Untuk mendapatkan karyawan tidak harus selalu melalui perekrutan resmi. Ada banyak cara untuk mendapatkan karyawan. Karyawan sendiri bukan berarti harus bekerja di bisnis Anda selama 8 jam sehari. Orang yang bekerja di perusahaan Anda secara part time pun bisa Anda sebut juga sebagai karyawan.

Bagaimana cara mendapatkan karyawan atau tim? Mendapatkan karyawan itu tidak terlalu sulit sebenarnya, jika Anda menerapkan cara-cara di bawah ini :

1) MENYEBARKAN LOWONGAN PEKERJAAN

Untuk mendapatkan karyawan, Anda wajib menyebarkan lowongan pekerjaan sebanyak mungkin, baik offline maupun online. Semakin banyak lowongan Anda dibaca orang, semakin besar potensi mereka untuk mendaftar sebagai calon karyawan Anda.

Anda kemudian bisa menyeleksi mereka dan memilih siapa saja yang cocok untuk menjadi karyawan atau tim Anda.

2) MEREKRUT MAHASISWA/PELAJAR UNTUK BEKERJA PARUH WAKTU

Jika jenis pekerjaan di bisnis Anda bisa dikerjakan paruh waktu, Anda bisa rekrut mahasiswa atau pelajar dengan bekerja setengah hari saja. Anda pun bisa menghemat pengeluaran untuk gaji, karena Andatidak perlu membayar upah full day setiap harinya.

3) MENGAJAK ORANG LAIN DARI SOCIAL MEDIA UNTUK MENJADI TIM ANDA

Jika Anda aktif di social media, Anda bisa mencoba mencari orang-orang yang sekiranya cocok untuk Anda rekrut sebagai tim/karyawan Anda. Bagaimana Anda bisa tahu bahwa orang tersebut cocok untuk bisnis Anda? Anda bisa melihat karakter calon karyawan Anda lewat postingan-postingan yang ia upload di social media mereka. Jika Anda rasa orang tersebut memenuhi kriteria yang Anda butuhkan, Anda bisa menawarkannya untuk menajdi pekerja full day atau paruh waktu di perusahaan Anda.

4) MEMBERIKAN PEKERJAAN ANDA KEPADA PENYEDIA JASA DI LUAR SANA

JikaAnda tidak berhasil menemukan karyawan yang bisa Anda rekrut untuk mengerjakan pekerjaan Anda, Anda bisa melimpahkan pekerjaan Anda kepada penyedia jasa di luar sana.

Misalnya, Anda harus membuat laporan perpajakan untuk perusahaan Anda. Tapi Anda sendiri sudah terlalu sibuk dan tidak sempat lagi mengurusnya. Di waktu yangbersamaan, Anda tidak bisa menemukan orang yang bisa Anda rekrut menjadi karyawan perpajakan Anda . Maka Anda bisa menyerahkan laporan perpajakan Anda kepada jasa konsultan pajak untuk mengerjakannya.

5) AKTIF MENGISI SEMINAR UNTUK MENEMUKAN BIBIT UNGGUL

Jika ada kampus atau sekolah yang menawarkan Anda untuk mengisi seminar, jangan pernah menolak. Ketika Anda mengisi seminar, Anda bisa sekaligus membuka lowongan bagi peserta seminar yang membutuhkan.

Atau Anda juga bisa menemukan bibit-bibit calon karyawan Anda ketika mengisi seminar. Anda bisa mengajak ngobrol anak tersebut di luar jam seminar. Jika cocok, Anda bisa menjadikan anak itu bagian dari tim Anda kelak.

6) SERAHKAN PEKERJAAN ANDA KEPADA PEKERJA LEPAS (FREELANCE)

Jika Anda tidak bisa menemukan karyawan yang bisa bekerja bersama Anda 8 jam sehari, ada salah satu pilihan lain yang bisa Anda andalkan, yakni menyerahkan beban kerja Anda kepada para freelance atau pekerja lepas.

Anda tidak perlu menyediakan ruangan khusus untuk freelancer bekerja. Karena mereka mampu mengerjakan tugas-tugasnya di luar kantor Anda. Anda pun bisa membayar mereka setelah terbukti kinerja mereka bagus dan hasil akhir yangmereka produksi juga benar-benar baik dan sesuai target.

bisnis online bersama alona belajar bisnis online gratis

2 COMMENTS

  1. Salut, Ko! Tapi kebanyakan karyawan itu tidak solid dengan usaha kita. Sebenarnya saya belum punya bisnis sendiri sih, tapi saya ada prospek untuk membuat bisnis dalam bidang desain grafis. Jadi brapa presentase untuk mempercayai seorang karyawan, Ko?

    P.S Ko, awal memulai bisnis itu sudah memiliki karyawan belum? Lalu apakah Koko sudah mempunyai mentor sebelumnya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here