SEO memang terdengar masih asing dalam pebisnis pemula, bahkan banyak diantaranya mengabaikannya. Padahal jika dilihat lebih kedalam maka dalam bisnis khususnya online dapat dikatakan SEO memiliki peran vital. Kenapa demikian?

Memahami Arti SEO

Dalam strategi bisnis pasti mempertimbangkan posisi dari bisnis tersebut. Dalam sebuah tempat perbelanjaan, posisi depan selalu menjadi incaran karena mudah ditemukan dan selalu dilewati oleh masyarakat sehingga meningkatkan peluang pengunjung untuk datang ke tempat tersebut.

Jika anda ditawari untuk memilih tempat dalam pusat perbelanjaan yang bisa digunakan untuk berbisnis atau berjualan pastinya anda akan memilih lokasi paling depan karena dianggap strategis bukan? Selain mudah ditemukan, saat ini masyarakat ingin dipermudah dalam mencari kebutuhannya sehingga dengan berada di depan maka masyarakat akan mudah menemukan dan tentunya dapat membeli barang yang ditawarkan. Strategi untuk bisa berada di posisi depan inilah yang dinamakan SEO.

Bedanya ketika anda membeli atau mendapatkan tempat di bagian depan suatu pusat perbelanjaan atau lainnya anda akan menetap disana, tentunya harga yang diberikan untuk mendapatkan tempat tersebut juga mahal bukan? Berbeda dengan bisnis online karena anda tidak perlu membayar biaya sepeserpun untuk berada di posisi paling depan. Mengapa? Karena bisnis online tidak membutuhkan biaya akan tetapi membutuhkan kualitas dari website yang anda miliki.

Jadi tidak selamanya yang berada di depan akan terus berada di depan karena penilaian paling penting adalah pada strategi dan kualitas toko yang dimiliki. Strategi untuk mempertahankan atau mendapatkan posisi di halaman paling depan inilah yang dinamakan dengan SEO.

Ketika masyarakat membutuhkan produk atau jasa, maka dia akan menuliskan kebutuhannya dengan kata kunci di search engine atau mudahnya di Google.

Contohnya ingin mendapatkan televisi baru maka akan diketik kata kuncinya tv murah. Maka seketika Google akan memberikannya link atau pilihan di beberapa halaman. Dan link yang paling besar kemungkinannya untuk dipilih adalah link yang berada di halaman depan. Halaman depan Google inilah yang bisa diibaratkan seperti bagian depan pusat perbelanjaan.

Pentingnya SEO untuk Bisnis Online

Setelah memahami arti dari SEO tentu saja anda harus mulai menggunakan SEO untuk mendapatkan berbagai macam manfaat darinya. SEO mempunyai peran penting dalam bisnis online. Apa saja itu?

  1. Meningkatkan Peluang Bisnis

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya yakni dengan berada di halaman depan serach engine contohnya Google maka memperbesar peluang pengunjung untuk datang melihat produk yang anda tawarkan. Banyaknya pengunjung ini bukan saja memberikan anda keuntungan dari segi penjualan akan tetapi menguntungkan dari segi iklan yang ingin ikut pada website anda. Dengan demikian anda mendapatkan tambahan penghasilan dari banyaknya iklan yang ingin masuk ke website anda.

2 . Meningkatkan Daya Saing

Dengan tidak adanya biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan halaman depan tentu saja anda harus berusaha dengan keras memperbaiki kualitas dan integritas dari website anda. Dengan demikian ketika ada seseorang mengetikkan kata kunci sesuai dengan yang ada pada website anda maka 95% kemungkinan keuntungan menjadi milik anda.

3. Menghemat Pengeluaran

Biaya yang dikeluarkan untuk optimasi SEO tidaklah sebesar jika anda harus mengiklankan atau mempromosikan melalui jasa lain. Anda hanya perlu memperhatika strategi yang dapat meningkatkan dan menurunkan SEO atau jika anda tidak terlalu yakin bisa mengatasinya, sudah banyak jasa optimasi SEO dengan harga yang relatif murah.

4. Mendatangkan Keuntungan Menjanjikan

Terakhir adalah menggunakan SEO bisa mendatangkan keuntungan yang menjanjikan. Lihat saja situs bukalapak, olx, tokopedia, dan masih banyak lagi lainnya yang mempunyai banyak pengunjung setiap harinya. Itu karena mereka selalu mempertahankan optimasi SEO yang dimilikinya.

- WEBINAR GRATIS : ALONA PRESENTS
Jualan di Instagram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here