Cara Berjualan di Tokopedia – Ketika Anda memiliki bisnis dan memilih bergabung dengan sebuah platform e-commerce seperti Tokopedia, pastikan Anda memahami beragam tips berjualan di Tokopedia agar barang yang Anda tawarkan laku terjual.

1. Perjelas identitas sebagai seller

Jika Anda ingin membangun toko yang berkualitas dan dipercaya oleh konsumen, jangan menggunakan identitas orang lain atau toko lain. Gunakanlah identitas asli toko Anda dengan memasang jargon dan logo jelas. Dengan identitas yang jelas, Anda bisa mendapatkan pelanggan yang setia dengan toko Anda.

2. Buat deskripsi penjual yang jelas

Ketika Anda ingin mendapatkan konsumen yang membeli produk tanpa banyak komplain, berikan deskripsi tentang toko yang dibangun di Tokopedia. Misalnya saja, Anda menjual produk makanan, maka Anda bisa membuat logo yang berhubungan dengan makanan, kemudian melengkapinya dengan latar belakang mengapa Anda menjual makanan tersebut dan apa keistimewaan makanan tersebut dibandingkan produk makanan yang lain.

3. Gunakan jasa pengiriman lebih dari satu

Jika Anda ingin mendapatkan banyak pelanggan, tidak ada salahnya menggunakan jasa pengiriman lebih dari satu. Jasa pengiriman dengan kredibilitas yang baik juga akan meningkatkan kepercayaan konsumen pada diri Anda. Namun demikian, agar Anda tidak rugi di kemudian hari, perhatikan terlebih dahulu track record penyedia jasa pengiriman yang ingin Anda ajak kerjasama.

4. Susun katalog dan fitur etalase dengan baik

Ketika Anda ingin mendapatkan pelanggan dan menjadi salah satu merchant yang dipercaya di Tokopedia, pastikan Anda menyusun katalog dan fitur etalase toko dengan baik. Pastikan fitur yang Anda miliki memudahkan konsumen untuk mengetahui deskripsi dan keistimewaan barang yang diinginkannya.

5. Berikan deskripsi produk sejelas mungkin

Saat Anda bergabung kedalam Tokopedia dan menjadi salah satu pemilik merchant, pastikan Anda membuat deskripsi yang jelas tentang produk. Anda bisa membuat deskripsi ukuran, varian rasa, komposisi makanan, atau detail lainnya. Makin detail dan jelas deskripsi yang diberikan, makin banyak konsumen yang mau mencoba produk dan berlangganan di toko Anda.

6. Update informasi berkala

Ketika Anda memiliki produk lebih dari satu yang dijual melalui Tokopedia, jangan lupa untuk mengupdatenya secara berkala. Update ini bisa berkaitan dengan jumlah stok dan kualitas barang. Update yang dilakukan secara berkala bisa membantu pelanggan yang senang membeli produk di tempat Anda untuk mengetahui informasi terbaru dan melihat varian terbaru produk yang tersedia.

7. Fast response

Konsumen pasti akan lebih memilih toko yang fast response daripada slow response. Hal inilah yang harus Anda pahami sebagai pemilik merchant dan usahakan Anda memiliki team customer service yang bisa melayani permintaan maupun komplain pelanggan secara cepat.

8. Berikan diskon

Jangan selalu memperhatikan untung rugi saat menjual barang. Sesekali Anda bisa memanjakan konsumen dengan memberikan diskon. Hal ini bisa dilakukan setelah Anda melakukan survey tentang harga produk serupa di pasaran. Dengan mengetahui teknik tentang penerapan sistem diskon, barang yang dijual bisa laku lebih cepat.

9. Bergabung menjadi gold merchant

Di Tokopedia, salah satu tips berjualan di Tokopedia yang bisa dicoba adalah bergabung menjadi Gold Merchant. Sebagai tenant yang masuk dalam kategori Gold Merchant ini banyak fitur yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kepercayaan calon konsumen.

10. Menjual produk yang sedang booming

Jika Anda ingin mendapatkan konsumen, tidak ada salahnya untuk menjual produk yang sedang booming. Jika harga produk yang dijual ternyata lebih murah dari toko lain dan kualitasnya lebih baik, secara tidak langsung konsumen akan lebih memilih toko Anda.

Baca juga:

3 Rahasia Penting Jualan di Tokopedia Supaya Laris Manis 

Tips cara jualan di tokopedia dengan mudah dan cepat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here