Bagi Anda yang masih entrepreneur pemula, tentunya pernah terbersit pertanyaan : “Bagaimana saya bisa merawat pegawai-pegawai saya agar mereka betah bekerja di tempat saya dan bekerja dengan optimal?”

Untuk mengoptimalkan kinerja karyawan Anda, Anda harus mampu memotivasi dan memberdayakan mereka dengan baik. Lalu bagaimana caranya? Apakah Anda harus lulus ujian menjadi pemimpin yang baik dulu baru bisa memberdayakan mereka?

Tentu tidak. Kepemimpinan Anda akan terasah seiring waktu Anda memberdayakan tim atau karyawan-karyawan Anda. Agar karyawan Anda bisa bekerja dengan optimal dan memiliki kekompakan dengan anggota tim lainnya, Anda bisa menerapkan cara-cara berikut dalam bisnis Anda :

1) BUAT JOB DESCRIPTION DAN SOP YANG JELAS

Job desc dan SOP (Standar Operational Procedure) yang jelas akan membantu karyawan Anda untuk bekerja dengan baik setiap harinya. Dengan SOP, Anda telah menetapkan standar-standar kerja kepada karyawan dan hal itu harus dipatuhi oleh mereka. Jika mereka bekerja tidak sesuai SOP dan job desc masing-masing, Anda berhak untuk menegur atau memberi sanksi.

2) MOTIVASI KARYAWAN ANDA DENGAN KATA-KATA PENYEMANGAT SESEIRNG MUNGKIN

Karyawan memerlukan motivasi agar mereka bisa bekerja dengan baik dan bersemangat. Untuk memberikan motivasi, Anda tidak harus berteriak menggebu-gebu seperti dalam seminar-seminar. Anda cukup memberikan kata-kata yang mampu memotivasi mereka sesering mungkin. Misalnya seperti “Ayo, yang semangat kerjanya.”

Anda juga bisa mengajak mereka untuk berkumpul setiap weekend atau akhir bulan untuk briefing/evaluasi kinerja selama seminggu atau sebulan terakhir. Dari evaluasi tersebut bisa ketahuan mana karyawan yang loyo dan mana karyawan yang kinerjanya mulai menurun. Anda bisa membantu mereka dengan memberikan motivasi-motivasi.

3) JANGAN PELIT MEMBERIKAN PUJIAN DAN HADIAH

Jika karyawan Anda telah bekerja dengan baik, jangan ragu untuk memberikan pujian. Atau sesekali berikan hadiah bagi karyawan yang memiliki kinerja dengan baik.

Pujian kepada karyawan tidak berarti Anda adalah pemimpin yang lemah. Justru pujian dari Anda mampu membangkitkan rasa bangga dan memancing semangat karyawan Anda untuk bekerja dengan lebih optimal.

4) JADILAH PENDENGAR YANG BAIK BAGI MEREKA

Sesekali dengarkan pegawai Anda jika ada keluhan yang dilontarkan dari mulut mereka. Tanggapilah dengan antusias. Dan carikan jalan keluar untuk keluhan-keluhan mereka.

Misalnya saja Anda sedang memerintahkan karyawan bagian produksi untuk memproduksi produk baru yang memiliki tingkat kesulitan tinggi. Beberapa karyawan Anda mulai mengeluh karena kinerja mereka melambat akibat sulitnya proses produksi. Dengarkanlah keluhan mereka, lalu pikirkan solusi untuk membantu mereka bisa bekerja lebih cepat dan nyaman.

5) BERILAH CONTOH YANG BAIK

Jika Anda ingin karyawan Anda giat bekerja, maka jadilah orang yang juga giat bekerja. Jika Anda menginginkan karyawan yang jujur, maka jadilah pengusaha yang juga jujur. Jika Anda menginginkan karyawan yang disiplin, maka jadilah pengusaha yang disiplin.

Jangan banyak menuntut kepada karyawan jika Anda sendiri tidak bisa memberikan contoh yang baik kepada mereka. Manusia itu lebih suka dan lebih menuruti pemimpin yang memberikan contoh positif ketimbang harus menuruti boss yang Cuma bisa memerintah saja.

Memberdayakan karyawan itu adalah sebuah seni berurusan dengan orang lain. Meskipun karyawan Anda itu dibayar, tapi jangan perlakukan mereka dengan semena-mena. Mereka itu tetap manusia yang memiliki perasaan.

Memberdayakan karyawan butuh proses. Bukan berarti sebagai pemimpin perusahaan, Anda berhak menyuruh-nyuruh pegawai Anda sesuka hati. Mereka itu harus diberdayakan, bukan hanya diperintah.

Manusia bisa menurut jika diperintah. Tapi jika ingin mendapatkan pegawai yang tak hanya menurut saja tapi juga loyal dan termotivasi, maka Anda harus bisa menginspirasi mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here