Tidak hanya mengurus rumah dan keluarga saja, bunda sebagai ibu rumah tangga dapat memulai sebuah usaha di rumah. Bunda dapat mengerjakan tugas rumah, menjaga anak, sekaligus mendapatkan tambahan uang. Bunda dapat menggunakan berbagai tips berikut ini untuk memulai usaha ibu rumah tangga sukses di rumah.

Membuat Rencana yang Baik

Bunda bisa mengawali usaha dengan membuat rencana yang sederhana dan jangan lupa diskusikan dengan keluarga. Rencana yang bunda susun dapat berupa ide usaha, target pasar, kompetitor yang ada, hingga cara apabila nanti muncul masalah. Rencana ini termasuk jika bunda memerlukan modal yang cukup banyak sehingga harus melakukan pinjaman.

Mempersiapkan Modal

Dengan rencana yang bunda buat, kemudian tulis rincian apa saja yang diperlukan untuk menentukan besarnya modal. Menghitung modal awal dengan rinci dapat membantu mencegah pembengkakan modal karena salah perhitungan. Sebagai langkah awal, bunda dapat memilih bidang usaha ibu rumah tangga modal kecil terlebih dahulu. 

Memilih Bisnis atau Produk

Untuk menentukan bisnis apa yang akan bunda jalankan, bunda dapat mempertimbangkan berdasarkan hobi. Selain itu, bunda dapat melihat target pasar untuk menentukannya sehingga akan menarik lebih banyak pelanggan. Agar lebih menarik, bunda dapat mengutamakan keunikan dari produk yang ditawarkan, misalnya saja menggunakan kemasan unik dan fungsional.

Usaha Ibu Rumah Tangga Sukses dengan Promosi

Usaha yang bunda jalankan akan menjadi sukses dengan melakukan promosi secara tepat. Tentu saja bunda bisa menawarkan produk kepada tetangga, tetapi akan lebih baik jika dapat menjangkau pasar lebih luas. Bunda dapat memanfaatkan kekuatan sosial media agar memiliki lebih banyak pelanggan dari luar lingkungan tempat tinggal.

Menentukan Jam Operasional

Tidak seperti orang lain yang lajang, bunda tentu memiliki tanggung jawab mengelola rumah apalagi jika sudah memiliki anak. Jangan sampai usaha sampingan ibu rumah tangga membuat pekerjaan rumah terlantar dan anak tidak terurus. Sebagai contoh, bunda dapat memulai jam operasional setelah tugas rumah di pagi hari selesai.

Disiplin Waktu

Menetapkan jam operasional dan disiplin dalam melaksanakannya menjadi hal penting dalam usaha meskipun sulit untuk awal usaha. Dengan menjalankan usaha sesuai yang sudah bunda tentukan, bunda akan terbiasa dengan jadwal tersebut. Adanya jam operasional juga akan membuat pelanggan lebih mudah menjadi pelanggan bunda.

Kelola keuangan

Bunda harus bisa mengelola keuangan dengan bijak dengan mencatatnya secara manual atau menggunakan aplikasi pembukuan. Dengan demikian bunda akan mengetahui berapa keuntungan dan berapa yang dapat bunda gunakan. Meskipun menjalankan usaha ibu rumah tangga di rumah, bunda sebaiknya tidak menggunakan semua hasilnya untuk keperluan sehari-hari.

Selain tips di atas, bunda juga harus meminta izin dan saran dari keluarga. Bunda akan mendapatkan lebih banyak pertimbangan untuk memulai usaha, tetapi jangan sampai membingungkan. Meskipun tidak mudah untuk disiplin di awal, dengan ketekunan bunda akan sukses menjalankan usaha.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here