Jika diamati semakin hari kebutuhan hidup selalu naik harganya karena memang setiap tahun mata uang kita tergerus inflasi bahkan hingga 5% per tahun dalam 5 tahun terakhir ini. Yang secara otomatis memaksa kita untuk memiliki penghasilan yang lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya.

Kondisi seperti ini yang memaksa banyak orang untuk memiliki bisnis sampingan yang bisa dilakukan walaupun dirinya sebagai pekerja kantoran ataupun mahasiswa. Bisnis sampingan yang bisa dijalankan kapan saja, dimana saja dengan waktu yang sedikit disela kesibukan yang menghadang.

Mungkin memang hal ini terlihat sulit karena Anda akan dipacu untuk mengatur waktu sebaik mungkin ditengah stress pikiran yang melanda. Bayangkan kerjaan kantor atau tugas kuliah harus diseimbangkan dengan bisnis sampingan yang sedang dijalankan.

Tapi hal ini bukan tidak mungkin dilakukan, karena telah terbukti berhasil di banyak murid didikan saya baik dari kelas instagram marketing maupun pasukan alona. Salah satu bukti yang luar biasa adalah dari Aaron Blenda yang memutuskan resign dan full berbisnis menjadi partner saya membangun perusahaan.

Perjalanan ini memang tidak semudah yang diimpikan, tapi juga tidak sesulit apa yang ada dalam pikiran Anda. Olehsebab itu saya akan share tips menjalankan bisnis sampingan dan mendapatkan penghasilan tambahan dari sana.

 

 

1. Jalankan Bisnis yang Anda Sukai

Karena sedikit membutuhkan effort lebih dalam menjalankan bisnis sampingan, jadi pilihlah bisnis yang Anda sukai sedari awal. Sukai disini bisa banyak persepsi, Anda bisa menyukai bidang bisnisnya sesuai hobi misalnya, atau memang Anda menyukai bisnis tersebut karena keuntungan yang banyak. Bisa juga Anda memilih bisnis yang Anda sukai karena tidak menyita banyak waktu dalam mengurusnya.

Karena dengan begitu, semangat Anda tetap terjaga walaupun dihari tersebut Anda telah mendapatkan banyak tekanan di kantor atau di kampus.

 

 

2. Komitmen

Karena bisnis sampingan ini bisa menjadi penghasilan utama Anda pada suatu hari nanti, maka lakukanlah bisnis ini dengan komitmen sepenuh hati dengan membuat sisa waktu yang ada dengan optimal. Cara yang bisa dilakukan agar optimal adalah membuat daftar prioritas apa saja yang harus Anda lakukan di hari tersebut.

Dengan begitu pemanfaatan waktu Anda akan lebih efektif dan efisien. Pastikan juga saat Anda fokus mengerjakan sesuatu, jauhkan gadget dari jangkauan Anda, karena gadget merupakan salah satu alat yang bisa membuang waktu Anda  dengan percuma.

 

 

3. Miliki Tujuan yang Terukur

Walaupun ini adalah bisnis sampingan, Anda harus memiliki tujuan yang terukur, terstruktur, dan mudah dicapai.

Misalkan Anda ingin memiliki income sampingan 3juta perbulan. Berarti dalam satu hari Anda harus memiliki profit minimal 100ribu. Jika keuntungan Anda dalam menjual produk adalah 50ribu, maka buatlah target untuk menjual 2 produk dalam sehari.

Jika goal itu tercapai, bulan berikutnya naikan goal income Anda. Dan lakukan terus menerus agar otak terasah untuk mencapai tujuan yang lebih tinggi.

 

 

4. Kerja Sama dengan Orang Lain

Karena Anda masih sibuk kerja atau kuliah dan satu hal yang tidak mungkin adalah menghandle semua pekerjaan dalam bisnis Anda, maka bekerjasamalah dengan orang lain dalam titik kelemahan Anda.

Misalkan Anda jago dalam hal copywriting tapi tidak bisa menjalankan Facebook Ads, maka kerjasamalah dengan orang yang ahli dibidang FB ads. Anda cukup fokus membuat copywriting yang menohok dan menghasilkan penjualan.

 

 

5. Jangan Lupakan Pekerjan Utama & Perkuliahan

ID:98874734

Meskipun Anda sudah memiliki bisnis sampingan, jangan sampai Anda melupakan pekerjaan utama atau perkualihan. Kecuali dengan catatan tertentu, catatan tersebut misalkan bisnis sampingan Anda sudah memiliki profit 5-10x lipat dari gaji kantor. Maka di titik tersebut saya sarankan Anda resign dan fokus perbesar bisnis Anda.

Tapi kalo belum menyentuh angka tersebut. Tetap jalankan pekerjaan utama Anda di kantor dan perlahan tapi pasti besarkan bisnis sampingan Anda tanpa mengusik waktu dan fasilitas yang disediakan kantor. Karena keberkahan juga penting didalamnya.

Baca Juga : 5 Cara Menghasilkan Uang dari Bisnis Online

Selamat mendapatkan penghasilan tambahan dengan 5 tips ini

 

 

- WEBINAR GRATIS : ALONA PRESENTS
Jualan di Instagram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here