Tahun 2010 hingga 2015, bisnis online identik dengan bisnis kecil dan nggak jelas. Karena kebanyakan yang bermain di bisnis online adalah online shop-online shop kecil dengan omset yang tidak menentu.

Namun makin ke sini, bisnis online makin dilirik oleh banyak pengusaha dan digital marketing mulai dilirik sebagai salah satu metode yang mampu memasarkan bisnis mereka  dengan lebih efisien.

Perubahan proses belanja manusia dari konvensional ke digital dan semakin menjamurnya penggunaan social media membuat banyak media dan bisnis konvensional gulung tikar.

Koran mulai mengurangi produksi mereka, bahkan sudah ada yang melakukan PHK massal. Pemilik mall mulai mengeluhkan semakin lamanya balik modal untuk operasional sebuah mall. Pemilik toko ritel mulai mengeluhkan pembeli yang terus menurun, dan masih banyak lagi.

Bisnis konvensional yang tidak mampu menyesuaikan dengan perkembangan era digital akan terus tergulung dan mau tidak mau harus melambaikan bendera merah putih jika tak beradaptasi.

Persaingan mereka bukan lagi dengan sesama toko atau mall lain. Persaingan mereka sekarang adalah dengan internet, handphone, dan social media.

Coba bayangkan, dalam sehari berapa banyak manusia yang membuka handphone lalu menemukan barang-barang unik di social media? Dan tak sedikit dari mereka yang akhirnya membeli barang tersebut secara online.

Dibandingkan dengan mall, berapa kali seminggu seseorang mengunjungi mall? Itu pun mungkin cuma sekali waktu weekend dan di lokasi mall yang berbeda-beda.

Jumlahnya tentu jauh lebih banyak orang yang berbelanja lewat online ketimbang berbelanja di mall.

Jika sebuah bisnis konvensional tidak mampu mengubah strategi marketing mereka menjadi digital, tak perlu menunggu lama untuk bisa kalah.

Jadi digital marketing itu penting. Semakin lama, jumlah pengusaha yang terjun ke dunia online akan semakin banyak, persaingan akan semakin ketat.

Dan semakin lama Anda menunda belajar digital marketing, semakin besar juga peluang Anda dikalahkan oleh pesaing-pesaing Anda.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here