“Kenapa sih bisnis itu perlu diukur?”

“Kenapa sih kita harus bisa membaca data yang disajikan Facebook Ads?”

“Kenapa sih kita harus sering-sering ngecek iklan supaya tahu berapa yang lihat iklan dan berapa yang order?”

“Kenapa sih kita harus repot-repot menganalisa jumlah penjualan produk setiap bulan?”

Intinya … “Kenapa sih bisnis itu harus ribet diukur dan dihitung? Kan asal kita bisa jualan dan laku keras saja sudah bagus?”

Memang, salah satu indikasi bisnis Anda bagus adalah penjualan yang laku keras. Tapi Anda harus tetap melakukan pengukuran-pengukuran pada setiap aspek bisnis Anda. If you can’t measure it, how can you scale it up? Jika Anda tidak bisa mengukurnya, bagaimana Anda bisa melakukan scale up dan membesarkan bisnis Anda?

Misalnya nih, Anda kepengen banget di penghujung tahun punya profit bersih 10 juta sebulan. Anda tentu akan membuat perencanaan, supaya bisa dapat profit segitu maka di bulan-bulan terakhir penjualan harus laku sekian puluh juta dalam sebulan. Supaya penjualannya mencapai angka yang Anda rencanakan, Anda harus beriklan dengan budget sekian dan iklan Anda harus dilihat oleh jumlah orang sekian supaya konversi meningkat.

Di sana nantinya Anda akan menetapkan ukuran. Berapa jumlah penjualan yang harus tercapai, berapa budget marketing yang harus dikeluarkan, dsb. Jika hasilnya masih melenceng dari ukuran yang sudah Anda tetapkan, maka Anda harus evaluasi atau mengambil strategi lain.

Coba bayangkan jika ukuran-ukuran di atas tidak Anda buat. Tentunya Anda akan terombang-ambing saat menjalankan bisnis. Dapat penjualan banyak ya syukur, sedikit juga nggak masalah. Kalau begini terus, kapan bisnisnya bisa besar?

Karenanya Facebook Ads menyajikan banyak data saat beriklan, seperti usia, gender, jumlah orang yang klik iklan kita, jumlah orang yang komen, termasuk jumlah orang yang order. Dan kita wajib untuk menguasainya. Karena data-data tersebut juga membantu kita dalam mengukur seberapa bagus kinerja bisnis kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here