Anda ingin meningkatkan penjualan dan membuat usaha Anda makin lancar baik yang usaha kecil-kecilan atau industri menengah? Jual saja secara online karena dengan jualan secara online Anda punya kesempatan untuk meraih konsumen yang lebih luas di seluruh wilayah Indonesia bahkan mungkin dunia.

Namun bikin toko online sendiri membutuhkan biaya yang tidak sedikit, solusinya Anda bisa bergabung di Tokopedia sebagai penjual karena jualan di marketplace ini gratis dan sangat mudah.

Baca juga: 10 Tips Berjualan di Tokopedia Demi Kuntungan Berlipat

Banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan bergabung bersama dengan Tokopedia salah satunya adalah potensi konsumen yang lebih banyak karena Tokopedia adalah salah satu toko online yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia.

Di sini sistem penjualan dan transaksinya pun sama-sama aman baik untuk penjual maupun konsumen sehingga konsumen pun bisa lebih percaya belanja pada penjual yang buka toko di Tokopedia dibandingkan toko online independen yang belum tentu meyakinkan.

Penasaran dengan mudahnya cara jualan di Tokopedia? Ini dia langkah-langkahnya.

1. Registrasi dan verifikasi

Untuk memulai jualan, langkah pertama adalah mendaftarkan diri Anda ke platform Tokopedia. Isi data-data Anda dengan lengkap pada kolom yang tersedia sebagai identitas penjual yang valid.

Kemudian Tokopedia akan mengirimkan kode aktivasi ke email yang Anda daftarkan, masuk ke email kemudian klik pada link yang tersedia. Anda bisa meminta pengiriman aktivasi ulang kalau belum ada email yang masuk setelah beberapa menit melakukan registrasi.

Jualan di Tokopedia

Kemudian untuk memastikan penjual di Tokopedia adalah penjual yang valid, langkah selanjutnya adalah memverifikasi nomor ponsel yang Anda masukkan pada saat pengisian data. Kemudian kode verifikasi akan diberikan oleh Tokopedia ke ponsel Anda melalui sms, masukkan nomor kodenya kemudian klik Submit.

Langkah ini juga dilalui oleh pembeli jadi baik penjual maupun pembeli diharapkan mendaftarkan dengan menggunakan nomor ponsel yang aktif untuk memudahkan proses komunikasi dan transaksi nantinya.

2. Isi data toko

Anda bisa masuk ke halaman pembuatan toko melalui bagian pojok kanan atas dengan mengklik icon Toko atau pada bagian header dengan link Buka Toko. Kemudian Anda akan masuk ke halaman formulir data online untuk toko Anda di Tokopedia.

Isi semua kolomnya dengan benar termasuk memilih dukungan kurir pengiriman dan juga metode pembayaran yang menurut Anda paling gampang dan juga mudah untuk membantu Anda mengirimkan barang sampai ke tangan konsumen.

Anda juga bisa memilih nama domain Anda di Tokopedia untuk menyebarkan URL Anda ke platform jualan yang lain. Contoh nama domainnya misalnya www.tokopedia.com/tokojualsepatumurah . Jangan lupa untuk mengunggah foto profil toko Anda.

3. Mulai jualan

Ada dua cara untuk memasang produk jualan Anda di Tokopedia:

a. Cara yang pertama adalah dengan masuk ke halaman profil, kemudian pada bagian sisi kiri klik menu Tambah Produk yang ada pada fitur Toko Saya.

b. Cara yang kedua adalah langsung pada halaman muka Tokopedia, di bagian ikon Toko Anda akan menemukan menu Tambah Produk.

Setelah itu akan langsung masuk ke halaman di mana Anda harus mengisi segala macam keterangan mengenai harga, nama produk, kategori produk, jumlah, berat, dan lain sebagainya. Anda juga bisa mengunggah foto produk yang menarik untuk membuat calon pembeli yakin membeli produk Anda.

Foto tampilan produk yang jujur dan sesuai dengan deskripsinya tentu bisa jadi nilai plus di mata pembeli. Setelah selesai, klik Simpan atau Simpan & Tambah Baru untuk menambahkan produk jualan lainnya.

Baca juga: Tips cara jualan di tokopedia dengan mudah dan cepat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here