Ada banyak cara untuk mendapatkan modal usaha, mulai dari sitem bagi hasil dengan investor, pinjam uang ke teman atau saudara, dan yang paling banyak digemari masyarakat di Indonesia adalah mengajukan kredit ke bank.

Bank di Indonesia biasanya menyediakan beberapa jenis fasilitas pinjaman dengan plafon (besarnya uang yang dipinjamkan) tertentu. Nasabah yang meminjam uang ke bank wajib membayar cicilan pinjaman beserta bunga yang telah ditetapkan oleh pihak bank.

Kredit bank ini banyak diminati karena pengajuannya cenderung mudah dan uang pinjaman cepat cair. Bank sendiri menyediakan beberapa jenis kredit yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan Anda. Apa saja ?

1) KARTU KREDIT (CREDIT CARD)

Kartu kredit ini banyak jadi primadona masyarakat karena pengajuannya paling mudah. Tidak diperlukan jaminan apapun saat mengajukan kartu kredit. Dan plafon pinjaman yang disediakan juga beragam. Kartu kredit surveinya juga mudah, hanya melalui telepon nasabah sudah bisa mendapatkan kartu kredit yang siap digunakan.

Kartu kredit adalah kartu hutang. Jika kartu ini digunakan untuk melakukan pembayaran/pembelanjaan, barulah kita akan dibebani hutang dan tagihan sesuai nominal uang yang kita pakai.

Hutang kita bisa dibayar setelah tagihan kartu kredit terbit. Dan enaknya, hutang dari kartu kredit bisa dicicil pelunasannya jika kita tidak mampu membayar penuh. Tapi harus hati-hati, sisa tagihan yang belum terbayar akan dikenakan denda alias bunga akumulatif.

2) KREDIT TANPA AGUNAN

Hampir sama seperti kartu kredit. Bedanya kartu kredit memberikan kita pinjaman atas survey dan pertimbangan profesi kita, maka Kredit Tanpa Agunan (KTA) biasanya surveinya tidak mendetail seperti kartu kredit. KTA memiliki bunga lebih tinggi daripada kartu kredit. Tapi KTA ini plafonnya bisa lebih tinggi daripada kartu kredit.

3) KREDIT USAHA RAKYAT (KUR)

KUR adalah jenis pinjaman yang diberikan kepada nasabah khusus bagi yang memiliki usaha. Syarat mengajukan KUR adalah usaha Anda layak untuk didanai dan Anda memiliki jaminan yang cukup untuk diagunkan oleh bank. Jika permohonan kredit Anda disetujui, maka surat jaminan Anda akan disimpan oleh bank. Jika Anda tidak mampu melunasi alias kena kredit macet, maka jaminan Anda yang akan dilelang oleh bank untuk melunasi sisa hutang Anda. Jaminan yang bisa digunakan untuk KUR juga beragam, mulai dari BPKB kendaraan bermotor hingga Sertifikat rumah/tanah.

4) KREDIT MULTIGUNA

Kredit multiguna adalah gabungan antara KUR dengan kredit lain yang berfungsi untuk mendanai pembelian barang bergerak atau tidak bergerak seperti mobil untuk usaha atau pembelian ruko untuk kantor.

Sebagian dana dari kredit multiguna bisa digunakan untuk usaha. Sebagian lainnya bisa digunakan untuk membeli kendaraan atau properti (kantor/pabrik) untuk usaha. Syarat pengajuannya juga sama. Anda harus memiliki usaha yang layak untuk didanai dan Anda juga harus memiliki sejumlah jaminan yang bisa diagunkan.

Kredit multiguna ini sempat populer sebelum tahun 2015, namun sekarang mulai tidak digunakan lagi.

5) KREDIT INVESTASI

Kredit investasi ini ditujukan juga khusus bagi pelaku usaha. Namun jangka waktu pengembaliannya lebih lama (bisa mencapai 10 tahun). Plafon yang dipinjamkan juga lebih banyak dan berfungsi sebagai investasi usaha, seperti untuk menyewa toko, membeli kantor, dan sebagainya.

6) KREDIT REKENING KORAN (KRK)

Kredit rekening Koran juga salah satu jenis kredit yang membutuhkan agunan/jaminan. Bedanya dengan kredit-kredit lainnya, nasabah yang meminjam dengan jenis KRK hanya diwajibkan membayar bunga pinjaman dari jumlah uang yang dipinjam/ditarik. Pokok pinjamannya boleh dilunasi di akhir pelunasan.

Jadi misalnya Anda mengajukan pinjaman Rp 300 juta, maka uang sejumlah Rp 300 juta tersebut akan ditransfer dari bank ke rekening Koran/giro Anda. Jika ke depannya Anda hanya membutuhkan penarikan dana Rp 100 juta saja, maka Anda hanya memiliki kewajiban membayar bunga dari pinjaman Rp 100 juta tersebut. Pokok pinjamannya boleh dilunasi di akhir pelunasan. Jadi sisa Rp 200 juta yang tidak terpakai tidak dikenai bunga.

Jenis kredit memang beragam. Sebaiknya tanyakan dulu secara mendetail kepada pihak bank untuk menentukan kredit mana yang paling pas untuk Anda gunakan sebagai modal usaha.

bisnis online bersama alona belajar bisnis online gratis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here