Ingin membuka bisnis tapi terkendala modal? Tidak usah takut, karena Anda tidak perlu mengeluarkan modal sendiri. Anda bisa melakukan cara-cara berikut ini untuk mendapatkan modal bagi bisnis Anda :

1) JUAL ATAU JAMINKAN ASET YANG ANDA MILIKI

Jika Anda memiliki beberapa asset yang bisa dijual atau diuangkan, Anda bisa memanfaatkannya salah satu. Jika Anda tidak sampai hati menjualnya, Anda bisa datang ke bank dan meminta pinjaman dengan jaminan asset Anda. Saat ini banyak bank yang memberikan pinjaman dengan bunga murah, rata-rata 9-14% per tahun.

2) GUNAKAN UANG TABUNGAN

Anda juga bisa memiliki modal dengan menggunakan uang tabungan Anda.  Jika Anda menggunakan uang tabungan Anda sebagai modal, pastikan Anda menggunakannya untuk berbisnis di ranah yang tepat. Sehingga uang yang Anda keluarkan bisa menghasilkan keuntungan.

3) PINJAM UANG KE TEMAN / KELUARGA

Jika Anda memiliki teman atau keluarga dengan uang berlebih, Anda bisa meminjam uang ke mereka. Tapi usahakan agar Anda tetap menjaga kredibilitas Anda di depan teman dan keluarga Anda. Usahakan mengembalikan uang mereka dengan tepat waktu meskipun mereka tidak menetapkan jangka waktu pengembalian.

4) AJAK TEMAN YANG KAYA UNTUK MENJADI INVESTOR

Jika Anda ingin meminimalisir resiko, Anda bisa mengajak teman Anda yang berlebih uangnya untuk berinvestasi di bisnis Anda. Tawarkan mereka sistem bagi hasil atas profit usaha Anda. Jadi ketika bisnis Anda belum balik modal, Anda tidak perlu pusing mengembalikan uang investor. Anda cukup berbagi keuntungan dengan investor setelah bisnis Anda menghasilkan profit.

5) BUAT IDE BISNIS YANG BENAR DAN POTENSIAL, LALU JUAL

Jika Anda tidak memiliki uang sepeser pun sebagai modal, saatnya memanfaatkan kemampuan business plan dan pitching (presentasi bisnis) Anda. Buat sebuah ide bisnis yang menarik, profitable, lalu presentasikan ke orang-orang yang sekiranya akan tertarik dengan bisnis Anda. Mintalah mereka untuk membeli ide bisnis Anda. Setelah dibeli, Anda bisa pergunakan uangnya untuk memodali ide bisnis Anda yang lain.

6) BERBISNIS ONLINE DENGAN SISTEM DROPSHIP

Bisnis online dengan sistem dropship sedang digemari banyak orang saat ini. Karena Anda nyaris tidak mengeluarkan uang untuk memasarkan produk orang lain. Sedangkan Anda sendiri bisa mendapatkan keuntungan dari produk-produk yang Anda jual dari supplier, meskipun Anda tidak nyetok atau tidak pegang barangnya langsung.

Usahakan untuk mencari supplier yang harganya bisa Anda naikkan hingga 100%, jadi Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan meskipun hanya dari bisnis dropship saja.

7) SISIHKAN 30% DARI PENGHASILAN UNTUK MENABUNG

Anda berniat menjadi entrepreneur tapi masih berstatus sebagaiu karyawan? Mulai sekarang, sisihkan 30% dari gaji Anda untuk ditabung. Tabungan Anda nantinya bisa Anda gunakan sebagai modal bisnis.

Contohnya saja jika gaji Anda saat ini Rp 3.500.000, Anda tabung sejumlah Rp 1.050.000 setiap bulannya. Dalam 1 tahun saja, Anda sudah berhasil mengumpulkan modal Rp 12.600.000. Jumlah yang banyak, bukan?

8) GUNAKAN KARTU KREDIT ANDA

Jika Anda adalah nasabah kartu kredit dengan limit cukup tinggi, Anda bisa gunakan kartu kredit tersebut untuk modal usaha. Caranya? Anda tarik tunai uang Anda dari kartu kredit (gesek tunai) di tempat-tempat yang menyediakan jasa tersebut. Uang ini kemudian bisa Anda putar kembali untuk modal.

Setiap bulannya, Anda cukup membayar cicilan kepada bank penyedia layanan kartu kredit dengan bunga 2.5%. Tapi sebaiknya, opsi menggunakan kartu kredit ini Anda tempatkan dalam pilihan terakhir, karena resiko dan bunganya cukup tinggi.

Mentoring Online Gratis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here