Jika Anda menginginkan bisnis Anda besar, Anda tentunya harus menambah jumlah karyawan/tim Anda agar pekerjaan semakin banyak yang bisa diselesaikan.

Tapi banyak entrepreneur yang masih bingung, kapan waktu yang tepat untuk merekrut pegawai? Terutama jika mereka berasal sebagai Reseller atau Dropshiper yang sebelumnya bekerja sendiri tanpa perlu bantuan karyawan.

Sejatinya tanda-tanda ketika Anda sudah waktunya harus merekrut karyawan adalah sebagai berikut :

  • TUGAS ANDA SEMAKIN BANYAK DAN ANDA TIDAK MAMPU MENYELESAIKANNYA SENDIRIAN

Semakin besar bisnis Anda, maka semakin banyak tugas yang harus Anda selesaikan. Jika dulu saat merintis usaha Anda masih melayani 10 customer sehari, ketika bisnis Anda membesar, bisa jadi Anda harus melayani 20 customer sehari atau lebih.

Jika kapasitas Anda hanya mampu melayani maksimal 10 customer sehari, itu tandanya Anda harus membagi pekerjaan Anda dengan tim. Mulailah rekrut satu karyawan yang bisa membantu Anda menyelesaikan target Anda dalam sehari.

  • OMSET DAN PROFIT BISNIS ANDA SUDAH BESAR, CUKUP UNTUK MENGGAJI KARYAWAN SETIAP BULAN

Tentunya selain pekerjaan Anda bertambah banyak, ada faktor lain yang harus Anda perhatikan sebelum merekrut karyawan. Yaitu, sudah cukupkah profit bisnis Anda untuk menggaji karyawan setiap bulan?

Jika belum cukup, jangan memaksa untuk mencari karyawan. Daripada bisnis Anda merugi. Terus bangun bisnis Anda, perbesar omsetnya, dan pastikan profit setiap bulan cukup untuk menggaji karyawan.

  • ANDA BERKEINGINAN UNTUK MEMBESARKAN SKALA BISNIS ANDA

Jika Anda ingin bisnis Anda besar, Anda wajib membentuk sebuah tim yang terdiri dari orang-orang yang Anda gaji atau Anda bayar. Kadang kala, ada entrepreneur yang bandel. Ia bersikeras menghemat uang jutaan rupiah setiap bulan karena tidak mau mendelegasikan tugas kepada karyawannya. Semuanya dikerjakan sendiri, selesai tidak selesai.

Padahal ketika kita bersikeras berhemat dan tidak mau berbagi rezeki ke orang lain, di saat itulah kita kehilangan kesempatan untuk mendapatkan puluhan juta atau bahkan ratusan juta lebih banyak setiap bulannya.

Ketika Anda bekerja sendiri, Anda hanya mampu menghasilkan 20 juta per bulan. Tapi ketika Anda bekerja bersama karyawan Anda, mungkin Anda bisa menghasilkan 40, 50, atau bahkan 100 juta per bulan.

Intinya, jangan ragu merekrut karyawan ketika bisnis Anda semakin membesar skalanya. Delegasikan tugas-tugas Anda kepada karyawan, sehingga Anda bisa mengerjakan hal lain yang lebih penting.

Ada tips lain saat Anda merekrut karyawan untuk bisnis Anda : Carilah karyawan yang sekiranya bisa multitasking. Cari karyawan yang tidak malas mengerjakan banyak hal di perusahaan Anda.

Misalnya Anda mencari admin untuk online shop Anda, sebisanya cari juga Admin yang tak hanya bisa menghandle social media, website, dan customer-customer Anda. Tapi cari juga yang mau membantu Anda untuk mengemas barang.

Jadi ketika Anda kewalahan mengatasi order dan tugas Admin sedang senggang, Anda bisa meminta ia membantu menyelesaikan orderan yang belum terkemas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here