Siapa di sini yang berpendapat bahwa besar kecilnya penjualan tergantung pada Customer Service yang melayani pembeli? Jika Customer Service ramah dan pintar menjual, maka pembelian akan meningkat. Jika Customer Service jutek dan tidak kreatif, maka penjualan akan merosot.

Ternyata faktor toko online Anda laris tidak hanya ada pada Customer Service. Customer Service (CS) ternyata adalah gerbang terakhir sebelum terjadi deal dan transfer. Sebelum Customer sampai pada CS dan membeli, 9 faktor ini juga penting. Dan kesembilan faktor ini bisa jadi penyebab, kenapa toko online Anda menurun jumlah pembelinya.

1) HARGA TIDAK KOMPETITIF

Jika Anda menjual terlalu mahal ketimbang harga pasaran atau harga pesaing Anda, siap-siap saja toko online Anda sepi. Anda boleh menjual lebih mahal. Tapi ada tekniknya. Anda harus memberikan sesuatu dulu kepada calon customer, memberi apa yang mereka butuhkan dan membangun kepercayaan yang tinggi. Baru setelahnya Anda bisa menjual dengan harga lebih mahal. Anda juga bisa menjual lebih mahal dengan memasukkan beberapa bonus dalam satu penjualan. Sekali dayung, 2-3 produk laku terjual.

2) VARIASI PRODUK KURANG

Ini biasanya terjadi kepada toko online yang menjual barang fashion. Jika Anda berjualan barang fashion, maka Anda harus memiliki stok model yang banyak variannya. Jangan terpaku pada beberapa variasi produk. Idealnya dalam satu toko, ada puluhan hingga ratusan model yang dipajang.

3) PROSES ORDER SULIT

Jangan mempersulit customer untuk order. Jika customer Anda tipikal orang yang lebih suka order lewat chat, Anda wajib melayani order mereka lewat chat. Jangan memaksakan mereka harus order lewat website yang menurut mereka masih awam dalam memakainya.

Proses transfernya pun tidak boleh ribet. Jangan memberi terlalu banyak kode jika customer ingin membayar. Apalagi harus repot-repot konfirmasi sendiri  via ini itu untuk memproses laporan pembayaran. Buat sesederhana dan semudah mungkin bagi customer. Jika perlu, buat system di mana ketika customer sudah transfer, mereka bisa langsung terkonfirmasi secara otomatis.

4) SUSAH MENEMUKAN KONTAK CUSTOMER SERVICE

Di setiap gambar produk, di website, atau di setiap postingan social media toko online Anda, jangan lupa untuk mencantumkan nomor kontak CS yang bisa dihubungi. Letakkan di tempat yang sekiranya mudah terlihat oleh calon customer Anda. Jika mereka kesulitan menemukan kontak CS, mereka akan malas untuk bertanya-tanya. Lebih jauh, mereka akan malas untuk order.

5) WEBSITE LEMOT

Jika Anda menggunakan website sebagai toko online Anda, pastikan website Anda mudah dibuka oleh customer. Tidak lola (loading lama), dan ringan dibaca. Website yang susah diakses bikin customer akan menutup browsernya dan lari mencari toko online lain.

6) NAVIGASI WEBSITE YANG JELEK

Jika Anda menggunakan website, Anda bisa menambahkan beberapa menu pada website Anda, seperti katalog produk, blog, news, halaman order, halaman contact support, dan masih banyak lagi. Anda harus membuat navigasi website Anda semudah mungkin dipakai oleh customer.

Jangan sampai ketika Customer sedang membuka website Anda, dia malah bingung bisa lihat katalog produk Anda di mana hanya karena navigasinya tersembunyi atau kurang jelas.

7) PELIT DISKON / BONUS

Zaman sekarang, makin banyak toko online merajalela. Itu artinya, pesaing Anda semakin banyak. Jangan pelit-pelit dengan diskon dan bonus, terutama jika pesaing Anda juga bermain dengan diskon dan bonus. Jangan jadi penjual yang pelit terhadap customer. Berikan mereka diskon atau bonus khusus untuk promo.

8) GAMBAR KURANG MENARIK & KATA-KATA KURANG MENJUAL

Saat orang berbelanja online, mereka berkomunikasi dengan gambar dan tulisan. Anda harus membuat gambar yang menarik dan tulisan yang menjual dan lengkap. Jadi, selain menarik customer untuk membeli, mereka juga tidak kebingungan dengan detail produk yang akan mereka beli, karena keterangannya sudah Anda paparkan semua lewan tulisan.

9) IKLAN DIKALAHKAN OLEH PESAING

Jika ini, mau tidak mau, Anda harus mendalami teknik dan ilmu dalam beriklan. Jika Anda menggunakan Facebook Ads atau Google Adwords, sangat penting bagi Anda untuk mengamati pergerakan pesaing, terutama jenis iklan dan promo yang mereka pakai.

Buatlah kampanye yang lebih menarik namun lebih efektif daripada pesaing Anda. Memang dibutuhkan waktu untuk melatih skill. Tapi mumpung belum semua pengusaha memasarkan bisnisnya di dunia online, Anda bisa pergunakan kesempatan ini untuk belajar dan berlatih supaya bisa memenangkan persaingan di kemudian hari.

bisnis online bersama alona belajar bisnis online gratis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here