Banyak yang bilang, bekerja di sebuah start up bisa menjadi bahan pembelajaran Anda tentang bisnis. Dari pemilik start up kita bisa belajar tentang seluk beluk sebuah bisnis karena kita adalah orang-orang yang terlibat secara langsung di dalamnya.
Jika Anda ingin belajar tentang sebuah sistem bisnis tapi Anda masih takut meninggalkan zona karyawan Anda, bekerjalah di start up. Pelajari banyak hal di sana untuk Anda terapkan dalam bisnis Anda nantinya.
Paling tidak, ketika Anda bekerja di sebuah start up, Anda bisa mendapatkan hal-hal berikut ini untuk dipelajari sebelum Anda membuka bisnis Anda sendiri :
GRATIS Ebook 5 Ide Bisnis Online Paling Hot 2018 >> DI SINI <<
1) TIDAK HANYA IDE KREATIF, TAPI TINDAKAN NYATA SANGAT DIPERLUKAN
Jika Anda bekerja di perusahaan besar, semua hierarki tersusun rapi, bahkan untuk proses penyampaian ide bagi perusahaan. Bisa jadi, di perusahaan besar, manager yang menyampaikan ide, tapi kemudian para staf di bawahnya yang mengeksekusi.
Jika Anda bekerja di start up, maka tak hanya ide yang bisa Anda sumbangkan. Tapi Anda juga harus bekerja secara nyata untuk mewujudkan ide Anda menjadi kenyataan. Mengingat start up hanya memiliki sedikit tim, maka yang mencetuskan ide, juga harus bertindak sebagai eksekutornya.
2) BAGAIMANA MEREKRUT ORANG YANG TEPAT UNTUK PERUSAHAAN
Dalam bisnis start up, karyawan baru direkrut oleh pemilik langsung. Dari sini Anda bisa melihat bagaimana proses perekrutan karyawan, kriteria-kriteria apa saja yang bos Anda gunakan untuk menyeleksi karyawan yang masuk.
Ke depannya, Anda bisa menerapkan hal yang erupa untuk bisnis Anda sendiri.
3) BAGAIMANA CEPAT BERADAPTASI DENGAN KEADAAN
Dunia bisnis adalah dunia yang dinamis, terutama untuk start up. Jika Anda tidak mampu beradaptasi dengan cepat, Anda bisa ketinggalan tren, teknologi, dan dikalahkan oleh pesaing Anda. Enaknya jika bekerja di start up, Anda bisa melihat dan mempelajari bagaimana bos Anda cepat beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang terjadi.
4) BERANI MENGAMBIL RESIKO UNTUK MELAKUKAN TEROBOSAN
Jika Anda bekerja di perusahaan besar, Anda tidak akan mengetahui seberapa besar resiko yang diambil sebuah perusahaan dalam setiap keputusan mereka, jika Anda tidak menduduki jabatan level manager ke atas.
Jika di start up, Anda akan berinteraksi langsung dengan bos Anda dan Anda bisa mempelajari bagaimana bos Anda mampu meminimalisir resiko dari setiap keputusan yang ia buat.
5) TOTALITAS TANPA BATAS
Untuk mensukseskan sebuah start up, Anda harus totalitas dalam segala hal. Jangan bekerja setengah-setengah. Anda harus mencurahkan segala pikiran dan tenaga Anda. Di perusahaan start up, Anda bisa belajar bagaimana cara menjaga semangat agar tetap totalitas dalam bekerja.
6) MENIKMATI KOMPETISI YANG SEHAT DI DALAM PERUSAHAAN
Di bisnis start up, tim yang terlibat tidak terlalu banyak. Anda pun bisa mendapatkan kompetisi yang sehat. Anda bisa cepat mendapatkan kenaikan jabatan jika Anda bekerja dengan baik, karena kinerja Anda akan dinilai langsung oleh pemilik perusahaan.
7) BAGAIMANA OWNER START UP MENGAMBIL KEPUTUSAN
Anda juga bisa mempelajari bagaimana bos Anda mengambil sebuah keputusan. Pelajari hal-hal apa saja yang ia pertimbangkan sebelum memutuskan suatu hal. Syukur-syukur jika Anda bisa mengimbangi pola pikir Anda dengan bos Anda secara cepat, Anda akan lebih cepat pula memahami bagaimana sebuah sistem bisnis bekerja.
8) PELAJARI BAGAIMANA KEBIASAAN SEHARI-HARI PEMILIK PERUSAHAAN ANDA
Orang sukses memiliki kebiasaan yang berbeda dengan orang kebanyakan. Ketika Anda bekerja di sebuah start up, Anda secara langsung memiliki role model yang bisa Anda tiru. Pelajari bagaimana bos Anda menyusun jadwal kerja hariannya, pelajari juga bagaimana bos Anda mengisi waktu luangnya. Anda bisa menirunya ketika Anda membuka bisnis Anda sendiri.
GRATIS Ebook 5 Ide Bisnis Online Paling Hot 2018 >> DI SINI <<