Kalian sudah punya bisnis sendiri, baik kecil-kecilan atau bahkan besar? Bergerak di bidang apa saja itu, pastinya membutuhkan strategi pemasaran atau promosi yang baik. Hal ini dikarenakan promosi menentukan seberapa sukses dan banyaknya pembeli yang tertarik pada produk kalian.

Lalu bagaimanakah caranya agar kegiatan tersebut bisa berhasil? Ada banyak sekali cara yang dapat ditempuh, salah satunya memanfaatkan media sosial Instagram.  Ya, media yang satu ini memang sepertinya sudah jadi andalan masyarakat, terutama para pebisnis online. Mereka yang berpikiran inovatif pasti akan memaksimalkan penggunaan Instagram untuk keperluan promosi bisnisnya.

Kelebihan Promosi Lewat Instagram 

Terdapat banyak sekali jenis media sosial yang dapat kalian pakai, contohnya Facebook, Twitter, Path, dll. Akan tetapi, media sosial Instagram punya kelebihan yaitu lebih fokus pada presentasi barang atau produknya. Ini dikarenakan pada Instagram banyak mempresentasikan gambar dan juga video lebih detail. Masyarakat lebih senang membeli produk yang ditawarkan secara jelas dalam bentuk gambar. Selain itu, sekarang ini penggunanya juga semakin bertambah sehingga makin populer. Dengan begitu kalian mendapatkan kesempatan besar dalam mengenalkan bisnis.

Hal-Hal Penting dalam Instagram

Meskipun popularitas media sosial Instagram sangat bagus, tetapi kalian juga tetap memperhatikan banyak hal. Percuma saja rajin promosi tetapi masyarakat tidak tau atau tertarik membeli produk yang dijual. Sama saja kalian akan mendapatkan kerugian karena penjualan semakin menurun. Perlu taktik dan strategi tersendiri dalam mengelola Instagram agar lebih maksimal. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Nama Akun Instagram

Di instagram banyak orang mencari produk atau jasa melalui kolom pencarian, dan saat orang mengetikan kata kunci maka akan keluar nama akun dan hashtag yang berkaitan dengan kata kunci.

Jangan pernah sepelekan dalam pemilihan nama akun pada Instagram kalian. Alasan utamanya adalah karena nama merupakan identitas dari bisnis itu sendiri. Yang pertama kali akan dilihat, didengar dan diketahui masyarakat adalah nama akun terlebih dahulu. Jika terdengar menarik, unik, mudah diucapkan apalagi diingat maka bisa mempermudah bisnis dikenal oleh masyarakat luas. Usahakan tidak hanya menggunakan nama-nama unik tetapi juga relevan terhadap jenis bisnis kalian.

Oleh karena itu, sangat disarankan Anda untuk membuat nama akun sesuai dengan nama produk atau jasa Anda. Contoh:

@BuatCaseHandphone
@CustomCaseGadget
@CustomCaseSatuan
@BuatKaosSatuan
@BuatCaseCustom

Nama akun Anda disesuaikan dengan kata kunci yang sesuai dengan produk Anda. Dalam hal ini posisikan diri Anda sebagai calon pembeli.

Walaupun begitu anda juga bisa tetap menggunakan nama brand anda untuk akun instagram agar nama brand anda terangkat juga. Tapi tetap buat nama akun sesuai nama produk atau jasa, agar mudah ditemukan.

2. Pasang Deskripsi Profil

Setelah memilih nama akun yang tepat, selanjutnya buat juga deskripsi mengenai bisnis. Hal ini akan mempermudah masyarakat mengenai produk apa yang dijual, kontak penjual, sistem transaksi, metode pembayaran dan masih banyak lagi. Jangan pula gunakan kalimat panjang dan terlalu bertele-tele. Cantumkan saja beberapa informasi yang sekiranya penting.

3.Berikan Caption Menarik

Hal penting lainnya pada media sosial Instagram adalah caption atau deskripsi singkat tiap gambar dan video yang diposting. Jangan biarkan kalian mengupload gambar gundul alias tidak memiliki deskripsi atau keterangan. Meskipun sudah sangat jelas kalau kalian menjual pakaian wanita, hijab, atau aksesoris. Tetapi usahakan memberikan keterangan di bawahnya antara lain harga, ukuran, jenis bahan dan sebagainya.

Baca juga: Cara Membuat Caption di Instagram Agar Engagement Meningkat

4. Hashtag Agar Cepat Terkenal

Hashtag merupakan hal kecil namun sering dianggap remeh oleh kebanyakan pebisnis. Mereka hanya fokus pada kualitas gambar dan video serta isi deskripsi postingan Instagram. Padahal hashtag disini dapat membuat produk dan bisnis kalian cepat dikenal luas. Caranya adalah dengan memberikan tag atau hashtag berupa kata-kata yang relevan. Misalnya kalian menjual keripik pedas maka bisa gunakan kata: #keripik #pedas #enak #keripikmurah #keripikenak dan masih banyak lagi.

Carilah minimal 20 hashtag yang berkaitan dengan produk Anda dan sisipkan ke dalam setiap postingan foto produk Anda. Riset hashtag ini sangat mudah, cukup ketikkan di kolom pencarian #customcase misalnya.

Maka akan keluar banyak hashtag yang berkaitan, gunakan hashtag2 tersebut untuk disisipkan ke dalam caption postingan foto Anda.

5. Follow & Unfollow 

Carilah kompetitor yang memiliki niche market sama seperti niche market Anda dan lakukan follow masal kepada followers mereka. Orang yang tertarik dengan produk Anda akan otomatis follow back.

Tapi lakukan dengan pelan-pelan saja, sehari cukup follow 100 orang agar aman dari banned instagram. Jika following Anda sudah mencapai angka 1000, lakukan unfollow massal hehehe….

Baca juga: Cara Mendapatkan Followers banyak di Instagram Real Paling Efektif

6. IG Story 

Manfaatkan IG story untuk promo produk baru atau update testimoni, karena IG story merupakan salah satu cara agar bisnis Anda eksis terus di Instagram.

Kalau dilihat memang media sosial Instagram sangat praktis dan memberikan banyak keuntungan, terutama untuk mempromosikan produk bisnis. Akan tetapi kalian harus tau bagaimana taktik yang benar. Jangan sampai hanya fokus pada kualitas gambar barang tetapi juga perhatikan nama akun, deskripsi profil, caption, dan juga hashtag relevan. Semua hal-hal di atas mampu mempengaruhi sukses tidaknya bisnis online di Instagram.

Baca juga: Manfaat Fitur Insta Story Untuk Meningkatkan Penjualan Online Shop! 

dan 7 Strategi Memanfaatkan Fitur Instagram Story Untuk Bisnis Anda

- WEBINAR GRATIS : ALONA PRESENTS
Jualan di Instagram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here