Memilih suplier yang tepat untuk bisnis dropship adalah sebuah hal penting. Jika suplier Anda bermasalah, Anda yang akan bertanggung jawab untuk menyelesaikannya dengan pelanggan Anda, bukan urusan mereka. Apakah Anda ingin memastikan bahwa Anda telah memilih seseorang yang benar untuk bekerjasama dengan bisnis dropship Anda.

Apa yang membuat suplier memiliki reputasi dropship bagus?

Tidak semua orang yang menjalankan dropship memahami metode dropshipping. Namun, ada beberapa cara untuk menemukan jarum dalam tumpukkan jerami. Sebelum kita membahas bagaimana menemukan dropshipper Anda, mari kita lihat seperti apa kriteria suplier yang bagus.

1 . Tenaga penjualan yang berpengalaman dan bermanfaat

Satu hal yang saya cari secara pribadi dalam memilih suplier untuk dropship adalah yang bisa mewakilkan penjualan yang baik. Saya ingin memastikan bahwa saya dapat menghubungi mereka dan menjawab pertanyaan saya secepat mungkin, dan mereka bisa memberikan saya solusi untuk menangani masalah yang sedang saya hadapi.

Meskipun itu adalah kriteria idaman suplier yang saya cari, pada kenyataanya tidak ada suplier yang bagus seutuhnya dan akan ada pertanyaan yang tidak dapat mereka jawab dengan benar. Namun nantinya mereka harus bersedia untuk segera menemukan jawaban yang tepat untuk masalah yang Anda hadapi dengan pelanggan dan kembali kepada Anda pada waktu yang tepat.

2. Tidak mengenakan biaya per-order yang besar

Beberapa suplier mengenakan biaya “per-order”. Ini adalah biaya yang mau tidak mau harus Anda bayar setiap kali Anda melakukan pemesanan dengan mereka. Memang masuk akal karena mereka harus meluangkan waktu dan sumber daya tambahan untuk mengemas dan mengirimkan pesanan untuk pelanggan Anda.

Namun, terkadang para suplier memanfaatkan biaya ini dan mengenakan biaya yang cukup keterlaluan. Mereka meminta biaya tambahan dengan kisaran dari Rp.5000 sampai Rp.15.000. Apakah ini biaya tambahan yang terlalu tinggi ? Tergantung pada margin keuntungan yang Anda hasilkan pada produk Anda.

Saran saya adalah melakukan perhitungan matematika dan melihat apakah Anda masih bisa menghasilkan keuntungan jika berhadapan dengan biaya per-order tinggi. Jika tidak, teruslah mencari.

3 . Pengiriman cepat (membuat pelanggan senang)

Jika suplier Anda memerlukan waktu lebih dari 24 jam untuk mengirimkan barang (paling lambat 2 hari), maka suplier tersebut bukan pilihan yang tepat untuk Anda. Dropshipping adalah pasar yang sangat kompetitif tidak ada ruang untuk proses pengiriman yang terlalu lama. Kompetisi akan mengalahkan Anda jika Anda terlalu lama.

Di sisi lain, jika Anda dapat menemukan suplier yang mengirim dropship dengan sangat cepat, Anda akan mendapatkan keunggulan kompetitif. Untuk menemukan perusahaan dropshipping terbaik, saya sarankan untuk melakukan tes sebelum Anda membuat pilihan akhir Anda.

4. Kualitas produk (tingkat pengembalian yang lebih rendah)

Seperti yang telah kita bahas diatas pada bagian tentang menemukan produk untuk dropship, menemukan dropshippers terbaik berarti menemukan dropshippers yang menjual produk terbaik.

Menjual produk berkualitas tinggi seperti:

  • Kepuasan pelanggan lebih tinggi
  • Lebih banyak rujukan dari mulut ke mulut
  • Sedikit keuntungan
  • Ulasan produk yang lebih baik

Saya bahkan tidak bisa memikirkan kelemahan untuk menjual produk berkualitas, selain margin yang mungkin lebih rendah. Namun, keuntungan di atas akan berarti lebih banyak keuntungan untuk bisnis Anda dari waktu ke waktu daripada yang bisa Anda dapatkan dari penjualan produk dengan margin tinggi namun berkualitas rendah.

5. Diinvestasikan dalam teknologi

Teknologi terbaru dalam otomasi, efisiensi, dan skalabilitas akan semakin penting bagi Anda seiring pertumbuhan bisnis dropshipping Anda.

Beberapa tanda bahwa dropshipper diinvestasikan dalam teknologi meliputi:

  • Sebuah situs web rinci dengan deskripsi produk lengkap
  • Umpan data inventaris untuk memperbarui daftar produk Anda secara otomatis
  • Pilihan untuk menempatkan dan membatalkan pesanan di situs mereka dan melalui email

Tentu saja, tidak semua perusahaan dropshipping akan memiliki fitur canggih ini. Jangan menghitungnya hanya karena mereka tidak memiliki situs web yang indah-ingatlah hal-hal ini selama pencarian Anda.

6. Produk Brand

Di bagian menemukan produk untuk dropship, saya berbicara tentang bagaimana menjual produk brand mungkin merupakan ide yang buruk. Hal ini berlaku untuk pemula.

Namun, saat Anda maju sebagai pemilik bisnis pengiriman dropship, ini mungkin kategori yang ingin Anda atasi. Jika Anda pikir akhirnya Anda ingin menjual produk brand, ini adalah faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih suplier.

Bagaimana menemukan suplier dropshipping yang bagus (yang dapat diandalkan dan terpercaya)

Sekarang Anda tahu apa yang harus dicari, tapi bagaimana Anda benar-benar menemukan suplier dropshipping yang bagus? Apakah ada metode langkah-demi-langkah yang harus diikuti?

Sebenarnya ada! Berikut adalah cara terbaik untuk menemukan suplier dropshipping yang andal dan terpercaya:

Google

Tentu saja, kapan pun kebutuhan untuk menemukan informasi muncul, sumber pertama yang kita kunjungi biasanya Google. Google adalah cara cepat untuk menemukan perusahaan dropshipping grosir, namun juga dilengkapi dengan risiko dan jatuhnya sendiri.

Cara termudah untuk menemukan dropshippers grosir di Google adalah dengan mencari “[Product] + dropship.”

Terdapat 88,200 hasil. Apa yang lebih baik? Anda bisa untuk menilai seberapa dapat dipercaya salah satu sumber ini. Anda harus memasukkan masing-masing dari mereka melalui proses pemeriksaan yang ketat.

Cara menghubungi Suplier pengirim barang Dropship

Setelah Anda membuat daftar kecil pedagang grosir atau produsen dropship pengiriman potensial, saatnya untuk menghubungi mereka untuk mengetahui apakah mereka cocok.

Email dulu. Jauh lebih mudah mendapatkan informasi yang Anda butuhkan melalui email daripada telepon. Email akan memberi Anda semua informasi yang Anda butuhkan tanpa membuang waktu saat menunggu telepon menunggu.

Tindak lanjuti dengan sebuah panggilan. Setelah Anda mengirim email, tingkatkan peluang tanggapan Anda (dan pelajari lebih lanjut tentang seberapa bagus dukungan pendukungnya) dengan mengirimkan panggilan telepon tindak lanjut).

Apa yang harus Anda katakan pada dropshipper ?

Ketika Anda berpikir untuk mengirim email ke suplier atau menghubungi mereka, Anda mungkin bertanya-tanya apa yang akan disampaikan kepada mereka, bukan? Berikut adalah rekomendasi saya:

Bersiaplah dengan daftar pertanyaan. Kunci untuk menguatkan tekad Anda dan terdengar seperti profesional sedang dipersiapkan. Pertanyaan membantu Anda mempelajari lebih lanjut mengenai suplier Anda, lihat apakah cocok, dan menunjukkan bahwa Anda telah mengerjakan pekerjaan rumah Anda.

Berikut adalah 10 pertanyaan untuk ditanyakan:

  1. Apa syarat pembayarannya? Apakah mereka bisa dinegosiasikan

Ini adalah pertanyaan yang cukup mendasar. Ini akan membantu Anda melihat harga sebenarnya (harga yang tercantum di situs web mereka seringkali lebih tinggi daripada yang sebenarnya mereka bayar) dan mendapatkan kesepakatan terbaik.

  1. Apakah ada biaya selain biaya langsung produk?

Beberapa suplier mengenakan biaya pengiriman, biaya tambahan, biaya restocking untuk pengembalian, atau bea atas barang impor. Ada baiknya mengetahui apa yang Anda hadapi kedepan.

  1. Apakah anda menjual langsung?

Bukanlah hal yang biasa bagi suplier untuk menjual langsung kepada konsumen selain menjual layanan dropshipping. Anda harus tahu ini sebelum memilihnya karena jika jawabannya ya, Anda bersaing langsung dengan suplier Anda-yang bisa membuat segalanya menjadi sulit.

  1. Apa kebijakan pengembalian anda?

Terkadang pelanggan melakukan kesalahan dan memesan barang yang salah, dan terkadang suplier secara tidak sengaja mengirimkan barang yang salah. Ini akan terjadi dan mungkin Anda ingin tahu bagaimana suplier Anda akan menangani situasi ini.

  1. Berapa margin kotor yang saya harapkan?

Margin kotor adalah bisnis yang berbicara dengan jumlah uang yang Anda hasilkan setelah menjual sesuatu dikurangi biaya item untuk Anda (juga disebut marjin laba kotor). Bahkan jika Anda menetapkan harga Anda sendiri, suplier Anda harus dapat memberi tahu Anda apa yang dibuat penjual lain, rata-rata.

  1. Kapan harga bisa berubah?

Ini tidak biasa bagi suplier untuk memberi harga perubahan pada Anda entah dari mana. Pergeseran besar seperti ini dapat merugikan bisnis Anda, jadi penting untuk mengetahui kapan hal ini mungkin saja pernah terjadi sebelumnya.

  1. Apa jenis garansi atau garansi produk yang dimiliki?

Untuk menawarkan kepada pelanggan Anda kebijakan pengembalian yang bagus untuk produk yang tidak berfungsi, Anda perlu mengetahui jenis garansi yang diberikan suplier Anda.

  1. Dapatkah perwakilan layanan Anda menjawab pertanyaan produk saya?

Meskipun tidak 100% perlu, ada baiknya mengetahui seberapa berat Anda dapat mengandalkan suplier Anda untuk menjawab pertanyaan Anda tentang produk tersebut. Semakin rumit produknya, semakin penting hal ini.

  1. Apakah Anda memiliki data feed?

Ingat ketika saya menyebutkan feed data di bagian “diinvestasikan dalam teknologi”? Ada baiknya mengetahui apakah suplier Anda mendukung umpan data sehingga Anda dapat dengan mudah memperbarui toko Anda tanpa memasukkan informasi secara manual seperti kuantitas, deskripsi, gambar, dll.

  1. Bisakah anda membuat barang custom?

Bagian dari menjadi pemilik toko dalam jangka panjang adalah memperbaiki produk yang ada untuk memberi diri Anda keunggulan kompetitif. Jika Anda berencana membuat produk unik Anda sendiri, Anda memerlukan suplier atau produsen yang dapat menyesuaikan barang Anda.

Salah satu tips terakhir saat menghubungi suplier …

Jangan terlihat seperti seorang pemula.

Suplai dropshipping grosir dan bahkan produsen mencari orang-orang yang berada di dalamnya untuk permainan panjang. Entah Anda yakin akan menjalankan toko online Anda dalam 10 tahun atau tidak, Anda tetap ingin tampil seperti itu.

Jika Anda terdengar seperti pemula (misalnya Anda tidak tahu apa yang Anda bicarakan), suplier akan menagih Anda dengan harga lebih tinggi atau bahkan tidak merespons sama sekali. Saran terbaik saya untuk membunyikan profesional: gunakan template email, kerjakan pekerjaan rumah Anda, dan ajukan pertanyaan. Jika Anda melakukan hal-hal ini, Anda akan mendapatkan penawaran terbaik dan suplier terbaik.

Bagaimana cara menghindari penipuan dropshipping

Sayangnya, tidak semua dropshippers memiliki kepentingan terbaik dalam pikiran Anda. Tidak ada kekurangan orang di luar sana yang ingin mencuri uang Anda.

Namun, ada beberapa cara untuk melindungi diri Anda dan memastikan Anda tidak pernah scammed:

Menggunakan Dropshipaja .com

Jika Anda masih kurang yakin memilih suplier untuk menghindari penipuan maka Anda boleh menggunakan suplier Dropshipaja. Biaya gabung dropshipaja Rp.150.000 dengan masa aktif selamanya dan kami memiliki materi pembelajaran yang up to date untuk pemasaran produk, serta komunitas. Tapi, saya tidak akan mendorong Anda … banyak!

Carilah tanda peringatan

Ada beberapa bendera merah yang perlu diwaspadai saat mencari suplier dropshipping grosir:

Biaya bulanan atau iuran keanggotaan

Sementara beberapa suplier yang sah mengenakan biaya bulanan, beberapa hanya ingin mengambil uang Anda. Cara termudah untuk menghindari penipuan ini adalah untuk mengetahui mengapa mereka mengenakan biaya. Jika alasannya terdengar jujur, mungkin memang begitu.  Lakukan penelitianmu

Tidak menampilkan alamat

Setiap suplier terpercaya harus menampilkan sebuah alamat, sehingga apabila tidak menunjukkan alamat adalah kesalahan besar. Dropshipaja mencantumkan alamat tepat di halaman bawah website.

Langkah tindakan untuk menghindari kecurangan

Berikut adalah beberapa tindakan langsung yang dapat Anda lakukan untuk memeriksa setiap suplier dalam daftar pertimbangan Anda:

Periksa usia domain mereka

Nama domain usia baru kemungkinan berarti bisnis baru, yang (dalam hal suplier) sering berarti penipuan. Sebagian besar suplier telah melihat satu atau dua hal dan sekitar beberapa saat. Namun Anda dapat memeriksa usia domain dari situs web suplier lain menggunakan alat Domain Age Checker tool.

Cari nama dan “penipuan” atau “kecurangan” mereka di Google

Jika seseorang memiliki pengalaman buruk dengan suplier, mereka mungkin menulis tentang hal itu secara online. Cara termudah untuk menemukan tulisan-tulisan ini adalah dengan mencari “[Nama Suplier] + Penipu” di Google. Seringkali, jika suplier pernah melakukan penipuan, Anda akan segera tahu hasilnya.

Hubungi mereka

Salah satu cara tercepat dan paling sederhana untuk menemukan suplier yang tidak benar adalah dengan menghubungi mereka. Ajukan pertanyaan yang saya sampaikan di atas. Jika mereka gagap atau sulit menjawab, harus menuliskan beberapa list kurang. Dalam banyak kasus, nomor telepon bahkan tidak akan bekerja.

Cari alamat mereka

Jika alamat mereka tidak muncul atau sebenarnya bukan tempat usaha mereka, itu tidak sulit. Lihat tampilan jalan di Google Maps untuk melihat bangunan mereka. Apakah itu terlihat seperti pusat distribusi atau hanya rumah atau bisnis lain?

Tanya pabrikan tentang mereka secara langsung

Biasanya, setiap produsen memiliki daftar semua pedagang grosir dan pemasok yang mereka jual. Jika produsen produk tidak memiliki nama mereka, ada kemungkinan mereka tidak sah.

Buatlah pesanan kecil untuk menguji prosesnya

Saya menyinggung hal ini beberapa kali di atas. Membuat urutan tes kecil adalah cara yang bagus untuk menentukan keahlian suplier sekaligus memastikan bahwa mereka bukan penipuan.

Selamat, Anda sekarang (mudah-mudahan) menemukan suplier ideal Anda! Ini merupakan salah satu langkah untuk menciptakan bisnis dropshipping yang sukses.

Tapi Anda belum selesai-teruskan ke bagian berikutnya untuk mengetahui operasi sehari-hari dari menjalankan bisnis dropshipping, dan bagaimana Anda bisa memasarkan dan mengembangkan toko online baru Anda.

- WEBINAR GRATIS : ALONA PRESENTS
Jualan di Instagram

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here