Dalam dunia digital, selain foto ada satu hal yang perlu diperhatikan untuk Anda sebagai penjual agar meningkatkan trust calon pelanggan yaitu testimoni. Karena testimoni bisa meningkatkan trust calon pelanggan kepada toko online Anda.

Cerita positif dari orang yang pernah menggunakan produk atau jasa Anda akan menstimulus calon pelanggan untuk ikut membeli produk atau menggunakan jasa Anda. Testimonial merupakan social proof untuk meyakinkan lebih banyak orang agar menggunakan produk dan jasa Anda.

Tapi saya sarankan, jangan meminta testimonial dari pelanggan dengan cara menodong atau memaksa. Karena itu akan membuat pelanggan malas dengan cara Anda. Testimonial harus bersifat alami dan keluar dari hati. Tapi tentunya tidak semua pelanggan yang puas akan langsung memberikan testimoni, perlu beberapa cara untuk menggalinya.

Anda bisa menerapkan beberapa cara ini:

1. Bertanya

Setelah Anda mengirimkan produk atau jasa Anda, tunggulah sampai 7 hari kemudian tanyakan kepada mereka tentang produk atau jasa Anda.

Contoh:
A: Selamat sore kak Dina,apa kabar? Oiya kak bagaimana kak serum yang kakak pesan, sudah menghaluskan kulit wajah kak Dina?
B: sore kak, wahiya kak, sekarang wajahku lebih mulus, bekas jerawat hilang. Aku pasti order lagi, temenku juga ada yang mau kak.
A: Wah syukur ya, serius bekas jerawat hilang kak? Kak Dina punya foto before afternya kah? Kalo ada boleh tolong kirimkan kak.

Dengan cara bertanya seperti itu, akan membuat pelanggan memberikan feedback. Bisa positif atau negative, jika positif bisa dijadikan testimoni. Sedangkan jika negative bisa Anda jadikan bahan evaluasi. Tidak ada ruginya bukan?

2. Berikan Bonus

Anda bisa menstimulus pelanggan Anda untuk memberikan testimoni dengan cara memberikan bonusdengan beberapa cara:

  • Berikan Diskon

Anda bisa berikan template chat setelah dia order seperti ini:

“Terimakasih kak telah order produk kami, jika Anda puas dengan produk kami, ceritakan kesan positif Anda di instagram dan mention OLshop kami. Maka kami akan memberikan Diskon 10% untuk order Anda berikutnya”

Dengan cara itu, mereka akan dengan senang hati memberikan testimoni, karena akan mendapatkan diskon di order berikutnya.

  • Berikan Hadiah

Selain diskon, Anda bisa memberikan hadiah untuk mereka yang memberikan testimoni di sosial media seperti instagram. Hadiah ini diberikan dengan cara diundi (random), Anda bisa memberikan template seperti ini setelah mereka melakukan order:

“Terimakasih kak telah order produk kami, jika Anda puas dengan produk kami, ceritakan kesan positif Anda di instagram dan mention OLshop kami. Maka kami akan memberikan hadiah voucher Rp. 200.000 di akhir bulan untuk Anda yang beruntung”

Dengan pola inipun, mereka akan mudah tergerak memberikan testimoni kepada Anda. Karena dengan komentar positif, mereka berkesempatan mendapatkan hadiah dari Anda.

3. Buat Kontes

Jika Penjualan Anda sudah besar dan memiliki budget untuk promosi. Anda bisa mengalihkan budget tersebut untuk membeli hadiah yang akan diberikan untuk pelanggan setia dengan syarat kontes seperti video menarik dengan menggunakan produk Anda.

Tentunya hadiahnya pun yang menarik agar banyak orang yang membeli produk Anda dan kemudian dibuat video oleh mereka. Bisa berupa gadget baru, jalan-jalan ke luar negeri, atau uang tunai dengan jumlah yang besar.

Dengan 3 cara ini, saya yakin akan memudahkan Anda dalam mengumpulkan testimonial dari banyak pelanggan dan seacara otomatis meningkatkan kepercayaan kepada toko online Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here