Jualan di Tokopedia – Berjualan online saat ini sudah berbeda dengan masa lalu, jika di masih banyak orang yang ragu dan takut untuk jualan online, sekarang dengan adanya banyak marketplace membuat orang merasa aman dan nyaman bertransaksi.

Salah satu marketplace yang banyak menjadi pusat perhatian orang adalah Tokopedia. Mungkin Anda tahu tahun 2017 kemarin marketplace milik William Tanuwijaya ini mendapatkan suntukan dana sebesar 14 Trilyun Rupiah dari Alibaba Group. Hal ini membuat tokopedia semakin memiliki pengaruh besar di jagat marketplace Indonesia.

Berjualan di Tokopedia ini sangat berpotensi mendapatkan income yang besar. Karena masyarakat Indonesia sudah terbiasa bertransaksi di dalam marketplace ini, yang artinya marketnya sangat luas. Anda bisa menerapkan beberapa cara rahasia jualan yang akan saya share agar income Anda melonjak pesat.

1. Buat Banyak Toko

Jika Anda belom memiliki toko di tokopedia dan masih bingung cara membuatnya, saya sarankan Anda Googling dulu step by stepnya. Karena yang saya share disini adalah cara strategis jualan di tokopedia untuk meningkatkan income Anda.

Jika Anda sudah bisa membuat toko di tokopedia, buatlah minimal 3 toko di marketplace ini. Tujuannya adalah agar produk Anda mudah ditemukan calon pembeli. Mungkin Anda pernah jalan di ITC Fatmawati, banyak toko handphone disana, satu owner bisa memiliki beberapa toko di tempat tersebut. Tujuannya? Agar mudah ditemukan pengunjung.

Strategi didunia offline, bisa Anda terapkan juga di dunia online. Semakin banyak toko yang Anda miliki maka semakin bagus hasilnya, tapi dengan catatan konsisten mengelolanya.

2. Rutin Upload Produk

Dalam satu hari usahakan rutin upload 5 produk di toko Anda. Walaupun produknya sama, tidak apa-apa asalkan gunakan judul dengan kata kunci yang tepat. Bisa Anda bayangkan jika Anda memiliki 3 toko dan sehari upload 5 produk. Maka dalam sebulan total produk yang ada dalam ketiga toko Anda adalah: (5 produk x 30 hari) x 3 toko = 450 produk yang pasti mudah ditemukan oleh calon pembeli Anda. Cara kedua jualan di tokopedia ini harus Anda lakukan secara konsisten tanpa banyak mengeluh.

Karena kendala kebanyakan pebisnis pemula adalah malas dan banyak mengeluh, sehingga tidak mengalami peningkatan income yang signifikan.

3. Kata Kunci itu Penting

Di dalam marketplace, judul produk Anda memiliki peranan penting. Karena saat calon pembeli mencari sesuatu di kolom search. Maka Tokopedia akan menampilkan produk yang memiliki judul sesuai dengan yang mereka ketikkan.

Misalnya Anda menjual “tumbler starbucks” apakah semua orang mencari produk tersebut dengan mengetikan “tumbler starbucks” di kolom search?. Jawabannya adalah belum tentu! Karena tidak semua orang tahu bahwa nama produknya adalah tumbler. Dengan berbagai pengetahuan yang dimiliki calon pembeli Anda, bisa jadi mereka mengetikan beberapa kata kunci seperti:

– Tempat Minum Starbucks
– Botol Starbucks
– Termos Starbucks
– Starbucks Bottle
– Stainless Steel Tumbler
– Dan lain sebagainya

Saat mereka mengetikan beberapa kata kunci diatas, sedangkan judul produk Anda hanya “tumbler starbucks”, maka bisa dipastikan produk Anda tidak akan muncul di hasil pencarian mereka.

Jadi buatlah judul yang bisa mengakomodasi semua kata kunci yang mungkin diketikan diatas.
Anda bisa membuatnya menjadi: “Tempat Minum Botol Termos Tumbler Starbucks”

Dengan kata kunci tersebut, maka calon pembeli Anda akan lebih mudah menemukan produk Anda. Apapun produk Anda silahkan riset terlebih dahulu kata kuncinya agar mudah untuk ditemukan customer.

Semoga dengan ketiga cara jualan laris di Tokopedia yang sudah saya share ini bisa bermanfaat dan meningkatkan income Anda. Selamat praktek ^^

Baca juga:

Cara Gampang Mulai Jualan Di Tokopedia 

10 Tips Berjualan di Tokopedia Demi Kuntungan Berlipat 

 

- WEBINAR GRATIS : ALONA PRESENTS
Jualan di Instagram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here