Tahukah Anda bahwa orang yang sukses di bidangnya di dunia ini menghabiskan 10.000 jam waktu mereka untuk fokus mengerjakan pekerjaan mereka hingga menjadi ahli?

Jika sehari ada 24 jam, maka diperlukan 416 hari untuk berlatih dan menekuni profesi Anda hingga Anda sukses tanpa berhenti sama sekali. Jika waktu 10.000 jam tersebut kita bagi menjadi 8 jam (standar orang bekerja setiap hari), maka diperlukan 1.250 hari untuk bisa menjadi ahli dan sukses. Jika dalam setahun ada 365 hari, setidaknya diperlukan waktu untuk bekerja selama 3.5 tahun untuk bisa menjadi ahli dan sukses.

Ellon Musk menghabiskan 10.000 jamnya untuk membesarkan Paypal, dan sekarang ia menerapkan pola yang sama untuk membesarkan Tesla Motors dan Space-X. Walt Disney menghabiskan 10.000 jamnya untuk fokus membesarkan Disney menjadi perusahaan animasi terbesar di dunia. Pablo Picasso menghabiskan 10.000 jamnya hingga menjadi pelukis terkenal. Galileo Galilei juga menghabiskan 10.000 jamnya sebelum sukses menjadi ilmuwan terkenal. Agnes Monica juga menghabiskan 10.000 jamnya untuk menjadi penyanyi berbakat dan sudah go international.

Dari contoh di atas, apa yang bisa kita lihat? Bahwa sebenarnya sukses itu tidak bisa diraih dalam waktu instan. Jika Anda fokus dan konsisten, setidaknya Anda masih membutuhkan waktu 3.5 tahun untuk bekerja. Kuncinya adalah fokus dan konsisten. Fokus, fokus, dan fokus. Jangan berpindah-pindah pekerjaan.

Tidak ada orang sukses yang pekerjaannya melompat-lompat. Ia selalu fokus pada bidang yang ditekuni hingga menjadi sukses.

Nah, bagaimana dengan Anda? Sudahkah Anda menghabiskan 10.000 jam Anda untuk fokus meraih apa yang Anda impikan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here