Saat memulai bisnis, tak jarang kita sengaja atau tidak sengaja melakukan kesalahan yang dapat merugikan bisnis kita. Nah, agar tidak ikut-ikutan terperosok dalam kesalahan yang sama, jangan sampai Anda melakukan kesalahan yang umum dilakukan oleh newbie berikut ini :

  1. TERLALU LAMBAN MENGEKSEKUSI KEPUTUSAN BISNIS

    Ini biasanya karena kita terlalu banyak menimbang-nimbang keputusan. Atau bisa jadi juga karena kita terlalu banyak menunda-nunda. Terlalu lama berpikir itu tidak baik. Sering menunda juga tidak baik. Semakin lama Anda menunda sesuatu, semakin galau Anda, dan semakin rugi bisnis Anda jadinya.

  2. BURU-BURU MEREKRUT KARYAWAN

    Karyawan itu termasuk fix cost (biaya tetap) yang harus kita keluarkan setiap bulan dalam bentuk gaji. Jika Anda terburu-buru merekrut karyawan padahal omset dan profit masih belum stabil, sudah bisa dipastikan cash flow Anda akan habis untuk membiayai hal-hal yang sebetulnya belum perlu.

    Jangan terburu-buru merekrut karyawan jika masih bisa dikerjakan sendiri dan labanya masih belum mencukupi untuk menggaji karyawan. Lebih baik kerja keras sendiri dulu. Jika bisnis semakin berkembang, profit semakin besar, dan Anda kewalahan dengan pekerjaan Anda, barulah rekrut pegawai.

  3. EMOSI SAAT BEKERJA

    Emosi dapat mengganggu kinerja Anda. Sebaiknya Anda bekerja dalam kondisi pikiran tenang dan bersemangat. Jika Anda emosi, bisa jadi malah hanya mengganggu karyawan Anda saat bekerja. Bisa jadi juga menyebabkan pekerjaan Anda terbengkalai karena mood sedang tidak baik.

  4. TERLALU MEMIKIRKAN KEINGINAN SENDIRI (IDEALISME)

    Berbisnis itu ya menyediakan produk yang diperlukan oleh customer. Produk yang betul-betul disukai customer. Jangan berbisnis produk yang belum dibutuhkan customer hanya demi menuruti keingan atau idealism Anda. Anda nanti pasti capek tenaga dan capek modal untuk mengedukasi pasar tentang produk Anda.

  5. BERSIKAP BOSSY

    Bersikap bossy dapat membuat calon customer/klien/pelanggan/karyawan sekalipun enggan bekerja bersama Anda. Jadilah pribadi yang hangat, terbuka, dan pandai mendengar. Hindari menjadi pribadi yang angkuh dan hobby mendominasi orang lain.

  6. MANAJEMEN KEUANGAN BURUK

    Ini adalah penyakit yang jadi momok pengusaha baru. Anda pandai menjual produk, omset bisnis Anda tinggi, akan rusak jika Anda tidak pandai mengatur keuangan. Jangan terburu-buru mengambil profit bisnis Anda untuk keperluan pribadi, tetapkan gaji yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sisanya, investasikan kembali ke bisnis Anda agar bisnis Anda berkembang dan sukses.

  7. KEBANYAKAN RENCANA, SEDIKIT ACTION

    Bisnis itu, rencanakan sedikit, action-nya yang banyak. Kalau kebanyakan rencana, kapan action-nya? Kebanyakan direncanakan, siapa yang bakal mengerjakan? Memang rencana aja bisa bikin bisnis Anda sukses? Tidak. TINDAKAN-lah yang bikin bisnis Anda sukses dan maju.

  8. MALU BERTANYA DAN BELAJAR

    Kalau masih baru, jangan ragu untuk bertanya. Habis Tanya, langsung action. Tapi juga jangan kebanyakan nanya, apalagi dikit-dikit minta diajarin. Yang bagus itu, segera action. Terus belajar. Nggak Cuma belajar dari buku, tapi belajar juga bisa dari seminar, workshop, atau meniru mastah lain. Jika menemukan kendala, baru bertanya kepada orang yang sudah sukses.

  9. TIDAK LIBURAN

    Kerja keras itu bagus. Tapi jangan sampai lupa liburan ya. Liburan itu untuk refreshing otak. Seringkali kita sebagai entrepreneur kerja nonton stop 7 hari seminggu, dari pagi hingga malam. Nah kalau begini, kapan otak bisa istirahat?

    Paling tidak sempatkanlah untuk liburan atau “me time” sehari dalam seminggu. Kalau sudah hari libur ya jangan ngurusin kerjaan. Istirahat dulu dan menikmati liburan. Balik, otak sudah fresh dan lebih enak dipakai untuk bekerja.

- WEBINAR GRATIS : ALONA PRESENTS
Jualan di Instagram

3 COMMENTS

  1. Boro-boro mau punya bisnis sendiri. Jadi karyawan aja belum becus kok. Saya bingung, apakah saya harus resign dan memulainya? Atau saya harus mencari ilmu sebanyak mungkin dengan menjadi karyawan? Galau tak tertandingi—–

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here