Bekerja tanpa henti. Siang malam terus berpikir untuk menemukan strategi baru agar dapat mengembangkan bisnis. Berangkat kerja dari pagi  dan pulang saat malam tiba. Hari Minggu harus bertemu rekan bisnis. Saat di rumah, telepon tidak pernah berhenti berdering. Hingga akhirnya, tanpa sadar, umur sudah mendekati senja dan sakit-sakitan, anak sudah dewasa, dan istri sudah beruban. Lalu, di mana Anda berada saat kemarin anak masih lucu-lucunya, saat istri masih segar, dan umur Anda masih muda? Apakah itu akan memberikan kenikmatan buat Anda?

Menghabiskan waktu untuk bekerja memang perlu, apalagi untuk mengembangkan usaha. Namun, jika hal itu membuat Anda justru tidak bisa menikmati kesuksesan yang Anda peroleh, buat apa? Hidup hanya sekali. Jangan sia-siakan semua usaha Anda tanpa bisa menikmatinya. Apa nikmatnya menghabiskan waktu di rumah di saat badan sudah sakit-sakitan?

Sebagai seorang pengusaha, seharusnya bisa membuat Anda lebih banyak mempunyai waktu luang untuk bersantai. Anda seharusnya justru mempunyai banyak kesempatan bermain bersama anak istri atau keluarga dan berjalan-jalan menikmati hasil jerih payah Anda. Jika ternyata berbisnis justru membuat waktu Anda tersita habis untuk pekerjaan, pasti ada yang salah dalam bisnis Anda.

Sebuah pekerjaan tidak bisa dikerjakan sendiri oleh Anda. Sebagai seorang bos, Anda hanya perlu membagi tugas pekerjaan kepada bawahan Anda sebagai sebuah team dan mempercayai kinerja mereka semua. Tugas Anda hanyalah mengoordinir team agar terus solid dalam mencapai tujuan bisnis Anda. Semakin solid team yang Anda bentuk, semakin banyak waktu yang Anda punyai untuk keluarga tercinta tanpa khawatir bisnis mengalami stagnasi.

Membuat team yang solid memang bukan pekerjaan mudah. Perlu adanya kepercayaan, perlu adanya kemampuan personal yang tinggi, dan perlu perencanaan yang matang. Lalu, bagaimana cara membuat team yang solid?

Ada tiga syarat yang mesti Anda perhatikan untuk membuat team yang solid

1 . Penempatan Karyawan sesuai Keahliannya

Banyak pengusaha yang gagal dalam poin ini. Menempatkan orang yang salah pada sebuah posisi justru akan membuat bisnis Anda menjadi kacau dan tujuan bisnis tidak tercapai. Ujung-ujungnya, Anda sendiri yang akan turun tangan untuk menyelesaikan tugas mereka. Lalu, apa fungsi keberadaan mereka jika Anda juga yang harus menyelesaikan tugas mereka? So, pilihlah orang yang tepat untuk pekerjaan yang tepat, lalu percayakan pekerjaan tersebut untuk diselesaikan.

2 . Menjaga Hubungan Erat Setiap Anggota Team

Sebaik apa pun potensi setiap anggota team, jika masing-masing anggota tidak mempunyai hubungan yang baik, tujuan bisnis tetap tidak akan tercapai. Yang ada hanya persaingan tidak sehat untuk mengambil perhatian Anda. Yang ada hanyalah mencari kesalahan anggota lain untuk meningkatkan kinerjanya sendiri. Jelas ini membuat kondisi team menjadi tidak kondusif. Sebagai bos, Anda harus mampu membuat setiap anggota terjalin hubungan baik. Membuat sebuah kegiatan yang dapat mempererat hubungan batin anggota team, seperti outbound, rafting, dan sebagainya, bisa menjadi pilihan Anda.

Baca juga : Orang Pintar Nggak Selalu Kreatif !

3 . Selalu Meminta Nasihat Mentor

Berguru dengan orang yang telah sukses dalam berbisnis harus terus Anda lakukan. Belajar dari kesuksesan orang lain bisa menjadi pemicu semangat tersendiri bagi Anda. Kesalahan yang pernah dilakukan orang lain, jangan sampai Anda lakukan. Mentor juga akan memberi masukan saat Anda dalam posisi paling bawah sekalipun. Berbagai tips pastinya akan mereka berikan agar Anda bisa bangkit lagi dan terus berusaha. Oleh karena itu, keberadaan mentor sangat penting bagi Anda sebagai seorang pengusaha, meskipun sudah sukses sekalipun.

bisnis online bersama alona belajar bisnis online gratis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here