Para entrepreneur, jika ingin bisnis Anda terus tumbuh dan berkembang, jangan lupa untuk terus meningkatkan growth machine dalam bisnis Anda. Apa itu?

Growth machine alias mesin pertumbuhan bisnis adalah metode atau cara-cara yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan pertumbuhan pengguna atau konsumen produk Anda, sehingga diharapkan penjualan atau pendapatan bisnis Anda juga terus bertambah.

Secara umum, Growth Machine ini dipakai untuk mengakuisisi (menjangkau konsumen baru) atau retensi (menjaga supaya konsumen lama tetap menggunakan produk Anda).

Tidak peduli apakah produk Anda adalah aplikasi, software, kuliner, fashion, travel, gadget, jasa, dan lain sebagainya, Anda tetap harus memberikan perhatian kepada Growth Machine supaya bisnis Anda berkembang.

Secara umum, ada 3 jenis Growth Machine yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan pengguna/konsumen bisnis Anda:

  1. VIRAL ENGINE

Viral engine adalah sebuah metode yangbertujuan untuk membuat produk Anda viral sekaligus bertambah konsumennya. Viral engine sendiri terbagi menjadi dua jenis, yakni referral engine dan viral loop.

Referral engine ini contohnya seperti Gojek dan Uber yang menawarkan kode referensi kepada Anda untuk disampaikan kepada teman-teman Anda. Jika teman-teman Anda menginstal aplikasi Gojek/Uber dan memasukkan kode referensi tersebut, maka teman Anda dan Anda akan otomatis mendapatkan diskon.

Sedangkan viral loop adalah metode yang digunakan untuk membuat sebuah produk menjadi populer dan banyak penggunanya dengan cara ada interaksi antara satu pembeli (user) dengan pembeli (user) lainnya.

Contohnya seperti Whatsapp, Facebook, telepon, atau Paypal. Jika ingin chatting dengan teman yang juga menggunakan Whatsapp, maka Anda harus instal aplikasi Whatsapp dulu di handphone.

Jika Anda ingin bersosmed ria dengan teman, Anda dan teman Anda harus sama-sama log in ke Facebook. Jika ingin telepon orang lain, maka Anda harus punya telepon dulu. Jika Anda ingin menerima pembayaran dari teman Anda yang memakai Paypal, maka Anda harus memiliki akun Paypal juga. Dan masih banyak lagi contoh lainnya.

2. PAID ENGINE

Paid engine adalah metode mengakuisisi atau mencari konsumen baru untuk bisnis Anda menggunakan cara-cara berbayar yang fungsinya untuk mengiklankan bisnis Anda di tempat-tempat yang trafiknya tinggi. Contohnya seperti billboard, Facebook Ads, Instagram Ads, GoogleAdwords, iklan di koran, dan sebagainya.

3.STICKY ENGINE

Jika kedua contoh growth engine di atas berfungsi sebagai akuisisi customer, maka Sticky Engine ini masuk dalam fungsi retensi, alias mempertahankan pengguna/customer lama supaya mereka tidak meninggalkan bisnis Anda dan menjadi pelanggan setia.

Terus-terusan melakukan akuisisi customer juga tidak bagus bagi bisnis Anda. Anda harus mengimbangi dengan Sticky Engine supaya customer Anda loyal dan tetap menggunakan bisnis Anda sesuai kebutuhan mereka masing-masing.

Sticky engine mengacu pada perawatan/pengembangan produk agar nyaman untuk digunakan berulang kali oleh konsumen.

Misalnya Facebook terus melakukan perbaikan algoritma dan menambahkan fitur-fitur baru untuk membuat usernya betah dan tidak bosan menggunakan Facebook. Gojek terus berinovasi menambah GoTix, GoGlam, dan GoClean untuk membantu customernya yang membutuhkan jasa pembelian tiket bioskop, salon panggilan, dan pembersih rumah panggilan.

Bagaimana dengan bisnis non IT seperti kuliner, fashion, travel, dan sebagainya? Apakah tidak perlu melakukan Sticky Engine juga? Tentu saja perlu.

Produsen pakaian selalu meng-up date model baju setiap minggu agar konsumen terus membeli. Pemilik restoran selalu menambah varian rasa atau menu baru supaya konsumen membeli terus. Agen travel juga selalu menambah destinasi wisata dan paket liburan supaya pelanggan mereka mau berwisata kembali, meskipun dengan tujuan berbeda.

Dan masih banyak lagi contoh lain yang bisa Anda terapkan dalam bisnis Anda. Jika ingin bisnis Anda maju, gunakan Growth Engine dan imbangi antara akuisisi dan retensi.

bisnis online bersama alona belajar bisnis online gratis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here