Langsung laris adalah harapan setiap orang ketika memulai bisnis. Tapi kenyataannya tidak semua bisnis bisa langsung laris saat pertama kali dibuka.

Lalu bagaimana caranya agar sebuah bisnis langsung laris saat dibuka? Ada beberapa trik yang bisa Anda terapkan :

1) TARGETING IKLAN YANG TEPAT PLUS PROMO MENARIK

Salah satu faktor utama penentu produk Anda bakal laris atau tidak adalah dengan targeting iklan yang tepat plus promo yang menarik. Ada sebuah trik jitu yang bisa Anda lakukan sebelum Anda membuka bisnis Anda :

  1. Sebelum bisnis Anda dibuka, beri waktu 3 bulan untuk diri Anda melakukan split test iklan. Fokuskan split test untuk mencari targeting audience yang pas dan tepat.  
  2. Ketika melakukan split test, jangan jualan dulu. Selain fokus mencari targeting yang pas, fokuskan juga untuk membuat kolam prospek (penambahan follower di Instagram atau Facebook fanpage) dan list building (orang-orang yang men-save nomor Whatsapp Anda atau invite Line@ atau BBM Anda).
  3. Supaya mereka mau masuk ke dalam kolam prospek atau list building Anda, Anda bisa membuat promo menarik. Misalnya Anda mau bagi-bagi produk gratis untuk 10 pemenang beruntung yang akan diundi saat Grand Opening bisnis Anda. Tapi syaratnya mereka harus follow dulu Instagram Anda dan invite Whatsapp dan Line@ Anda.

Nantinya ketika sudah Grand Opening bisnis Anda, list building Anda sudah banyak dan Anda bisa broadcast penawaran ke mereka. Nantinya tinggal memantau berapa penjualan yang terjadi. Plus ketika bisnis Anda sudah buka, Anda sudah menemukan target audience yang pas. Tahap selanjutnya Anda tinggal scale up dan pengembangan saja.

2) BUAT GIVEAWAY ATAU BAGI-BAGI PRODUK GRATIS

Ketika sudah buka, anggarkan sebagian kecil modal Anda untuk memproduksi atau kulakan produk sebagai giveaway atau hadiah. Tapi jangan asal bagi-bagi hadiah. Terapkan syarat tertentu bagi mereka. Misalnya : “Free 100 gelang unik di bulan pertama opening bisnis. Syaratnya cukup mention atau tag 5 teman kamu yang suka pakai gelang juga”.

Jadi Anda tidak sia-sia dalam membagikan produk gratis, karena ada efek viral yang dihasilkan. Dan harapannya, bisnis Anda cepat populer. Untuk produk giveaway, tidak perlu produk mahal-mahal. Anda bisa memberikan hadiah produk yang cost produksinya rendah tapi tetap unik bagi customer.

3) BELI AKUN INSTAGRAM  YANG  SUDAH MEMILIKI BANYAK FOLLOWER TERTARGET

Jika Anda memiliki modal berlebih, Anda bisa membeli akun orang lain yang memiliki karakteristik follower yang mirip dengan pangsa pasar Anda. Tapi jika Anda tidak ada budget lebih, sebaiknya alokasikan dana Anda untuk iklan dan promo lainnya.

4) MANFAATKAN ENDORSEMENT

Jika Anda belum mampu endorse ke artis-artis ternama, Anda bisa melakukan endorse kecil-kecilan secara free. Misalnya Anda memiliki teman yang follower Instagramnya mencapai 5000 lebih, Anda bisa meminta mereka untuk endorse produk Anda secara gratis.

Beri saja mereka salah satu produk Anda dan minta mereka untuk berfoto bersama produk tersebut dan meng-uploadnya ke akun Instagram mereka. Lumayan kan endorsement tanpa harus membayar biaya mahal seperti endorse ke artis-artis atau selebgram.

5) MANFAATKAN RELASI DAN TEMAN-TEMAN ANDA

Jika Anda memiliki teman-teman yang karakteristiknya mirip dengan pangsa pasar Anda, bisa Anda optimalkan mereka untuk membantu mempromosikan produk Anda. Undanglah mereka ke tempat usaha Anda saat Grand Opening dan berikan mereka produk gratis. Syaratnya, jangan lupa minta mereka untuk meng-upload dan mempromosikan juga di akun social media mereka masing-masing. Selain itu Anda juga bisa meminta mereka untuk memberikan testimonial sekalian. Testimonial ini bisa Anda gunakan untuk meyakinkan prospek customer Anda agar mau beli produk Anda.

bisnis online bersama alona belajar bisnis online gratis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here