Kalau Anda berbisnis, produk merupakan hal penting yang bisa menentukan seberapa besar produk Anda akan laris. Teknik marketing Anda bagus tapi kalau produk Anda sudah tidak lagi ngetrend dan diminati masyarakat, sama saja akan sulit menjualnya.

Nah, untuk menganalisa produk apa saja yang lagi ngetrend, ada banyak teknik yang bisa Anda lakukan. Dan analisa ini tidak cukup hanya dilakukan di awal pembukaan bisnis saja. Misalnya Anda berbisnis produk fashion, maka Anda harus sering-sering mengecek, trend apa yang sedang ngehits saat itu. Paling tidak setiap 3 bulan sekali, lakukan evaluasi dan analisa trend.

Tak hanya bisnis kecil atau start up. Perusahaan besar sekelas Toyota dan Honda pun memiliki divisi khusus untuk melakukan riset produk sendiri. Inilah kenapa riset trend dan analisa produk itu penting.

Bagaimana caranya supaya kita bisa menganalisa trend? Anda bisa melakukannya dengan menerapkan langkah-langkah berikut ini :

1) MENGANALISA MELALUI GOOGLE TREND

Google trend bisa Anda jadikan acuan pertama untuk analisa trend. Silakan masuk ke https://trends.google.co.id/trends/  untuk mulai menganalisa trend produk apa yang sedang hot saat ini. Anda ketik saja contoh produk yang akan Anda analisa, lalu tekan enter. Nanti akan muncul grafik trend pencarian produk plus kueri terkait yang bisa Anda gunakan untuk analisa lebih lanjut.

2) MELAKUKAN ANALISA LEWAT MARKETPLACE

Jika Anda ingin mengetahui produk apa yang saat ini sedang ngetrend, Anda bisa cek di marketplace. Caranya mudah, Anda bisa langsung search di bagian “Produk Terlaris” atau “Hot Items”. Supaya hasilnya lebih akurat, Anda bisa membandingkan dengan marketplace-marketplace lainnya.

3) MENGAMATI PESAING

Pesaing juga bisa menjadi acuan Anda dalam mengetahui trend produk. Kadangkala pesaing Anda sudah sedikit lebih maju beberapa langkah di depan Anda. Anda bisa mengejar mereka. Segera saja Anda amati produk apa yang mereka usung, modelnya seperti apa, dan harganya berapa.

Anda bisa membuat produk serupa (bukan menjiplak, tapi mengamati lalu memodifikasi sesuai ciri khas brand Anda). Lalu berikan tawaran yang lebih menarik kepada konsumen. Dijamin, Anda bisa mengejar ketertinggalan Anda dari pesaing.

Misalnya Anda saat ini berbisnis fashion, Anda sedang mengamati pesaing bahwa banyak pesaing Anda yang mengusung trend bohemian. Maka segera saja Anda meluncurkan produk bertema bohemian juga, tapi tetap tanpa meninggalkan ciri khas brand Anda.

Jadi, jangan pernah malas mengamati gerak gerik pesaing yah. Dan binalah hubungan baik dengan mereka. Bukan dengan maksud buruk, tapi siapa tahu dengan hubungan baik Anda dengan pesaing Anda bisa menumbuhkan sinergi baru.

4) MENDENGARKAN MASUKAN KONSUMEN

Konsumen juga seringkali lebih peka terhadap trend daripada pebisnisnya sendiri. Untuk itu jangan pelit dan sombong terhadap saran dan kritik yang dilayangkan oleh konsumen. Berikan mereka apresiasi positif setiap kali memberikan masukan yang membangun. Jika perlu berilah mereka hadiah kecil sebagai balasan atas perhatian yang telah mereka berikan.

Selalu terbukalah untuk menerima masukan dari konsumen. Karena itu, berikan nomor kontak Anda (Whatsapp, Line, BBM, dsb) di tempat-tempat yang mudah ditemukan oleh mereka. Sehingga mereka mudah saat ingin menghubungi Anda.

5) SERING MEMBACA MAJALAH/SITUS FASHION

Terutama jika Anda berbisnis di bidang fashion, mengetahui trend sudah menjadi kewajiban mutlak bagi Anda. Apalagi saat ini trend fashion cepat sekali berubahnya. Bagaimana menyiasatinya? Sering-seringlah membaca majalah atau situs/portal fashion untuk menambah pengetahuan Anda.

Jika memungkinkan, hadirilah juga event-event pameran atau fashion show untuk menambah wawasan Anda. Jangan lupa juga untuk menjalin relasi ketika menghadiri event tersebut, yah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here