Tampilan konten di sosial media semakin beragam berkat kreatifitas para pengguna

Ada yang bikin konten dengan foto vektor, foto yang penuh filter, foto OOTD (Outfit Of The Day), street photography dan lainnya

Ada juga konten video, video juga banyak macamnya, tapi yang lagi heboh di dunia per-sosial media adalah video dance + musik dari aplikasi ini

Siapa yang gak kenal sama sosial media satu ini?

Yups, Tik Tok adalah aplikasi yang memungkinkan kita merekam sesuatu dengan memasukkan lagu atau filter tambahan untuk memperindah hasil video tersebut

Video pendek Tik Tok yang berdurasi 15-60 detik punya banyak peminat, bahkan Anda bisa melihat hasil video TIk Tok di beranda atau pencarian sosial media lainnya

Pengguna bukan hanya dapat membuat video, Pengguna secara pasif dapat menelusuri hasil video Tik Tok pengguna lain di feed.

Jadi pengguna dapat menonton konten pengguna lain tanpa ikut berkontribusi membuat video.

Sebagian besar pengguna Tik Tok berusia antara 16 dan 24 tahun.

Ketenaran Tik Tok ini dimanfaatkan oleh pebisnis untuk pemasaran bisnis onlinenya, sehingga semakin luas lagi mereka untuk promosi produk jualannya

Dari data Hootsuite, ada sekitar 800 juta pengguna aktif Tik Tok setiap bulannya

Dari data ini, Anda bisa saja meraup keuntungan jika memasang iklan di Tik Tok

Jadi gak ada salahnya kalau Anda lebih memanfaatkan aplikasi ini untuk keuntungan bisnis daripada cuma buat hiburan semata

Sekarang giliran Anda untuk beriklan di Tik Tok, caranya:

#1. Buat akun TIk Tok Anda

Kalau Anda belum punya akun untuk ngiklan di Tik Tok, Anda bisa mendaftar di akun Tik Tok Ads

Klik tombol Get Started yang bawah untuk kalian yang belum punya akun Tik Tok dan pojok kanan atas untuk Anda yang sudah punya akun Tik Tok (yang dilingkari merah tersebut)

Nanti akan dialihkan ke halaman Tik Tok Ads Manager,

Tampilan Tik Tok Ads Manager bagi yang sudah punya akun langsung di suruh log in

Kalau belum punya akun Tik Tok, Anda akan disuruh mengisi Negara dan pilih tujuan akun untuk bisnis atau pribadi

Lalu klik Next untuk ke halaman selanjutnya, yaitu pengisian email dan password

Setelah klik send codenya Anda akan menerima email berupa kode verifikasi dari Tik Tok Ads

Setelah data terisi dan sudah benar, klik Sign Up yang tombol biru dan tunggu konfirmasi email dari Tik Tok. Biasanya akan butuh waktu maksimal 48 jam untuk mendapatkan konfirmasi.

#2. Buat Tik Tok campaign

Tampilan berikutnya akan seperti ini

Anda harus mengisi nama akunya, mata uang, nomor telepon, dan apakah Anda bekerja di bawah agensi

Kalau sudah centang kotak putih di bawah ketentuan iklan Tik Tok, lalu klik Register

Setelah membuat akun Tik Tok Ads, di bagian dashboard yang atas akan ada beberapa menu

Klik campaign, lalu klik create untuk bikin iklan baru

Selanjutnya, dibagian bawah pilih tujuan iklan Anda, yang merupakan tujuan utama iklan Anda. 

Bagian ini ada tiga pilihan : Traffic, Konversi, dan Pemasangan Aplikasi.

Scroll lagi ke bawah, Anda disuruh setting nama campaign dan budget iklan

Untuk budget iklan ada minimalnya, dari 500.000 and 1.000.000.0000, dan bisa di atur mau daily atau lifetime


#3. Atur penempatan, detail, dan iklan Tik Tok Ads

Selanjutnya, Anda harus Ad Group – Ad Group Name

Di Bagian bawah, Anda dapat menetapkan sendiri iklan Tik Tok ini akan muncul di platform mana saja, pakai satu platform atau lebih untuk menjalankan iklannya

Ada juga opsi untuk penempatan otomatis, jadi Tik Tok sendiri yang menentukan di mana iklan Anda akan berkinerja terbaik dan menempatkannya di sana.

Kalau sudah, waktunya sekarang untuk memasukan detail iklan yang diperlukan seperti URL, nama tampilan/judul, 

Lalu masukkan gambar, kategori yang relevan, aktifkan komentar (untuk berinteraksi dengan audience) dan aktifkan fitur download (pengguna lain bisa mendownload konten Anda)

Anda bisa pilih Tags sampai 20 kata kunci untuk di pakai di deskripsi situs web atau aplikasi, tapi harus dipastikan kalau kata kunci itu cocok dengan produk dan audiens Anda

Bagian penargetan, Anda bisa menentukan target audience untuk iklan Anda, seperti lokasi, usia, jenis kelamin, bahasa, minat, perangkat, dan lainnya

#4. Kontrol pengeluaran biaya iklan, durasi dan tujuan iklan Tik Tok

Sekarang Anda siap memilih anggaran, jadwal, dan sasaran untuk iklan TikTok Anda.

Tetapkan Anggaran dan Jadwalkan 

Anda bisa pilih anggaran harian (jumlah pengeluaran setiap hari) atau anggaran total (jumlah total yang ingin Anda keluarkan selama durasi jadwal)

Perhatikan, bahwa ada minimum untuk anggaran harian dan anggaran total di tingkat grup iklan. 

Tapi sekarang ada pembaharuan, di beberapa negara terdapat anggaran tidak boleh lebih dari 200.000. 

Lalu masukkan biaya bid atau biaya penawaran per click

Noted: biaya bid tidak boleh lebih dari 30.000

#5. Desain iklan Tik Tok dengan aplikasi bawaan yang ada

Yang menarik dari Tik Tok sehingga banyak peminatnya adalah alat Video Creation Kit, yang menyediakan template video dan gambar, dan dilengkapi dengan 300+ opsi untuk musik latar secara gratis

Anda juga bisa pilih mau kontennya seperti apa, video atau foto

#6. Anda akan diminta untuk mengisi informasi penagihan/billing

Di Bagian ini Anda diminta untuk mengisi lengkap mengenai informasi bisnis Anda, pastikan datanya sudah benar sebelum lanjut ke step selanjutnya

Di bawahnya ada pengisian Contact Information, Tax  Information, dan Payment Type

#7. Langkah terakhir, yaitu Payment atau bayaran

Disini Anda mengetahui berapa jumlah saldo yang sudah terkumpul dari iklan yang sudah Anda publish 

Jadi sekarang Anda bisa lebih memanfaatkan lagi sosial media satu ini, gak cuma buat ajang hiburan semata, tapi membantu Anda untuk perluas pemasaran bisnis online

Karena semakin banyak sosial media yang Anda kuasai, kemungkinan Anda bisa menambah audience atau followers sehingga semakin banyak yang kenal dengan produk jualan Anda

Sekarang, giliran Anda untuk promosikan produk bisnis online dengan pakai Tik Tok Ads


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here