Bisnis Anda masih baru alias start up? Jangan pelit promo. Justru karena bisnis Anda masih baru, maka Anda harus sering-sering membuat promo supaya konsumen lebih tertarik kepada produk Anda dibanding merk lain.

Membuat promo yang menarik diperlukan kreatifitas tinggi. Membuat promo tidak hanya berkutat di pemberian diskon, diskon, dan diskon. Jenis-jenis promo kreatif berikut ini bisa Anda praktekkan untuk start up business Anda dan dijamin mampu mendongkrak brand awareness dan penjualan produk Anda :

  1. DISKON UNTUK HARI-HARI ATAU JAM TERTENTU

Sebaiknya berikan diskon saat hari atau jam di mana traffic penjualan sedang tinggi-tingginya. Jika Anda berjualan online, Anda bisa menerapkan diskon untuk jam-jam yang ramai orang aktif di dunia maya, seperti ka 18.00-22.00. Atau Anda juga bisa menerapkan diskon di hari Sabtu/Minggu.

Mengapa harus di jam traffic yang tinggi? Karena bisnis Anda masih baru, dan Anda harus menarik perhatian banyak orang sekaligus. Karena itu buatlah promo di saat-saat ramai. Percuma jika Anda membuat promo di jam-jam sepi, orang belum mengenal dan mengingat brand Anda.

2. MEMBERI HARGA MAHAL UNTUK BEBERAPA PRODUK

Jika bisnis Anda memiliki beberapa jenis produk, Anda bisa membuat beberapa produk dengan harga yang lebih mahal dibandingkan produk-produk lain. Dengan memberikan beberapa produk dengan harga lebih mahal, konsumen akan berpikir bahwa produk Anda yang lain harganya lebih murah/terjangkau. Sehingga akan timbul niat membeli di otak konsumen Anda.

Tips lain : berikan harga promo untuk produk terlaris (best seller). Tingkatkan dan optimalkan penjualan pada produk best seller. Jangan pernah sekali-sekali membuat mahal harga best seller product.

3. MEMBUAT “PENAWARAN TERBATAS”

Membuat penawaran terbatas (seperti diskon 50% hanya untuk 100 pembeli pertama) dapat memicu konsumen untuk segera membeli produk Anda. Jika bisnis Anda masih awal, sering-seringlah membuat promo penawaran terbatas.

4. DISKON UNTUK PRODUK TERTENTU

Memberikan diskon untuk produk tertentu juga bisa menjadi metode promosi yang bisa Anda gunakan untuk melariskan bisnis Anda saat baru buka. Diskon bisa Anda berikan kepada produk yang variannya baru keluar. Konsumen sangat menyukai produk yang baru dan ada promonya. Maka jangan pelit memberikan promo kepada katalog/varian produk baru.

5. DOUBLE DISKON

Double diskon adalah cara tercepat untuk menarik perhatian konsumen supaya mau segera membeli produk Anda. Lebih baik gunakan promo Diskon 30%+20% daripada hanya mencantumkan Diskon 50%. Pada kenyataannya, diskon 30%+20% lebih sedikit daripada diskon 50%. Tetapi psikologi pembeli lebih menyukai diskon double daripada diskon single (karena terlihat lebih banyak).

6. MEMAINKAN PSIKOLOGI HARGA KONSUMEN

Jangan mencantumkan harga Rp 100.000, tapi tulislah harga Rp 99.999. Jumlahnya hanya selisih Rp 1, tapi konsumen lebih suka membeli produk seharga Rp 99.999 daripada Rp 100.000.

Mengapa demikian? Psikologi konsumen akan lebih tertarik memperhatikan angka ganjil yang lebih kecil daripada angka pembulatan meskipun sebenarnya hanya berselisih sedikit saja. Bagi mereka, Rp 99.999 akan terasa murah dan Rp 100.000 akan terasa mahal. Melihat angka yang lebih murah, dapat memacu adrenalin mereka untuk segera membeli.

7. MEMBUAT GIVEAWAY

Giveaway adalah hadiah yang diberikan kepada prospek customer sebagai promo. Anggarkan setiap bulan untuk menyiapkan produk gratisan sebagai hadiah. Tapi jangan asal memberi hadiah saja. Pastikan lewat hadiah tersebut Anda bisa sekaligus memperbesar kolam database konsumen Anda.

Misalnya : “Gratis 20 boneka hanya untuk 20 pemenang yang beruntung. Cara mendapatkannya mudah. Cukup chat ke Whatsapp ‘Mau’ nanti akan masuk ke dalam undian.”

Jika Anda membuat promo seperti di atas, Anda bisa sekaligus menjaring banyak kontak Whatsapp yang sewaktu-waktu bisa Anda follow up.

8. PROMO BELI “XX” GRATIS “Y”

Promo seperti ini juga bisa menarik banyak pembeli ke bisnis Anda. Mereka pasti akan berpikir bahwa membeli produk di toko Anda lebih hemat, karena beli 2 produk bisa mendapatkan gratis produk lain yang saling melengkapi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here