Jika Anda berbisnis, tak peduli siapa pelanggan Anda, maka penting bagi Anda untuk memberikan kesan pertama yang baik. Entah itu pelanggan Anda adalah anak sekolah, ibu-ibu, atau pemilik perusahaan besar sekalipun.

Kesan pertama yang baik bisa membekas di benak konsumen, dan itu bisa membuat mereka untuk order kembali ke Anda dan mereka bisa naik level menjadi pelanggan. Sedangkan, kesan pertama yang jelek, bisa membuat customer lari atau bahkan kapok order barang di Anda.

Bagaimana trik memberikan kesan pertama yang baik?

1) BERPAKAIAN RAPI DAN TERSENYUM RAMAH

Ketika pertama kali bertemu calon customer Anda, berpakaianlah sepantasnya yang rapi. Jangan lupa untuk selalu memberikan senyum yang ramah dan tulus kepada customer Anda selama berbicara. Ada trik ampuh untuk memenangkan perhatian customer : pujilah penampilan mereka atau pujilah apa yang mereka miliki. Orang sangat senang bila dipuji. Dan mereka gampang sekali mengingat orang yang pernah mengapresiasi mereka.Tentunya ketika memuji, berikan apresiasi yang tulus. Sehingga tidak terkesan kaku atau dibuat-buat.

2) JAGA KONTAK MATA SAAT BERBICARA

Saat berbicara, jangan pernah sekalipun mengalihkan pandangan dari customer Anda. Perhatikan wajah customer Anda saat ia berbicara. Tetap menjaga kontak mata dengan customer menandakan Anda memberikan perhatian penuh kepada mereka. Berikan pandangan yang hangat dan antusias, maka customer akan merasa nyaman berbicara dengan Anda.

3) PERHATIKAN EKSPRESI CUSTOMER ANDA

Ketika berkomunikasi dengan customer terkadang mereka tidak bisa mengungkapkan apa yang mereka rasakan dengan kata-kata. Misalnya, ketika customer bingung dengan pilihan produk tetapi sungkan untuk bertanya lebih lanjut.

Biasanya mereka akan diam saja. Tapi ekspresi wajahnya bisa menunjukkan kalau mereka kebingungan. Tugas Anda adalah memancing customer untuk menanyakan atau mengutarakan kebingungan mereka agar bisa Anda bantu. Itulah kenapa Anda harus tetap memperhatikan ekspresi customer Anda. Tak hanya itu, bisa menebak pikiran customer lewat ekspresi bisa jadi poin plus bagi Anda.

4) AJAK CUSTOMER ANDA BERCANDA UNTUK INTERMEZZO (SELINGAN)

Supaya pembicaraan tidak garing dan customer nyaman, sesekali ajak ia bercanda. Gunakan candaan-candaan ringan supaya mereka tidak merasa dijualin terus. Bagaimana jika Anda tidak berbakat humor? Mulai sekarang, belajarlah untuk sedikit humoris agar orang lain senang berada dekat-dekat dengan Anda. (Oh ya, manusia cenderung mendekati orang lain yang lucu loh.)

5) JANGAN MENDOMINASI

Ketika berbicara dengan customer, jangan mendominasi percakapan. Beri kesempatan kepada customer untuk berbicara dan mengutarakan unek-unek dan keinginan mereka. Baru setelah mereka selesai bicara, giliran Anda untuk menjawab dan menerangkan.

6) BERIKAN KEJUTAN UNTUK ORDER PERTAMANYA

Jangan pelit hadiah kepada customer. Jika mereka pelanggan pertama Anda, tak ada salahnya memberikan mereka bonus, hadiah, atau diskon untuk order pertama mereka. Berikan mereka kejutan agar mereka merasa sangat dihargai dan mau order lagi ke Anda.

Jika Anda ingin berhasil, sebaiknya 6 poin di atas Anda praktekkan secara bersamaan dan lengkap. Lalu cek dan rasakan hasilnya.

Biasanya jika keenam poin tersebut dilaksanakan semua, customer yang semula bermaksud hanya order sekali saja, bisa-bisa besok ia akan kembali order ke Anda. Bukan karena melulu butuh barangnya, tapi karena tertarik dengan pelayanan Anda. Minimal, jika mereka tidak repeat order pun, mereka akan merekomendasikan toko atau bisnis Anda ke teman-teman mereka.

- WEBINAR GRATIS : ALONA PRESENTS
Jualan di Instagram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here