Traveling telah menjadi gaya hidup sebagian besar masyarakat di Indonesia. Apalagi saat ini, jumlah wisatawan asing yang mengunjungi Indonesia naik menjadi 1.02 juta kunjungan per Maret 2017. Belum lagi ditambah dengan wistawan lokal yang jumlahnya pastinya jauh lebih banyak lagi.

Melihat jumlah ini, tentunya bisnis travel bisa menjadi primadona yang patut dilirik untuk Anda yang ingin membuka bisnis baru. Peluang apa saja yang bisa dibisniskan dari sebuah aktifitas traveling?

1) OPEN TRIP / PRIVATE TRIP

Saat ini traveling menjadi gaya hidup generasi milenial. Jika dulu open trip hanya diperuntukkan bagi rombongan sekolah/kantor/organisasi, saat ini paket trip atau wisata juga bisa diperuntukkan bagi orang-orang di luar sana yang ingin berwisata tapi tidak memiliki kendaraan sendiri atau malas mengurusi tetek bengek liburan. Tinggal membayar sejumlah harga, Anda bisa langsung berangkat dan menikmati liburan Anda. Segala keperluan sudah diurus oleh pihak travel agency.

2) HONEYMOON TRIP

Honeymoon trip saat ini juga menjadi potensi bisnis untuk memanjakan pasangan yang baru menikah. Anda bisa menyasar segmentasi orang-orang yang baru menikah. Anda buat sebuah paket wisata lengkap dengan dinner romantis untuk berdua, pasti sudah ada pasangan yang mau memesan.

3) PERSEWAAN MOBIL / MOTOR

Semakin tingginya minat orang untuk berwisata di kota tersebut membuat kebutuhan akan transportasi semakin meningkat. Anda bisa membuka persewaan kendaraan untuk orang-orang yang sedang berwisata di kota Anda. Persewaan kendaraan ini sangat laris di Pulau Bali.

4) PERSEWAAN PERALATAN BERKEMAH

Banyak orang yang ingin berkemah tapi tidak memiliki peralatan yang memadai untuk berkemah. Karena itu, kegiatan berkemah bisa menjadi peluang bagi Anda untuk berbisnis. Anda bisa membuka jasa persewaan tenda dan peralatan camping lainnya kepada para pendaki.

5) PERSEWAAN PERALATAN MENYELAM / SNORKELING

Demikian halnya dengan kegiatan wisata laut seperti snorkeling dan diving. Anda juga bisa membuka bisnis persewaan alat untuk olahraga laut demi memfasilitasi wisatawan yang tidak memiliki peralatan memadai.

6) JASA FOTOGRAFER / VIDEOGRAFER

Dokumentasi selama perjalanan wisata juga menjadi hal wajib yang harus didapatkan oleh wisatawan. Anda bisa membuka bisnis jasa fotografer dan videographer untuk wisatawan.

Jika Anda kesulitan untuk menawarkan jasa Anda ke wisatawan langsung, Anda bisa tawarkan ke travel agency. Karena mereka pasti butuh tim untuk dokumentasi dan fotografi.

7) PENJUALAN TIKET TRANSPORTASI/WAHANA WISATA

Piknik pasti memakai kendaraan untuk menjangkau tempat tujuan. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa mencapai lokasi wisata. Mulai dari memakai kendaraan pribadi atau menggunakan transportasi umum. Anda juga bisa membuka keagenan untuk usaha ticketing. Semua orang pasti butuh tiket transportasi untuk bepergian. Mengapa tidak mencobanya?

Bagaimana jika Anda khawatir bakal kalah bersaing dengan Traveloka, Tiket.com, atau aplikasi ticketing lainnya? Jangan takut kalah. Buatlah usaha penjualan tiket untuk lokasi-lokasi transportasi ke daerah-daerah yang belum terjangkau oleh aplikasi ticketing yang sudah ada. Atau Anda pun bisa sekaligus menjual tiket masuk wahana wisata secara online, sehingga wisatawan tidak perlu antri lama-lama di loket untuk membeli tiket masuk.

PROMO DROPSHIPAJA 99K

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here