Jika berbicara tentang bisnis hal pertama yang muncul adalah menjual produk maupun jasa kepada orang lain. Berjualan ini menjadi salah satu usaha sampingan yang dapat bunda jalankan untuk menambah penghasilan dan mengisi waktu. Lalu apa saja bisnis ibu rumah tangga yang bisa dipilih tanpa mengganggu tugas rumah dan menguntungkan?

Menjadi Dropshipper atau Reseller

Berbicara masalah jualan secara online tentu istilah dropship dan reseller tidaklah asing lagi. Dropshipper hanya perlu mencari supplier yang memberikan layanan dropship dan bunda hanya perlu memasarkan produknya. Jika ada pesanan maka bunda hanya perlu memberitahu supplier, dan supplier akan memproses pesanan tersebut.

Sedangkan sebagai reseller bunda akan membeli barang dari supplier kemudian menjualnya lagi dengan keuntungan tertentu. Bunda harus memiliki stok barang atau menggunakan sistem pre order dalam menjadi reseller. Menjadi dropshipper atau reseller termasuk peluang bisnis ibu rumah tangga modal kecil atau bahkan tanpa modal.

Menjual Produk Kecantikan

Bunda dapat menjual produk kecantikan seperti kosmetik, skincare, parfum dan lain-lain yang menjadi kebutuhan penting sebagian besar orang. Sekarang ini pengguna produk kecantikan seperti skincare semakin banyak tanpa mengenal umur dan jenis kelamin. Hal tersebut tentu menjadi peluang besar jika bunda menjual produk kecantikan.

Menjual Produk Kuliner

Usaha sampingan ibu rumah tangga lainnya yang dapat bunda dipilih adalah dengan menjual produk kuliner. Bunda dapat menjual makanan atau minuman siap santap, dalam bentuk setengah matang atau frozen, atau bahan mentahnya. Selain itu, bunda dapat menjual camilan dengan cara membeli dalam porsi kiloan dan membungkusnya dengan label sendiri.

Membuka Toko Kelontong

Jika rumah bunda di tepi jalan besar atau di lingkungan rumah belum banyak toko,  membuka toko kelontong dapat bunda lakukan. Tidak perlu membuka toko besar sekaligus, bunda bisa memanfaatkan teras di depan rumah. Awali dengan menjual kebutuhan pokok yang kemudian dapat bunda lengkapi dengan barang lain seiring dengan berjalannya waktu.

Bisnis Ibu Rumah Tangga dengan Menjadi Perias

Tidak selalu berupa barang, bunda dapat menjalankan bisnis dengan menawarkan jasa, seperti menjadi perias. Untuk acara penting seperti pernikahan atau acara di hari Kartini, riasan wajah akan memerlukan sentuhan tangan terampil. Bunda yang memiliki keahlian merias akan mendapatkan banyak peluang dengan menjadi perias secara mandiri atau bergabung dengan event organizer.

Menyediakan Jasa Laundry

Bunda dapat menjalankan bisnis ini terutama jika di lingkungan tempat tinggal banyak wanita karir yang memiliki waktu luang sedikit. Bunda hanya memerlukan mesin cuci dan tempat kecil untuk menerima dan menyerahkan pakaian. Pastikan pula lokasi strategis seperti lingkungan kampus dan perkantoran sehingga bisnis ibu rumah tangga yang sukses.

Baca juga: https://www.alona.co.id/bisnis/ibu-rumah-tangga-juga-bisa-berbisnis

Itulah tadi beberapa ide bisnis yang cocok dijalankan oleh ibu rumah tangga. Setiap bisnis tentu memerlukan persiapan yang matang dan pelaksanaan yang tepat sehingga semakin berkembang dan sukses. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here