Jika dulu sempat ngetrend BBM sebagai aplikasi messenger yang sering dijadikan orang untuk berjualan, maka saat ini Line@ mulai mengalami peningkatan pengguna dan menjadi primadona banyak orang untuk chatting. Sebenarnya ada beberapa kelebihan Line@ dibandingkan dengan aplikasi chatting lainnya, yakni :

  1. Pengguna Line sebagianbesar adalah anak muda usia 13-35 tahun. Ini bisa menjadi pasar potensial bagi Anda yang target marketnya di usia tersebut.
  2. Ketika Anda mengirimkan pesan dari Line@, maka pesan tersebut akan otomatis tersampaikan ke Line masing-masing follower Anda.
  3. Pengguna Line adalah kalangan Anak muda yang modis, dinamis, dan kebanyakan mudah untuk berbelanja. Karena aplikasi Line adalah aplikasi yang cukup berat, maka aplikasi ini hanya lancar digunakan di handphone dengan spesifikasi mumpuni. Handphone dengan harga menengah ke atas umumnya dimiliki oleh golongan menengah ke atas juga. Dari sini bisa kita lihat bahwa user Line adalah user potensial untuk bisnis.
  4. Line memiliki fitur stiker pada chat. Sehingga bisa memanjakan customer Anda saat berkomunikasi dengan Anda. Anda bisa mengirimkan beragam stiker lucu untuk menyenangkan hati customer Anda.
  5. Line juga memiliki fitur timeline yang penggunaannya mirip seperti timeline Facebook. Anda bisa posting status, gambar, video, atau artikel di situ. Jika postingan Anda menarik, dengan sukarela follower Anda akan membagikannya (share) di timeline mereka masing-masing.

 

LALU BAGAIMANA CARA MENGELOLA LINE@ SUPAYA BISA MENGHASILKAN PENJUALAN YANG MAKSIMAL?

Ada banyak cara dan metode dalam memanfaatkan Line@ untuk meningkatkan omset bisnis Anda. Beberapa di antaranya mudah Anda praktekkan.

1) LETAKKAN LINK URL LINE@ ATAU ID-NYA DI PROFILE INSTAGRAM/FACEBOOK

Setiap Line@ memiliki ID yang berupa nama toko Anda (jika Anda menjadi member Line@ premium) atau gabungan antara huruf dan angka. Jika Anda telah memiliki ID Line@ Anda sendiri, jangan lupa untuk mencantumkan link Line@ Anda di profile Instagram/Facebook Anda, supaya customer bisa langsung klik dan terhubung ke Line@ Anda.

 

Jangan malas juga untuk mencantumkan ID Line@ Anda di setiap caption (keterangan) foto/postingan Anda di Facebook/Instagram. Gunanya jika follower Anda melihat postingan Anda di timeline mereka, mereka bisa langsung add Line@ Anda dan menghubungi Anda untuk bertanya-tanya atau order.

2) ISI KOLOM WEBSITE PADA SAAT BERIKLAN DI FB ADS DENGAN LINK LINE@ ANDA

Saat Anda beriklan di Facebook Ads atau Instagram Ads, Anda tentu akan dimintai link website ketika set up iklan. Link website ini bisa Anda isi dengan link URL Line@ Anda. Optimalkan iklan Fb/IG Ads Anda untuk mengumpulkan prospek customer langsung ke Line@ Anda.

Jika Anda mencantumkan website Anda, maka belum tentu Anda akan mendapatkan data prospek calon customer Anda. Tapi  jika Anda mencantumkan URL Line@ Anda di iklan, maka jika ada orang yang penasaran dengan iklan Anda, dia akan langsung klik Line@ Anda. Otomatis jika ia meng-klik Line@ Anda, maka ia akan masuk ke dalam database follower Line@ Anda dan bisa dibroadcast setiap saat untuk follow up.

3) BROADCAST SECARA RUTIN

Fokuslah untuk memperbesar jumlah follower di Line@. Anda bisa follow up mereka dan edukasi mereka melalui broadcast secara berkala. Tapi jangan broadcast jualan melulu. Sesekali berikan mereka informasi yang bermanfaat. Di sini ada baiknya Anda memahami teknik copywriting dan hypnoselling sehingga Anda bisa mendapatkan konversi penjualan yang tinggi tanpa mengganggu follower Anda dengan pesan-pesan broadcast Anda.

4) UPDATE STATUS DI TIMELINE

Lakukan update status secara rutin. Pilih content yang menarik dan ada kemungkinan viral. Jika content Anda menarik, follower Anda akan dengan sukarela men-share postingan Anda, sehingga teman-teman follower Anda juga bisa ikut melihat postingan Anda meskipun mereka belum add Line@ Anda.

5) MAKSIMALKAN PENGUMPULAN DATABASE CUSTOMER KE LINE@

Fokuskan mengumpulkan prospek customer di Line@ Anda. Anda bisa menarik orang-orang di Facebook atau Instagram Anda untuk add Line@ Anda dengan memberikan beragam promo menarik. Misalnya diskon khusus pengguna Line@, atau giveaway hadiah khusus yang sudah add Line@ Anda, dan masih banyak lagi.

bisnis online bersama alona belajar bisnis online gratis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here