6 Kebiasan Buruk Ini Bisa Membuat Anda Jadi Tidak Produktif Saat Bisnis – Adakah di sini yang ketika ditanya teman “Eh kamu besok  sibuk nggak?  Temenin aku hang out yuk.” Dan kalian menjawab “Wah, aku sih nyantai. Orang punya bisnis sendiri, nggak terikat waktu. Jadi kapan saja bisa luang.” Lalu besoknya kalian melewatkan waktu seharian untuk jalan dan bisnisnya tidak tersentuh?

Padahal, kebiasaan menggampangkan waktu seperti di atas berakibat fatal loh. Dalam sehari, kalian bisa mengerjakan banyak hal untuk bisnis kalian. Bukannya jadi produktif, malah boros waktu dan uang.

Tapi selain kebiasaan “NGGAMPANGIN WAKTU”, ternyata ada kebiasaan sepele lainnya yang bisa bikin kamu tidak produktif. Padahal sebagai entrepreneur, kita harus bisa bekerja efisien dan produktif loh.

Makanya hindari 6 Kebiasan Buruk Ini agar waktu Anda bisa lebih bermanfaat untuk bisnis:

  • TERGESA-GESA DI PAGI HARI

Tergesa-gesa di pagi hari dapat menyebabkan kita sulit fokus untuk kerja. Itulah kenapa pentingnya kita tidur di malam hari dengan waktu yang cukup dan bangun lebih awal untuk menyegarkan pikiran.

  • MELEWATKAN SARAPAN

Kondisi perut kosong justru menurunkan kadar konsentrasi saat bekerja. Lebih baik sarapan secukupnya sebelum bekerja daripada harus menahan lapar saat bekerja. Tidak sarapan juga membuat tubuh kekurangan energy, karena asupan energi paling baik adalah saat sarapan pagi.

  • MENGECEK SOCIAL MEDIA

Bermain social media memang menyenangkan. Tapi zaman sekarang banyak orang yang mudah baperan, marah-marah, atau menebar hoax di sosmed. Sebaiknya hindari mengecek sosmed saat bekerja, karena postingan-postingan negatif dapat menurunkan mood saat bekerja. Selain itu, notifikasi sosmed juga membuat kita ketagihan untuk berlama-lama menggunakan sosmed.

Jika kalian menggunakan sosmed untuk bisnis, pisahkan akun pribadi dengan akun bisnis. Pastikan Anda hanya “add” orang-orang inspiratif yang dapat membantu meningkatkan mood kerja dan memberi inspirasi, bukan berteman dengan orang-orang yang hobby menebar berita hoax, ngeluh, dan marah-marah di sosmed.

  • MEMBAWA HP SAAT BEKERJA

Suara pesan Whatsapp, telepon masuk, sampai chat grup adalah sumber pengganggu paling utama saat bekerja. Sekali kita meluangkan waktu untuk menanggapi telepon dan chat yang masuk, mood untuk bekerja bisa jadi rusak. Belum lagi chat di grup ternyata bisa bikin manusia ketagihan untuk ngobrol ketimbang kerja.

  • MULTITASKING

Tidak ada manusia yang sukses karena bisa melakukan banyak hal. Manusia sukses karena fokus dalam satu bidang. Begitu juga dengan pengusaha. Multitasking atau bisa mengerjakan banyak hal sekaligus hanya akan memecah konsentrasi dan membuat pekerjaan tidak kunjung selesai. Akibatnya hasil kerja jadi tidak maksimal lagi.

  • MENYETUJUI SEMUA AGENDA PERTEMUAN

Saat Anda memutuskan menjadi pengusaha, di saat itu pulalah Anda harus tegas akan keluar dengan siapa dan untuk apa setelahnya. Anda tidak bisa lagi sembarangan menerima ajakan ketemuan atau keluar bareng orang lain. Anda harus pintar-pintar memilih dengan siapa Anda keluar. Dan Anda juga harus memastikan bahwa agenda Anda bermanfaat bagi diri Anda.

Contoh : Jika sebelumnya setelah pulang kerja Anda masih suka bilang “Iya” ketika diajak nongkrong di kafe, sudah saatnya Anda tegas mengurangi agenda nongkrong dan menggantinya dengan agenda workshop, seminar, atau kopdar (kopi darat) dengan teman-teman komunitas yang dapat menunjang dan membangun diri Anda.

Tidak semua agenda luar bisa Anda penuhi. Pilih yang bermanfaat bagi diri Anda dan tidak mengganggu waktu kerja Anda. Demikianlah 6 kebiasan buruk yang mesti Anda hindari jika And ingin lebih produktif dan waktu bisa lebih bermanfaat untuk bisnis Anda.

- WEBINAR GRATIS : ALONA PRESENTS
Jualan di Instagram

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here