Menjadi seorang pengusaha biasanya lekat dengan kata-kata sifat seperti penuh dedikasi, punya passion yang tinggi dan seseorang yang optimis. Ya, sifat-sifat tersebut memang penting untuk dimiliki oleh seorang pengusaha tapi bukan berarti orang yang pesimis nggak bisa sukses jadi pengusaha. Justru orang pesimis akan melihat suatu masalah dari banyak sisi untuk menemukan titik lemahnya kemudian menyiapkan rencana-rencana cadangan untuk mengantisipasi masalah itu.

Semua orang memang boleh jadi pengusaha mandiri, tapi nggak semua orang punya apa yang dibutuhkan untuk menjadi seorang pengusaha. Berikut ini adalah beberapa tanda atau sifat pada manusia yang wajib dimiliki oleh seorang pengusaha. Anda yang ingin punya usaha sendiri mulailah menyiapkan checklist mana saja yang sudah ada pada diri Anda dan mana yang harus dimunculkan. Sedangkan Anda yang punya semua tanda sifat di bawah ini atau sebagian besarnya tapi belum jadi pengusaha, mungkin sudah saatnya Anda membelokkan jalur karir Anda

1. Aksi, aksi, dan aksi!

Menghabiskan banyak waktu berkutat dengan rencana bisnis dan membuatnya terlihat seindah mungkin akan menguras tenaga Anda. Kunci dari keberhasilan seorang pengusaha adalah berada di luar sana dan menjalankan bisnisnya, bukannya hanya menganalisa ini itu tanpa ada aksi berarti yang dilakukan. Anda mungkin banyak mempelajari teori tentang bisnis dari berbagai macam buku tapi pelajaran yang paling berharga adalah pengalaman yang Anda dapatkan selama menjalankan bisnis, bukan dengan membaca buku saja.

2. Punya ketakutan

Pengusaha bisa jadi dicap sebagai orang yang ambisius dan tanpa takut padahal kalau Anda lihat dari dekat, emosi itu sebenarnya didasarkan pada perasaan takut atau insecure. Setiap orang pasti punya ketakutan akan kegagalan, bedanya pada seorang pengusaha adalah perasaan ini kemudian digunakan untuk melakukan apa saja agar targetnya tercapai dan tingkat fokusnya jadi lebih tinggi dibanding pengusaha yang aman ada di zona nyaman.

3. Banyak akalnya

Anda selalu berada dalam situasi di mana semuanya seperti berjalan seperti yang Anda inginkan? Mungkin Anda pernah mendapati diri Anda bisa bertahan hidup di tengah hutan ketika tersesat saat mendaki gunung bersama dengan teman-teman? Meski Anda nggak pernah mengalami kejadian ekstrim seperti itu, poinnya adalah banyak akal merupakan salah satu sifat yang penting bagi seorang pengusaha. Karena dalam berbisnis pasti ada saat-saat di mana sumber daya yang dimiliki nggak ideal dengan yang dibutuhkan tapi mau nggak mau Anda harus bisa memanfaatkan apa yang Anda miliki.

4. Mending minta maaf daripada minta ijin

Ungkapan itu mungkin adalah ungkapan yang pas untuk menggambarkan perilaku Anda dalam banyak kesempatan. Nyatanya, seorang pengusaha sejati seharusnya nggak pernah puas dengan status quo dan selalu mengambil kesempatan yang menurutnya bisa memberikan pengaruh terbaik bagi usahanya. Ada resiko? Jelas. Tapi itulah pola pikir para pengusaha karena mereka yang selalu berurusan dengan resiko artinya adalah mereka yang aktif dalam mengejar peluang untuk pengembangan diri maupun bisnisnya.

Baca juga : Siapkah Anda Untuk Sukses? Karena Biasanya 7 Hal Ini Harus Anda Korbankan Terlebih Dahulu

5. Mudah beradaptasi

Sifat pengusaha yang bisa jadi kekuatan Anda selanjutnya adalah mudahnya Anda beradaptasi terhadap lingkungan sekitar dan terbuka terhadap perubahan. Banyak pengusaha yang tutup buku karena gagal melihat adanya hal-hal yang harus diubah untuk menyesuaikan dengan feedback pasar (atau menolak untuk mengubahnya). Padahal, untuk bisa meningkatkan penjualan tentunya produk yang Anda tawarkan harus bisa memenuhi kebutuhan dan menjadi solusi bagi konsumen yang seringkali trennya berubah-ubah.

bisnis online bersama alona belajar bisnis online gratis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here