Meskipun menjadi ibu rumah tangga, bukan berarti tidak bisa menghasilkan uang sendiri. Tentunya, tetap ada peluang untuk mendapatkan penghasilan meski hanya di rumah dan mengurus keluarga. Salah satunya dengan berbisnis sampingan.

Ibu Rumah Tangga Sebagai Pelaku Bisnis

Meskipun menjadi ibu rumah tangga yang memang pekerjaan utamanya adalah mengurusi anak, rumah, dan pasangan, tapi Bunda tetap bisa membantu perekonomian keluarga dengan mendapatkan penghasilan sendiri. Penghasilan tersebut seperti yang disebutkan di atas, bisa didapatkan Bunda dengan menjalankan bisnis sampingan.

Tak perlu khawatir tidak akan laku atau sukses. Jika Anda menjalaninya dengan niat dan ditekuni, bukan hal mustahil bisnis sampingan Bunda menjadi sukses dan datangkan keuntungan yang banyak. 

Ada banyak usaha sampingan ibu rumah tangga yang cukup menjanjikan. Mulai dari usaha yang bermodal kecil, hingga bisnis ibu rumah tangga tanpa modal. 

Lalu, apa saja bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan tersebut? Berikut ini beberapa di antaranya yang direkomendasikan untuk Bunda. 

Jenis Bisnis Cocok Bagi Ibu Rumah Tangga

  1. Reseller dan Dropshipper

Reseller atau dropshipper masihlah jadi jenis bisnis sampingan ibu rumah tangga yang paling banyak peminatnya. Ini karena cukup banyak ibu rumah tangga yang merasa jika reseller serta dropshipper yang terbilang menguntungkan dan cukup mudah untuk dilakukan, dan jenis usaha ini dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Oleh sebab itu, banyak bunda-bunda yang tertarik jadi reseller serta dropshipper

Jika Bunda adalah salah satu orang tertarik untuk jalankan bisnis ini. Bunda harus tentukan dulu produk yang ingin dijual. Kemudian, pilihlah produsen atau pemasok yang memang telah terpercaya serta mempunyai sistem jual-beli yang tak akan membebankan. 

Selain itu, Bunda pun perlu untuk mengetahui perbedaan dari reseller serta dropshipper. Walaupun kedua bisnis ini pasarkan produk jualan dari orang lain, tapi sistem kerjanya agak berbeda. Reseller biasanya harus beli produk dari produsen atau pemasok lebih dulu, lalu baru menjual kembali produk tersebut. 

Sementara, dropshipper tak perlu untuk stok barang serta tak perlu memikirkan bagaimana proses pengiriman barang karena telah dikirim langsung oleh pihak produsen atau pemasok ke pembeli. Oleh sebab itu, reseller serta dropshipper termasuk ke dalam jenis usaha ibu rumah tangga tanpa modal yang cocok untuk Bunda yang masih pemula dalam berbisnis yang ingin dapatkan penghasilan tambahan.

Kalau mau jualan produk pasti laris tanpa ribet bisa ke DropshipAja

  • Makanan Beku atau Frozen Food

Permintaan terhadap frozen food atau makanan beku semakin meningkat belakangan ini, apalagi semenjak pandemic covid-19. Tidak sedikit juga ibu rumah tangga yang berlomba untuk memulai dan membuka usaha ibu rumah tangga sukses ini untuk mendapatkan keuntungan berlipat. 

Nah, Bunda pun bisa coba peruntungan yang usaha sampingan ibu rumah tangga ini dengan sediakan frozen food atau makanan beku yang diminati oleh banyak orang, khususnya para target market dari usaha yang Bunda jalani. 

  • Katering Rumahan

Bunda bisa dan punya hobi memasak? Jika iya, saatnya Bunda manfaatkan kemampuan yang dimiliki tersebut untuk bangun usaha ibu rumah tangga yang menguntungkan. Bisnis ini dapat Bunda lakukan dari rumah saja. Ada cukup banyak jenis katering rumahan yang dapat Bunda kembangkan, mulai dari katering harian, katering kantoran, katering anak sekolah, katering menu diet, dan lain-lainnya. 

Ketika mengembangkan bisnis ibu rumah tangga sampingan ini, pastikan Bunda untuk utamakan rasa makanan, kebersihan, kualitas makanan, serta harga bersaing. Ini dikarenakan bisnis katering rumahan akan semakin sukses karena testimony serta kepuasaan dari pelanggan pada makanan yang dipesan oleh mereka. 

  • Camilan Kekinian

Setiap tahun, tentu selalu ada minuman serta makanan yang tren di kalangan masyarakat. Bisnis untuk ibu rumah tangga ini dapat Bunda maksimalkan dengan melihat peminatnya yang banyak untuk konsumsi minuman dan makanan kekinian tersebut. Namun, perlu untuk menjadi catatan jika jenis usaha ini memang termasuk yang musiman, sehingga Bunda perlu untuk berkreasi dengan kreatif supaya usaha itu dapat berjalan sampai jangka waktu panjang. 

Ide Usaha untuk Ibu Rumah Tangga yang Memiliki Anak Kecil

Memiliki anak kecil mungkin saja akan membuat Anda menjadi lebih sibuk. Mulai dari mengurus si kecil, melayani pasangan sampai beres-beres rumah. Namun, kesibukan tersebut bukan berate Bunda tak dapat jalankan usaha di rumah. Faktanya, ada beberapa usaha di rumah untuk ibu rumah tangga yang memiliki anak kecil. Jika dijalankan secara baik, usaha atau bisnis tersebut dapat membantu keuangan keluarga Bunda. Bahkan tak menutup kemungkinan jadi bisnis yang besar dengan omzet melimpah setiap bulan. 

Nah, jika Bunda merupakan ibu rumah tangga yang memiliki anak kecil serta ingin jalankan bisnis rumah. Di bawah ini ada sejumlah ide bisnis ibu rumah tangga yang bisa dicoba. 

  • Jualan Pulsa

Di zaman yang modern ini, hampir setiap orang membutuhkan pulsa. Mulai dari anak kecil sampai orang dewasa mempunyai ponsel. Oleh karena itu, bisnis jualan pulsa, dapat menjadi pilihan bisnis tepat untuk Bunda yang merupakan ibu rumah tangga. Prospek ke depan pastinya menjanjikan dengan semakin maju dan berkembangnya dunia digital. 

Jika Bunda tertarik dengan bisnis ini, langkah pertama bisa dilakukan yaitu mendatangi agen pulsa yang sediakan layanan deposit. Lalu, Bunda tinggal tentukan harga jual untuk tetapkan besarnya keuntungan yang ingin didapatkan. 

Bunda tak perlu untuk buka konter atau gerai pulsa, cukup untuk tuliskan saja pada sebuah papan ataupun di selembar kertas menggunakan huruf kapital yang menjelaskan jika Bunda menjual pulsa, seperti tulisan ‘JUAL PULSA’. Kemudian Bunda tempelkan di depan rumah. 

Cara pasarkan bisnis ini dapat melalui tetangga, teman sekolah, teman kerja atau siapa saja yang Bunda kenal. Jika kebetulan lokasi dari konsumen serta Bunda berjauhan, konsumen dapat transfer sejumlah uang lebih dulu sebesar dari nilai pulsa yang sudah dipesan ke rekening Bunda. Cukup mudah, bukan bisnis ini dijalankan?

  • Usaha Menjahit

Menjahit membutuhkan keahlian yang khusus dan tak semua orang dapat melakukannya. Dibutuhkan ketelitian dan kesabaran tinggi di dalam pengukuran sampai jadi pakaian diinginkan. 

Prospek usaha buat ibu rumah tangga ini bagus sekali, apalagi jika Anda punya minat serta bakat di bidang menjahit. Bunda hanya perlu ikuti berbagai kursus menjahit terpercaya untuk tingkatkan kemampuan menjahit. 

Cara pemasaran bisnis ini cukup ke orang-orang sekitar ataupun ke komunitas yang dikenal. Dari mereka, bisnis Bunda mulai dapat dikenal dengan masyarakat luas. Asal jahitan Bunda bagus, rapi, serta sesuai selera dari konsumen, dapat dipastikan usaha menjahit Bunda akan semakin ramai pelanggan. Bahkan saat bisnis Bunda semakin dikenal, bukan hal yang mustahil, Bunda bisa dapatkan orderan dalam jumlah yang banyak, seperti seragam sekolah, seragam komunitas, seragam kantor, dan lain sebagainya. 

Demikian beberapa ide usaha sampingan ibu rumah tangga yang bisa dijalankan oleh Bunda. Dengan berbisnis sampingan di rumah, Bunda bisa mendapatkan penghasilan tambahan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Semoga bermanfaat. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here