Sebagai seorang entrepreneur tentu kita bakal berkutat dengan macam-macam pelanggan. Tidak mungkin kita bertemu pelanggan dengan tipe yang sama terus-terusan. Pasti beragam.

Nah keragaman sifat dan karakter ini bisa kita pelajari untuk diolah sebagai pertimbangan saat mengambil keputusan untuk bisnis Anda ke depannya. Tapi pada dasarnya, ada hal yang perlu kita pelajari dari 8 karakteristik pelanggan berikut ini :

1. PELANGGAN MENGELUH

Penyebab pelanggan mengeluh bisa macam-macam. Mulai dari CS yang slow respond, website yang down, kesulitan menyelesaikan order, dsb. Bersyukurlah saat mereka menyampaikan keluhannya. Yang justru berbahaya adalah ketika mereka mengeluh di belakang dan menyebarkan keluhan mereka kepada orang lain.

Karenanya, usahakan selalu fast respond dan mudah dihubungi pelanggan, baik via chat, telepon, SMS, atu email.

2. PELANGGAN MENJELASKAN

Pelanggan tipe ini berarti ia peduli dengan bisnis Anda. Bisa jadi ia sangat tertarik dengan bisnis Anda, sehingga ia menjelaskan banyak ide dan saran untuk Anda. Anda wajib mendengarkan penjelasan mereka dengan antusias agar mereka semakin menyukai bisnis Anda dan loyal.

3. PELANGGAN BERKEMBANG

Maksudnya perilaku dan minat pelanggan selalu berubah dari waktu ke waktu. Tugas Anda adalah merekam perilaku dan minat mereka supaya Anda bisa menentukan, jenis produk dan layanan apa yang sesuai dengan minat pelanggan Anda yang selalu berkembang dari waktu ke waktu.

4. PELANGGAN PERGI

Ketika pelanggan meninggalkan Anda, mereka selalu punya alas an. Tugas Anda adalah mengetahui alas an tersebut sebagai bahan evaluasi untuk bisnis Anda. Bisa jadi bagi Anda pelayanan Anda sudah baik, tapi bagi pelanggan belum memuaskan.

5. PELANGGAN BICARA

Pelanggan yang membicarakan Anda, baik lewat social media atau ke orang lain (tentunya dalam hal ini adalah pembicaraan positif akan bisnis Anda), wajib untuk Anda apresiasi. Contoh, Anda menjual baju dan dibeli oleh salah satu pelanggan.

Pelanggan tersebut lalu mengunggah fotonya saat sedang memakainya disertai testimonial. Tugas Anda adalah memberikan apresiasi dan tanggapan menyenangkan untuk pelanggan.

Ucapkan terima kasih, jika perlu follow akun sosmed nya dan LIKE beberapa aktifitasnya di sosmed agar ia merasa Anda respek terhadapnya.

6. PELANGGAN MENINGGALKAN JEJAK

Pelanggan Anda sering melihat-lihat toko/online shop Anda tapi belum membeli? Itu artinya ia telah meninggalkan jejak di toko Anda. Tugas kita adalah menangkap jejak tersebut dan memberikan follow up agar ia mau membeli. Contohnya anda bisa gunakan fitur broadcast pada BBM dan Line, atau fitur retargeting pada Facebook Ads untuk “merayu” calon customer agar membeli dan jadi pelanggan.

7. PELANGGAN PINTAR

Pelanggan pintar biasanya memberikan masukan yang Anda sendiri belum menyadari bahwa masukan tersebut sangat berguna bagi bisnis Anda. Contohnya saat Anda berjualan mukena, tiba-tiba ada seorang pelanggan yang mengatakan bahwa mukena di Malaysia sangat laris dan masih minim persaingan di sana.

Anda yang saat itu belum terpikir untuk menjual produk Anda ke Malaysia wajib hukumnya memberikan apresiasi positif terhadap customer ini. Jika perlu, pertimbangkan sarannya untuk Anda aplikasikan.

8. PELANGGAN ADA DI BISNIS ANDA UNTUK DIA SENDIRI

Mereka ada bukan untuk Anda, mereka berada di sini untuk diri mereka sendiri. Dalam hubungan transaksional, sangat penting untuk memahami motivasi pelanggan Anda, dan ini bisa dimulai dengan pengakuan bahwa mereka hanya akan bertahan selama mereka merasakan manfaat dari transaksi ini bagi mereka. Maka, Anda harus terus bekerja untuk menunjukkan nilai Anda kepada mereka.

Baca juga : Trik Melayani Customer Supaya Mereka Kebelet Transfer

- WEBINAR GRATIS : ALONA PRESENTS
Jualan di Instagram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here