Jika Anda relatif baru mengenal dunia SEO marketing, Anda mungkin pernah mendengar istilah “konten SEO” dilemparkan ke dalam rapat pemasaran.

Panduan pemula ini dirancang untuk menjawab tiga pertanyaan:

  1. Apa itu “konten SEO”?
  2. Apa jenis konten SEO yang ada?
  3. Apa strategi konten SEO saya?

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang strategi pembuatan konten SEO yang tidak saya jawab di sini, beri tahu saya di komentar dan saya akan menjawabnya di sini atau di posting blog yang akan datang.

Mari kita mulai!

GRATIS Ebook Banjir Order Modal SEO >> DI SINI <<alterntif text

Apa itu konten SEO?

Untuk memahami apa yang dimaksud pemasaran dengan konten SEO, sangat membantu untuk memecah frasa menjadi bagian-bagian komponennya:

  • “SEO” mengacu pada optimasi search engine, atau proses pengoptimalan sebuah website sehingga orang dapat dengan mudah menemukannya melalui mesin pencari seperti Google.
  • Melalui “konten”, bisa diartikan informasi apa pun yang ada di konten web dapat dikonsumsi dengan baik (lebih banyak tentang berbagai jenis konten di bawah).

Jadi, letakkan kedua konsep ini bersama-sama: konten SEO adalah konten yang dibuat dengan tujuan menarik lalu lintas mesin pencari.

Saya tidak akan menceritakan semua hal yang perlu diketahui tentang mengoptimalkan konten Anda untuk mesin pencari di sini; itu panduan ‘nother keseluruhan’. Tetapi beberapa cara disini sangat cepat merefresh apa yang di butuhkah untuk SEO pada website Anda:

  • Riset Kata Kunci: Jika Anda ingin menghasilkan lalu lintas melalui penelusuran, sebaiknya lakukan penelitian kata kunci sebelum mulai menulis. Dengan cara ini, Anda dapat berfokus pada kata kunci yang jumlah volume penelusurannya sudah ada – dengan kata lain, menulis ke topik yang orang sudah cari informasi.
  • Optimasi Kata Kunci: Ketahui di mana dan bagaimana menggunakan kata kunci dalam konten Anda untuk kemampuan pencarian maksimal. (SEOMoz menawarkan panduan hebat untuk optimasi on-page.)
  • Organisasi Konten: Konten di situs Anda harus diatur secara logis. Ini tidak hanya bagus untuk SEO, ini juga membantu pengunjung di situs Anda untuk menemukan konten terkait lainnya dengan mudah. (Semakin lama mereka tetap berada di situs Anda, semakin baik.)
  • Promosi Konten: Tingkatkan visibilitas ke konten baru yang Anda buat dengan membagikannya di jejaring sosial dan membangun tautan ke konten Anda (baik internal maupun dari situs eksternal).

Alat penelitian kata kunci seperti Google Keyword Planner akan membantu Anda mengidentifikasi topik spesifik yang akan ditargetkan dalam konten SEO Anda.

GRATIS Ebook Banjir Order Modal SEO >> DI SINI <<

Sebuah kata yang memberikan perhatian

Penting untuk diingat bahwa jika lalu lintas mesin pencari adalah satu-satunya tujuan Anda, hasilnya mungkin akan Anda dapatkan. Untuk menyenangkan kedua mesin pencari (yang akan memberi penghargaan kepada Anda dengan peringkat tinggi dari waktu ke waktu) dan calon pelanggan bersedia kembali mengunjungi, Anda perlu menawarkan nilai di atas dan di luar pengoptimalan mesin pencari. Dengan kata lain, jangan memberikan konten “rendah” yang bisa berada diperingkat bagus dan mendapatkan klik kunjungan, namun konten tidak memberikan nilai tambah bagi pengguna mesin pencari. Situs yang promosi dengan “tidak sehat” serta konten bernilai rendah akan mempunyai resiko di penalti google dan mempunyai bounce rate (pentalan user) yang tinggi dan tingkat konversi kecil

Jenis Konten SEO
Konten SEO dapat mencakup hal-hal berikut:

  • Halaman Produk – Ini adalah roti dan mentega dari setiap situs e-commerce eceran. Laman produk yang bagus dapat berfungsi baik sebagai konten SEO maupun laman landas PPC.
  • Blog Posts – Blog adalah salah satu cara termudah untuk membuat konten SEO reguler. Secara umum, artikel blog lebih menarik dan lebih cenderung menarik link daripada halaman produk, jadi itu bisa menjadi cara yang bagus untuk membangun beberapa otoritas untuk situs Anda. (Ingatlah bahwa blog sangat fleksibel, dan Anda dapat menggunakannya untuk meng-host salah satu jenis konten di bawah ini dalam daftar ini.)
  • Artikel – Pikirkan artikel berita, wawancara, atau bagian fitur. Ini adalah jenis konten utama yang akan Anda temukan di kebanyakan situs web surat kabar atau majalah.
  • Daftar – Daftar sebenarnya adalah semacam artikel, namun membingkainya sebagai daftar (seperti “10 Cara Menurunkan Tagihan Listrik Anda” atau “101 Hal yang Saya Benci Tentang Google”) mempermudah pemindaian. Jenis judul ini juga tampaknya lebih dapat diklik bila ditemukan di hasil penelusuran atau umpan media sosial.
  • Panduan – Panduan adalah bagian konten yang lebih panjang yang menjelaskan secara rinci bagaimana melakukan sesuatu. (Panduan sering dipecah menjadi beberapa halaman web, meskipun ini adalah praktik terbaik untuk memungkinkan pengguna melihat konten yang panjang sebagai satu halaman jika mereka mau.) Anda dapat memposting panduan lengkap di situs Anda, atau Anda dapat memposting ringkasan atau kutipan , mengharuskan pengunjung untuk mengisi formulir pendaftaran untuk membaca panduan lengkap. Ini bisa menjadi cara yang baik untuk menghasilkan prospek, namun perlu diingat bahwa memasang dinding registrasi kemungkinan akan mengurangi jumlah lalu lintas SEO yang dapat Anda kendarai ke panduan itu.
  • Video – Secara umum ada lebih sedikit video di web daripada halaman teks; Akibatnya, lebih mudah untuk menentukan peringkat di halaman pertama untuk kata kunci yang kompetitif dengan membuat video dan bukan sebuah artikel. Bergantung pada jenis situs atau bisnis apa yang Anda jalankan, video bisa menjadi cara yang bagus untuk menarik dan menjangkau pemirsa. Pertimbangkan untuk membuat tutorial video tentang cara menggunakan produk Anda. Atau mengilustrasikan proses yang berhubungan dengan bisnis Anda – misalnya, tukang ledeng bisa membuat video yang menunjukkan cara melepaskan wastafel. (Catatan tentang SEO: Anda mungkin mempertimbangkan menyertakan transkrip teks video Anda.
  • Infografis – Infografis, atau gambar berformat besar yang berisi banyak data (sering dalam bentuk grafik atau grafik) pada satu subjek, dapat mengumpulkan banyak tampilan halaman dan tautan. Namun, karena begitu banyak konten yang disematkan pada gambar dan karena itu tidak dapat dibaca sebagai teks oleh mesin telusur, penting untuk mengoptimalkan bagian dari halaman dengan hati-hati. Anda bisa menggunakan salah satu dari lima template infografis gratis ini untuk memulai.
  • Slideshows – slideshow adalah cara untuk menampilkan serangkaian gambar terkait. Terkadang gambar lebih penting daripada teks – katakan Anda mencoba menunjukkan apa yang semua artis kenakan pada Oscar. Di sini sekali lagi, SEO dari judul, caption, nama file gambar dan sebagainya penting karena kurang untuk mesin pencari untuk “membaca.”
  • Glosari – Saya bersumpah lebih banyak orang menggunakan Google untuk mencari istilah daripada menggunakan kamus. (Apakah Anda tahu di mana kamus Anda berada?) Jika Anda bekerja di industri khusus, daftar istilah yang bagus bisa menjadi cara yang bagus untuk menangkap lalu lintas penelusuran. Pikirkan istilah memasak, istilah medis, istilah mode, istilah arsitektur …
  • Direktori – Direktori adalah taksonomi berguna untuk link ke situs atau sumber daya seputar topik tertentu. Misalnya, blog parfum bisa membuat direktori tempat membeli parfum, dari toserba utama hingga toko mandiri di seluruh negeri.

Ini hanya beberapa jenis dasar konten SEO, namun jangan sampai daftar ini membatasi Anda – kemungkinannya hampir tidak ada habisnya.

Cara Mengembangkan Strategi Konten SEO

Jika Anda telah menghasilkan konten dengan cara yang serampangan, berharap dan berdoa agar beberapa di antaranya akhirnya memberi peringkat, saatnya untuk menyerah dan berkomitmen pada strategi konten SEO yang lebih metodis untuk web.

Berikut adalah empat langkah untuk menentukan dan menyempurnakan strategi konten SEO Anda:

GRATIS Ebook Banjir Order Modal SEO >> DI SINI <<

Tentukan tujuan Anda

Pertama, tentukan tujuan Anda sebagai website atau bisnis. Apakah Anda ingin mendorong penjualan melalui situs web Anda? Apakah Anda memonetisasi situs Anda melalui iklan dan karena itu hanya ingin meningkatkan jumlah pembaca lalu lintas dan pengembalian? Tujuan Anda akan menentukan jenis konten yang harus Anda fokuskan.

Sebuah contoh bagus dari halaman produk minimal, namun ramping dan elegan

Jika Anda mengutamakan untuk mencoba mendorong penjualan produk, fokus utama Anda harus menjadikan halaman produk informatif yang menarik yang dioptimalkan untuk pencarian dan konversi. Fokus sekunder Anda bisa membantu konten blog yang menggambarkan kapan dan bagaimana cara menggunakan produk Anda, menautkan ke halaman yang relevan (sebaiknya blog Anda tidak sepenuhnya promosi sendiri).

Jika situs Anda beroperasi pada model periklanan dan tujuannya adalah untuk menarik pembaca baru melalui penelusuran, Anda ingin berfokus pada konten yang kaya (seperti artikel bentuk panjang atau sumber video yang informatif, menghibur, atau keduanya) dengan “kekakuan” (Konten “lengket” membuat pengunjung di situs Anda lebih lama atau mendorong mereka untuk kembali).

Pertimbangkan audiens Anda

Kenali audiens Anda – survei dan perangkat lunak analisis Anda dapat membantu Anda mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang pengunjung atau klien biasa Anda. Pertimbangkan untuk mengembangkan persona pemasaran, atau karakter yang mewakili pengunjung dan pelanggan situs ideal Anda. Kemudian pikirkan jenis konten apa yang akan dicari orang tersebut.

Misalnya, jika Anda mengoperasikan situs B2B yang menargetkan eksekutif tingkat C, Anda mungkin ingin membuat kertas putih tingkat tinggi yang dapat diunduh dan disimpan untuk dibaca nanti.

Jika bisnis Anda menargetkan remaja dan remaja, Anda mungkin ingin berfokus pada pembaruan yang sering terjadi dengan lebih sedikit teks dan lebih banyak gambar dan video. Anda juga ingin memastikan situs Anda dioptimalkan untuk penggunaan mobile.

Buat kalender editorial

Begitu Anda memiliki gagasan tentang siapa yang Anda targetkan dan mengapa, Anda bisa mulai membangun sebuah kalender editorial. Kalender editorial adalah jadwal yang menentukan kapan Anda akan mempublikasikan konten baru dan jenis konten apa yang akan ada. Ini akan membantu Anda tetap mengikuti jadwal reguler (sangat penting untuk membuat konten baru secara reguler jika Anda memiliki blog), dan juga mencegah Anda berebut untuk mendapatkan topik untuk konten baru pada menit terakhir.

Beberapa tip untuk membuat dan mengikuti kalender editorial:

  • Gunakan Outlook (atau Google Calendar) – Bagikan kalender editorial dengan keseluruhan tim pemasaran Anda. Siapkan pengingat untuk penulis sehingga mereka mendapatkan notifikasi saat tenggat waktu akan muncul.
  • Pertimbangkan untuk membuat fitur yang sedang berlangsung – Misalnya, blog makanan bisa melakukan resep tanpa daging setiap hari Senin. Banyak blog melakukan penghubung link sekali seminggu (termasuk yang ini). Buat halaman kategori untuk setiap fitur yang sedang berlangsung, sehingga pengunjung dapat menemukan semua resep Senin atau Minggu tanpa Daging Anda di satu tempat.
  • Beri diri Anda banyak waktu tunggu saat menghasilkan jenis konten yang lebih rumit, seperti video dan infografis. Ini sering membutuhkan banyak putaran hasil edit agar sempurna dan bisa lebih rumit untuk dioptimalkan untuk pencarian.
  • Jangan merencanakan terlalu jauh sebelumnya – Kalender sering kali tergelincir setelah satu atau dua bulan, karena perubahan dalam tujuan pemasaran, anggaran, atau staf, jadi jangan mencoba merencanakan jadwal untuk tahun depan dan berisiko membuang banyak waktu dan usaha.

GRATIS Ebook Banjir Order Modal SEO >> DI SINI <<

Menganalisis dan menilai ulang

Akhirnya, tetap di atas analisis situs Anda. Teratur menganalisis konten SEO Anda untuk melihat apa yang bekerja dan mana yang tidak. Ukuran kesuksesan dan keterlibatan yang baik mencakup tampilan halaman, tautan, komentar (di posting blog dan beberapa jenis konten lainnya), saham sosial (Facebook likes, tweets, etc.), dan tingkat konversi. Analisis Anda harus memiliki dua tujuan:

  • Pelajari kesuksesan Anda sehingga Anda bisa mengulang strategi tersebut – Carilah pola. Apakah pemirsa menyukai video? Lalu buat lebih banyak video! Sesuaikan kalender editorial Anda ke depan sehingga Anda dapat lebih memfokuskan waktu dan usaha pada jenis konten yang benar-benar beresonansi.
  • Mengukir waktu untuk memperbarui dan meningkatkan konten SEO lama – Jika Anda mencoba mengoptimalkan artikel untuk kata kunci tertentu, namun mendapatkan lebih banyak lalu lintas untuk variasi kata kunci yang berbeda, lalu masuk kembali dan optimalkan ulang untuk kata kunci baru. Anda mungkin bisa meningkatkan lalu lintas secara signifikan dengan memasukkan kata kunci itu di judul, misalnya.

Cari tahu bagaimana Anda BENAR-BENAR melakukan SEO !

Dapatkan Ebook di bawah ini Banjir Order Modal SEO >> DI SINI << dari kami:alterntif text

 

bisnis online bersama alona belajar bisnis online gratis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here