Pasti banyak di antara kita yang memilih rumah sebagai tempat untuk mengerjakan bisnis. Selain karena bisa menghemat biaya sewa, kita juga tidak memerlukan biaya transportasi untuk perjalanan dari rumah ke kantor. Karena rumah kita adalah kantor kita. Terlihat sangat hemat, mudah, dan menyenangkan ya? Tapi nggak sedikit juga lo pebisnis yang gagal
produktif ketika mengerjakan bisnisnya dari rumah.

Gangguan mulai dari tidak adanya jam kerja yang mengikat, tempat tidur yang teramat empuk untuk ditiduri, game console, bahkan sampai anggota keluarga yang suka tiba-tiba menyela minta tolong ini itu bisa menyebabkan kita gagal fokus dan gagal produktif. Alhasil, bukannya menyelesaikan pekerjaan, yang ada mood sudah hilang, atau malah malas-malasan.

Nah supaya kejadian di atas nggak terjadi, ikuti tips berikut ini. Dijamin ampuh!

1) TETAPKAN JAM KERJA
Meskipun bekerja dari rumah, Anda harus punya jam kerja pasti. Misal dari jam 08.00-17.00. Jam kerja ini tidak boleh dilanggar. Anda tidak boleh mengerjakan hal lain yang tidak berkaitan dengan bisnis Anda selama jam kerja berlangsung.

2) BUAT RUANGAN KERJA SENDIRI
Pisahkan dengan kamar tidur dan keluarga agar Anda fokus. Selama jam kerja jangan pernah
sekalipun menyentuh kamar tidur. Karena kasur yang empuk bisa bikin Anda jadi malas.

3) TATA RUANGAN KERJA SESUAI KEBUTUHAN
Buat konfigurasi peralatan kerja Anda senyaman mungkin. Tata sedemikian rupa agar memudahkan Anda dalam bekerja. Jika perlu dibuat semirip mungkin dengan kantor sungguhan. Oh iya, khusus Anda yang internet marketer dan sering menatap komputer/gadget berlama-lama, pilih ruangan yang langsung berhadapan dengan udara luar. Jika perlu yang menghadap langsung dengan taman atau pepohonan. Ventilasi yang cukup dapat membantu Anda mengurangi stress dan penat saat bekerja. Sedangkan
pepohonan dapat membantu menyegarkan mata Anda setelah lama menatap komputer. Usahakan menatap pepohonan hijau setiap 30 menit sekali untuk mencegah mata kelelahan.

4) MINTA KERJA SAMA DENGAN KELUARGA AGAR TIDAK MENYELA SAAT BEKERJA
Seringkali faktor penyebab gagal fokus bekerja adalah keluarga. Mulai dari diajak ngobrol sampai minta tolong diantarkan ke suatu tempat (mentang-mentang sudah tidak bekerja kantoran, pasti banyak yang “dijagain” orang rumah untuk jadi ojek, hehehe) atau dimintai tolong melakukan sesuatu.

Pekerjaan yang disela itu bisa membuat mood kita turun. Kalau sudah turun, kita jadi tidak
seproduktif sebelumnya. Di sini kita bisa minta tolong orang rumah untuk tidak menyela dulu ketika kita kerja. Jika pekerjaan sudah selesai, barulah kita bisa bebas membantu pekerjaan di rumah. Hal ini lebih baik daripada Anda menunda-nunda pekerjaan dan menyebabkan kerjaan jadi tidak selesai-selesai.

5) PISAHKAN AKUN UNTUK PRIBADI DAN BISNIS
Ini kesalahan sepele yang sering dilakukan newbie. Waktu baru belajar bisnis online, akun email dan sosmed pribadi juga dipakai untuk bisnis. Padahal sebenarnya kurang baik loh. Sebaiknya dipisah. Jika kita menggunakan akun sosmed pribadi untuk bisnis, yang ada bukannya kita kerja malah asyik bersosmed ria bersama teman-teman. Jadinya malah nggak produktif kan?

Emosi yang keluar saat menggunakan akun social media juga berbeda. Di akun pribadi, manusia cenderung meluapkan emosinya. Sedangkan untuk akun bisnis, manusia cenderung menata setiap postingan dan kata-kata yang dipakai. Jadi jika kamu serius berbisnis, mulai sekarang pisahkan akun pribadi dengan akun khusus untuk
bisnis. Selama bekerja, jangan sekalipun membuka akun pribadi.

- WEBINAR GRATIS : ALONA PRESENTS
Jualan di Instagram

1 COMMENT

  1. Nomor 1 sama 4 itu masih susah buat saya mas, kadang kalau lagi kerja di ganggu ama si kecil, lagi pula istri saya juga punya bisnis online, jadi cuma bisa kerja malam baru bisa Fokus.. 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here