Saat beriklan di Facebook atau Instagram, membuat iklan dengan gambar/video menarik saja tidak cukup. Bahkan jika Anda ngotot belajar copywriting sampai pusing pun akan terasa percuma jika Anda melupakan 5 tahapan bagaimana sorang konsumen melihat iklan Anda sampai mau membeli.

Tahapan-tahapan ini disebut sebagai 5A : Awareness, Appeal, Ask, Act, and Advocate.

Sebelum Anda membuat iklan di social media, yuk kita belajar memahami proses 5A ini supaya kita bisa menghasilkan iklan yang convert (menghasilkan penjualan). Proses 5A ini merupakan pondasi iklan dan teknik promosi Anda. Jika Anda melupakan salah satu unsurnya, bisa jadi iklan Anda hasilnya kurang maksimal.

  1. AWARENESS

Tahap ini adalah tahap di mana customer menyadari bahwa ada iklan Anda di social media mereka, dan iklan Anda berisi produk atau konten yang menarik perhatian dia atau sedang ia butuhkan saat ini.

Aktifitas manusia di social media didominasi untuk scroll timeline/feed atau bagian story (Insta story, Facebook story, dsb). Jika mereka tidak menemukan hal yang menarik, mereka akan terus scroll dan melewati postingan yang tidak menarik tersebut. Namun jika mereka menemukan postingan yang menarik, mereka akan berhenti sejenak untuk menyimak.

Makanya, di tahap ini Anda harus membuat iklan yang mempu membuat customer Anda stop scrolling dan menatap iklan Anda, atau bahkan membaca dan mengamati iklan Anda.

2. APPEAL

Setelah proses Awareness, selanjutnya adalah proses Appeal. Jika konsumen mulai tertarik dengan iklan Anda, ia akan mencoba mencari tahu tentang bisnis Anda lebih lanjut. Ia akan kepo-kepo dengan isi social media Anda, mereka akan mengklik website Anda dan melihat-lihat isi website Anda, bahkan mereka akan mengecek satu per satu postingan Anda di sosmed.

3. ASK

Tahap selanjutnya biasanya konsumen Anda akan mulai bertanya, entah tentang produk Anda atau tentang bisnis Anda. Pertanyaan mereka pun dilayangkan dalam berbagai media, mulai dari bertanya di kolom komentar sosmed hingga bertanya langsung kepada Anda via Line/Whatsapp.

Jika customer Anda sudah bertanya, berarti ketertarikannya untuk membeli sudah besar. Tugas Anda adalah mengusahakan supaya terjadi closing.

4. ACT

Act di sini berarti pembeli sudah yakin dengan produk Anda, sudah melakukan order, dan sudah membayar. Di sini bisa dikatakan sudah terjadi closing.

Untuk sampai ke tahap ini memang tidak bisa jika hanya mengandalkan iklan saja. Dibutuhkan kerja sama dengan Customer Service yang baik dalam melayani customer-customer Anda sehingga mereka merasa nyaman untuk membeli di Anda dan mau membayar produk-produk yang mereka pesan.

5. ADVOCATE

Meskipun sudah membeli atau closing, usahakan jangan sampai berhenti di poin 4 saja. Usahakan supaya customer Anda juga mau melakukan tahapan Advocate, yakni mereferensikan produk Anda kepada teman-teman mereka.

Banyak cara yang bisa Anda gunakan supaya customer mau mereferensikan produk Anda setelah membeli. Di antaranya dengan memberikan promo khusus bagi pembeli yang mereferensikan produk Anda, mendapatkan hadiah unik, mendapatkan potongan harga, dan lain sebagainya.

Namun jika Anda ingin supaya tahap Advocate terjadi, jangan lupa untuk memastikan bahwa kualitas produk Anda benar-benar bagus. Customer juga tidak akan mau mereferensikan produk yang kualitasnya tidak baik kepada teman-teman mereka.

Pada dasarnya, customer akan melewati kelima tahapan di atas. Jika customer Anda sudah bisa menerapkan tahapan-tahapan di atas, berarti sistem promosi dan penjualan Anda sudah bagus.

- WEBINAR GRATIS : ALONA PRESENTS
Jualan di Instagram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here