Bisnis menguasai internet itu susah-susah gampang, kemajuan dan kemudahan penggunaan teknologi bikin bisnis online semakin banyak yang muncul

Internet dapat membantu pebisnis melakukan pemasaran secara luas biar bisa menjangkau banyak target sehingga tingkat penjualan dapat meningkat

Tapi perlu anda tahu, internet juga bisa membuat penjualan anda menurun kalau penerapan strategi jualannya gak benar

Beberapa faktor yang bikin bisnis lewat internet jadi sepi orderan adalah :

A. Alasan Bisnis Lewat Internet Sepi Orderan

1. Gak tahu harus jualan ke siapa

Ini nih alasan dari segala alasan bisnis lewat internet sepi orderan

Gimana gak sepi kalau target anda itu gak spesifik, anda nargetinnya ke semua orang padahal gak semua orang itu butuh konten/produk anda

Anda harus pilih targetnya dulu, sesuai gak sama produk yang dijual

Contohnya, Anda jual alat olahraga

Itu kurang spesifik karena target belum jelas untuk siapa, harusnya lebih spesifik lagi kaya gini

Alat olahraga > olahraga yoga > wanita/pria > wanita : ibu rumah tangga > mempunyai anak

Target yang spesifik memudahkan anda untuk fokus ke 1 masalah dan solusi

2. Penawaran produk biasa saja

Masih diproduk olahraga yang sama yaitu yoga

Pasti sudah banyak pebisnis yang jual bahkan produknya mirip, harganya pasti gak jauh beda

Berarti tugas anda harus memberikan penawaran lain yang sekiranya belum ditawarkan sama pebisnis lain, ini salah sati trik bisnis lewat internet

Kalau anda jual casing handphone dengan harga satuannya Rp. 50.000, coba kasih semacam penawaran all in one maksudnya semua produk bisa dibeli dalam satu harga

anda kasih harga Rp. 150.000 sudah dapat 2 casing handphone dan 2 popsocket

Penawaran ini akan mendatang banyak pembeli karena terlihat lebih hemat daripada beli satuan

3. Foto produk kurang jelas

Foto produk yang anda pajang di foto adalah poin utama untuk menarik calon pembeli

Jangan memposting foto yang kualitasnya jelek, 

Sebelum ambil foto pastikan kualitas kamera (hape/kamera DSLR) sudah diatur resolusinya yang tinggi, agar saat di zoom sekali fotonya tidak langsung buram jadi lebih mudah lihat detail produknya

Jangan campurkan semua produk ke dalam satu frame foto karena bikin pembeli bingung, produk apa yang sebenarnya mau ditawarkan

Sebaiknya dalam satu frame cukup 1 produk dengan background warna netral dan bisa ditambah hiasan asalkan tidak menghilangkan fokus pembeli saat melihat

Perhatian dua contoh gambar produk diatas, kenapa menumpuk produk dalam satu frame gak boleh? 

Bukannya gak boleh, tapi di foto itu produk yang ditampilkan punya lebih dari satu model baju, pembeli akan bingung baju mana yang mau anda jual, lagian tata letak bajunya juga terlalu dempet, pembeli jadi susah lihat detail bajunya

Dibandingkan dengan foto produk sebelahnya, lebih enak dilihat, hanya fokus sama satu model baju, foto ini membuat pembeli langsung paham apa yang anda jual, pembeli bisa tanya langsung/cek deskripsi jika ingin warna yang lain

Saat pengambilan foto bisa ambil angle dari berbagai sisi produk (depan, belakang, samping kanan dan kiri), tujuannya untuk mempertegas detail produk

Hasil foto boleh diedit dulu sebelum posting asalkan tidak mengurangi warna asli produknya agar tetap terlihat real 
Biar makin paham pengambilan gambarnya bisa baca Cara Photoshoot Produk Jualan

4. Deskripsi produk terlalu berlebihan

Deskripsi produk perannya penting untuk menjawab apa yang sekiranya akan ditanyakan sama calon pembeli dan menjelaskan lebih detail tentang produk yang ditawarkan

TAPI, deskripsi yang berlebihan juga mengakibatkan bisnis lewat internet sepi orderan

Contohnya, anda terlalu mengumbar janji manis seperti 

“Teh herbal dijamin turunkan BB hanya seminggu. Cukup diminum rutin pagi dan malam, tanpa olahraga rutin anda sudah bisa dapatkan BB ideal” 

Mungkin sebagian pembeli yang tergiur sama khasiatnya dan langsung order, tapi pembeli yang pintar logikanya akan jalan, 

Mereka gak akan mudah percaya walau ada testimoni, karena mereka sudah tahu untuk dapat BB ideal perlu effort lebih gak cuma minum-minuman herbal

Harusnya anda bilang gini di deskripsinya

“Lengkapi olahraga anda dengan minum teh herbal, bantu menjaga BB tetap ideal”

Daripada kasih janji palsu yang bikin calon pembeli minggat dari toko anda, mending kasih solusi atau rekomendasi ke pembeli

biar mudah apa saja yang harus ada di deskripsi, anda bisa masukkan beberapa poin dibawah ini :

  • judul/nama produk/kode produk
  • bahan produk
  • ukuran produk (jika jual pakaian)
  • warna produk (bisa untuk semua produk)
  • CTA (kontak admin yang bisa dihubungi untuk order)

5. Bisnis lewat internet sepi orderan karena jarang update stok

Update stok membantu pembeli untuk tahu ada produk baru atau enggak, produknya ready atau sold out

Kalau Anda jarang update stok berarti menambah kerjain lagi

Pembeli akan nanya berulang kali nanya produk yang sama ready atau gak, padahal stoknya sudah habis, kalau stok sudah habis bisa anda arsip/hapus saja fotonya

Apalagi kalau bisnis Anda sistemnya pre-order, Anda harus rajin infokan orderan berikutnya hanya produksi berapa produk dan sisa produk ada berapa

Jangan bikin pembeli kecewa karena setelah order ternyata barangnya sudah habis duluan

6. Kegiatan promosi tidak maksimal

Promosi adalah alasan lain kenapa bisnis lewat internet jadi sepi

Promosi bertujuan untuk meningkat brand awareness ke calon pembeli agar mereka semakin kenal sama produk jualan Anda

Kalau anda sudah lakukan promosi tapi masih penjualannya belum meningkat bisa disebabkan promosinya kurang maksimal

Mungkin konten yang anda buat kurang fresh alias monoton cuma foto produk, coba manfaatkan fitur yang ada di platform jualan, 

Contoh fitur polling di Instagram 

Feedback yang di dapat membantu anda lebih memahami apa kebutuhan customer Anda 

Atau bisa pakai fitur countdown, ini berfungsi sebagai reminder pembeli saat anda ingin launching produk terbaru atau promo spesial 

Faktor lain yang bikin promosi bisnis lewat internet sepi orderan adalah konten anda gak sesuai sama karakter target audience

Contoh:

Anda bisa membuat konten yang lebih nusuk ke audience, sehingga mereka merasa yang anda ceritakan sama persis sama apa yang mereka alami 

Konten ini nyeritain beberapa kesulitan ibu rumah tangga yang membuat mereka gak jadi olahraga, sehingga audiens akan merasa “ini gua banget”, “kok ceritanya sama kaya gua”

Jadi gak ada alasan lainnya yang bikin audience gak nerusin untuk baca kontennya sampai selesai

7. Pelayanan kurang profesional

Terakhir, alasan bisnis lewat internet sepi orderan adalah interaksi dengan pembeli kurang aktif atau layanan admin kurang cepat

Kalau Anda balas chat pembeli bisa 1-3 jam, bisa jadi masalah besar walau kelihatannya sepele

Karena anda tidak tahu situasi pembeli saat itu gimana, mungkin dia sangat butuh barangnya atau barang yang sudah/mau dibeli gak ada konfirmasi, 

Kalau anda tetap lakukan hal itu jangan harap pembeli itu akan setia di toko online anda

Belum lagi kalau anda responnya lama terus balasnya singkat, bahkan terkesan cuek sama pertanyaan atau komplain pembeli

Pembeli pasti bete dan menilai pelayanan di toko online anda adalah PELAYANAN TERBURUK

Toko online yang responnya cepat seperti 15 – 30 menit kemudian langsung balas chat akan dapat nilai lebih dari pembeli

Mereka akan menilai layanan admin di toko anda adalah yang terbaik, karena siap untuk merespon pertanyaan atau memberi informasi seputar produk yang sudah dibeli

7 alasan bisnis lewat internet sepi orderan ini harusnya bisa menjadi penilaian tersendiri untuk bisnis anda

Perhatikan berapa poin yang belum anda terapkan, segera perbaiki agar orderan anda bisa meningkat

Selamat mencoba, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini ke semua sosial media yang Anda punya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here