yang tak sengaja dilakukan dan harus dievaluasi untuk menjadi sukses.

Tapi sebenarnya ada 5 kesalahan yang umum dilakukan oleh entrepreneur muda. Yakni

1) TERLALU FOKUS PADA OMSET
Kebanyakan pengusaha terlalu fokus pada omset sampai lupa bahwa sebenarnya ada yang lebih penting untuk diperhatikan. Yaitu PROFIT. Omset tinggi tapi rugi juga tidak baik. Lebih baik omset tidak terlalu tinggi, tapi keuntungan per bulan bisa tinggi. Karena yang kita nikmati dari suatu bisnis bukanlah omsetnya, tapi profitnya.

2) TIDAK TAHU CARA MENGUBAH CUSTOMER MENJADI PELANGGAN LOYAL
Memiliki banyak customer itu bagus. Tapi suatu saat Anda harus bisa mengubah mereka menjadi customer yang loyal dan menjadi pelanggan tetap. Agar apa? Agart terjadi repeat order dan mereka tidak segan-segan menawarkan produk Anda kepada teman-teman mereka yang lain.  Jika customer Anda hanya order sekali saja dan tidak pernah kembali, berarti ada yang salah dalam bisnis Anda.

3) TERPAKU PADA KARYAWAN BERPENDIDIKAN TINGGI
Mencari karyawan yang cakap tidak harus berasal dari seseorang yang berpendidikan tinggi. Seringkali karyawan berpendidikan sebatas SMA/SMK juga memiliki skill yang cukup dan loyal terhadap pekerjaan.

Jangan terlalu berpegang teguh pada karyawan berpendidikan tinggi, karena karyawan berpendidikan tinggi akan menuntut gaji yang tinggi pula dan belum tentu mudah diatur dalam suatu tim. Malah yang sering terjadi, karyawan berpendidikan tinggi malah merasa paling pintar sendiri sehingga seringkali berbeda pendapat dengan owner bisnis sehingga sulit untuk diatur.

4) TAKUT GAGAL
Kegagalan adalah satu paket dalam kesuksesan. Kita tidak bisa mendapatkan hanya kesuksesannya saja. Seringkali kita harus jatuh bangun dulu, rugi dulu, gagal dulu, baru bisa belajar dan sukses.

Tapi banyak entrepreneur muda yang takut sekali dengan kegagalan. Alhasil, bukannya memulai bertindak. Mereka malah semakin menunda-nunda dengan alas an mengumpulkan keberanian atau menunggu kesempatan bagus. Alhasil, ya sukses tidak akan kunjung datang. Wong bisnisnya saja tidak segera dijalankan.

5) MALAS BELAJAR
Enterpreneur muda identik dengan jiwa muda yang masih menggebu-gebu, suka main, suka jalan-jalan, dan malas untuk belajar hal-hal baru. Ini juga jadi kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh entrepreneur muda. Merasa nyaman dengan usianya yang masih muda, akhirnya jadi malas untuk belajar ini itu, malas mengikuti kursus online marketing, malas ikut business coaching, malas ikut seminar, dan malas membaca buku.

Hayo, siapa di sini yang masih sering berpikiran “Ah, entar saja deh baca bukunya. Nanti saja deh ikut seminarnya. Besok-besok ajalah ikut coaching. Kan saya masih muda, jadi masih banyak waktu” ?

Nah, kebiasaan malas dan terlalu nyaman di usia muda ini yang harus segera dihapus. Paksalah diri Anda untuk membaca paling tidak seminggu satu buku bisnis atau pengembangan diri. Sisihkan waktu sebulan sekali atau dua kali untuk mengikuti seminar bisnis atau coaching.

Mumpung masih muda, justru ini adalah waktu yang tepat bagi kita untuk berproses. Waktu yang tepat untuk belajar banyaka hal, mencoba bisnis, jatuh dan bangkit kembali. Sehingga di usia dewasa nanti, kita sudah tidak perlu capek lagi dengan prosesnya, tinggal menikmati hasil.

Nah, itu adalah 5 kesalahan yang sering dilakukan pengusaha muda. Semoga bisa menjadi manfaat untuk Anda.

PROMO AMELIA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here