Sebuah merek penting untuk bisnis karena merek dijadikan sebagai identitas bisnis yang nantinya akan dikenal dan selalu diingat oleh masyarakat luas
Brand bertujuan membuat bisnis Anda lebih menonjol, lebih dikenal, dan diingat oleh banyak orang dibandingkan kompetitor
Contohnya brand air mineral yang terkenal seperti aqua, secara tidak sadar masyarakat menyebut air mineral dengan nama aqua.
Padahal jenis brand air mineral itu banyak, ini disebabkan karena masyarakat lebih sering membeli dan konsumsi produk dari brand ini, sehingga brand Aqua lebih menonjol dan sering diingat oleh masyarakat
Tapi apa alasan lain yang bikin sebuah brand sepenting itu untuk strategi bisnis? Dan gimana caranya membuat nama brand yang mampu bersaing bahkan lebih menonjol dari pesaing?
Oke, kita bahas dari alasan merek penting untuk bisnis :
1. Kenapa merek penting untuk bisnis Anda?
Pertama, brand mampu mendeskripsikan produk jualan
Sebuah nama bisnis diharapkan dapat memberikan gambaran pada calon pembeli walaupun cuma dari 1/2 kata saja tapi mereka sudah bisa prediksikan tentang apa yang Anda tawarkan ke mereka
Contohnya, toko Anda menjual produk kecantikan
Anda bisa saja pakai kata kunci seperti beauty, rahasia kecantikan, glowing, skincare, makeup dan lainnya
Lalu Anda tambahkan 1 kata di belakang atau depan kata kunci tadi (bisa nama asli Anda/nama panggung/ide nama dari google, contohnya seperti Beauty Jurnal)
Dari nama Beauty Jurnal ini yang akan membantu pembeli mengetahui/memperkirakan produk apa saja yang ada di toko Anda, apakah masker, make up, skin care dan lainnya
Kedua, nama brand menggambarkan visi dan misi sebuah bisnis
Maksudnya dari nama brand tadi pembeli dapat mengetahui apa saja impian dan tujuan hadirnya bisnis Beauty Jurnal ini
Misalnya, dari nama Beauty Jurnal ini pebisnis berharap agar produk yang ditawarkan ini dapat membantu para wanita yang ingin memiliki wajah cantik dan terawat dengan cara alami
Selain itu dengan adanya kata Jurnal di nama brand bertujuan untuk memberitahu ke pembeli kalau mereka dapat mencari tips & trik merawat kesehatan kulit wajah
Ketiga, nama brand diharapkan menjadi sebuah solusi untuk pembeli
Salah satu cara agar bisnis Anda disukai pembeli adalah Anda memposisikan bisnis Anda sebagai pemecah masalah
Nama brand Beauty Jurnal ini diharapkan dapat menjadi solusi para wanita yang punya keluhan dengan kulit wajah
Misalnya, para wanita mengeluhkan wajah yang kusam dan sulit menemukan cara atau produk kecantikan yang cocok
Maka mereka coba datang ke Beauty Jurnal entah membeli produk atau membaca jurnal kecantikan
Setelah mengetahui alasan dibalik nama brand saat Anda cari tahu bagaimana membuat nama brand yang lebih menonjol dari pesaing
Nama brand haruslah unik, menarik, kreatif dan mudah diingat oleh banyak orang sehingga orang lebih mengenal brand Anda daripada brand pesaing
Berikut adalah cara membuat brand yang bisa Anda lakukan:
2. Trik membuat nama bisnis
– Pahami jenis bisnis Anda
Sebelum memutuskan sebuah nama, Anda harus memiliki gagasan yang jelas tentang misi, sasaran, audiens target, dan proposisi nilai bisnis Anda.
Jika Anda sudah membuat rencana bisnis yang matang maka Anda mudah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:
Apa bisnis yang Anda jalani?
Produk/layanan apa yang Anda jual?
Siapa target audiens Anda?
Apa manfaat produk Anda?
– Pilih kata kunci yang sesuai dengan jenis bisnis
Setelah Anda mengetahui fokus inti bisnis Anda, coba pikirkan kata kunci apa yang menggambarkan bisnis Anda.
Kata kunci ini dapat membantu Anda membuat sebuah identitas bisnis dan menemukan orang-orang yang sesuai dengan bisnis Anda
Misalnya, jika Anda memulai bisnis fotografi, kata-kata seperti “kamera”, “jepret”, “bidik”, “jepret”, “lensa”, dll.
Maka akan datang beberapa audience yang 1 visi misi dengan Anda, maksudnya orang-orang yang datang inilah yang mempunyai ketertarikan yang sama dengan Anda atau memang sedang membutuhkan produk yang berhubungan dengan fotografi
– Singkat, unik dan mencerminkan produk yang Anda jual
Salah satu tujuan pemberian nama adalah agar perusahaan dikenal khalayak. Syaratnya adalah tidak terlalu panjang, sederhana namun tetap mudah diingat.
Anda bisa memasukkan 2 – 3 kata lalu rangkai kata tersebut hingga menjadi sebuah nama brand
Rangkaian kata ini tidak harus memiliki arti yang saling berhubungan. Bisa saja Anda membuatnya dari gabungan nama-nama pemilik (kalau ownernya lebih dari 1) atau nama Anda sendiri
Kalau ada rencana memasukkannya dalam logo perusahaan maka cukup sematkan singkatan, kata yang paling menonjol atau gabungan kata.
Agar tidak menimbulkan kesalahpahaman, pilihlah kata yang nyambung dengan bisnis perusahaan.
Contohnya perusahaan Anda bergerak di bidang tour dan travel, maka coba gunakan embel-embel “Travel” jadi nama brandnya adalah Traveloka
Sebisa mungkin masukkan kata yang sudah umum dikenal banyak orang
– Gabungan dari 2 kata
Berikutnya, cara membuat nama perusahaan yang unik adalah dengan menggabungkan dua kata.
Tapi pastikan Anda harus jeli dalam memilih kata agar hasil penggabungan kata akan pas, enak dibaca dan punya ciri khas.
Contohnya, ‘RuangGuru’, ‘NetPlasa, ‘TemanJalan’, ‘Gilabola’, dan ‘Bridestory’.
Dari contoh ini 2 kata yang digunakan masih punya keterkaitan satu dengan yang lain
Seperti Ruang Guru, seorang Guru perlu Ruang untuk mengajar entah offline atau online sehingga jadilah Ruang Guru
Contoh lainnya kalau Anda ingin usaha kue bisa pakai embel-embel “Cake” dan ingin ada kosa kata yang lagi hits seperti “Kekinian”, hasilnya seperti Cakekinian
– Buat logo bisnis
Sebuah brand juga tidak lepas dari yang namanya logo yang terbentuk dari beberapa bentuk dan simbol
Logo seringkali menjadi hal pertama yang dikaitkan dengan sebuah perusahaan maksudnya logo adalah cerminan dari merek bisnis
Dari logo ini Anda punya kesempatan untuk lebih mendeskripsikan bisnis Anda dengan menyalurkan ide kreatif Anda pada gambar
Selain itu logo juga dapat membantu pembeli mengingat merek bisnis Anda
Contohnya perusahaan travel bernama Traveloka tadi, mereka membuat logo burung terbang yang mengartikan sebuah perjalanan memakai transportasi udara
Tapi jangan sedih dulu kalau Anda gak bisa bikin logo karena sekarang banyak fitur internet yang bisa Anda manfaatkan untuk bikin logo contohnya Canva
– Manfaatkan tool di internet untuk riset nama brand bisnis
Seringkali pebisnis merasa kesulitan untuk menentukan apa nama brand bisnisnya
Kalau Anda mengalami hal yang jangan sedih dulu
Anda bisa memanfaatkan beberapa fitur di internet untuk mencari sebuah ide nama brand
Salah satu fitur yang bisa Anda gunakan untuk menemukan ide nama brand:
BusinessNameGenerator.com
Industry Filter dan Result Filter adalah dua fitur yang membuat Business Name Generator menonjol.
Mereka memungkinkan Anda mengubah preferensi pencarian Anda sehingga Anda akan menerima saran yang paling relevan.
Namun, Anda harus mengklik tombol generate terlebih dahulu untuk mengakses fitur-fitur ini.
Yang membuat tool ini nyaman digunakan adalah setiap item hasil query dapat diklik dan Anda dapat melihat ketersediaan domain di waktu yang sama.
Di bagian bawah halaman, tool ini juga menawarkan beberapa nama dan logo premium yang dapat Anda beli.
Terlepas dari fitur-fiturnya yang powerful dan bermanfaat, perlu diingat bahwa Business Name Generator menampilkan banyak sekali iklan yang menyebalkan bagi sebagian pengguna.
Cara penggunaannya :
- Akses website dengan ketik Business Name Generator di kolom pencarian Google
- Masukan keyword pilihan Anda pada kolom pencarian lalu klik Generate
- Setelahnya Anda akan diberikan beberapa pilihan nama brand dari keyword yang Anda masukkan tadi
- Agar pencarian lebih spesifik bisa memanfaatkan kolom filter (industry, jumlah kata yang dipakai, penempatan keyword) lalu klik Apply
- Setelah itu pilih satu nama brand yang menarik perhatian Anda
Klik tanda (+) yang ada di samping nama brand untuk melihat rekomendasi nama website untuk bisnis Anda
Jika Anda tertarik bisa langsung beli nama domain dari rekomendasi dibawahnya kalau tidak bisa Anda lewatkan
Itu tadi beberapa alasan nama merek penting untuk bisnis, trik dan fitur yang perlu Anda pelajari untuk membuat sebuah nama brand bisnis yang unik dan lebih menonjol dari pesaing
Selamat mencoba!
Jangan lupa untuk share artikel ini ke semua sosial media yang Anda punya