Menggandeng investor untuk menanamkan modal di bisnis Anda bisa menjadi salah satu cara untuk mendanai bisnis Anda. Investor bisa berasal dari keluarga, teman, relasi, atau bahkan orang asing yang baru Anda kenal tetapi memiliki ketertarikan dengan bisnis Anda.

Tapi dari sekian banyak presentasi bisnis yang dilakukan, tidak semuanya mampu mendapatkan pendanaan. Banyak juga yang berakhir sebagai penolakan. Agar presentasi bisnis Anda menarik dan diterima oleh investor, persiapkan dulu hal-hal berikut ini sebelum presentasi :

  1. TINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI & KEMAMPUAN BICARA ANDA

Sebelum presentasi di depan investor, latihlah kemampuan bicara Anda. Usahakan dalam detik-detik pertama, Anda sudah membuat investor tertarik untuk mendengarkan pemaparan bisnis Anda.

Agar mampu presentasi dengan menarik, Anda harus meningkatkan kepercayaan diri Anda. Kebanyakan investor menolak proposal bisnis seseorang karena pebisnisnya dinilai kurang percaya diri sehingga menimbulkan keraguan di mata investor.

2. PASTIKAN MODEL BISNIS ANDA JELAS DAN MASUK AKAL

Pandai bicara saja tidak cukup. Poin yang paling penting adalah bisnis Anda sendiri. Pandai bicara hanya menarik investor untuk mendengarkan Anda. Tapi keputusan untuk berinvestasi atau tidak ada di bisnis Anda sendiri.

Karennya model bisnis Anda harus jelas, menarik, dan masuk akal. Model bisnis Anda nantinya akan menentukan dari mana Anda mendapatkan revenue (penghasilan) bagi bisnis Anda. Apakah dari profit yang didapat dari penjualan produk, apakah dari fee jasa yang diberikan, ataukah dari iklan/endorsement?

3. BUAT STRATEGI MARKETING YANG BAGUS

Strategi marketing juga menjadi salah satu poin yang dapat menarik investor untuk menanamkan modalnya kepada Anda. Pada dasarnya semua investor ingin supaya uang yang mereka tanamkan ke bisnis Anda kembali menjadi profit.

Untuk mendapatkan profit yang tinggi, tentunya strategi marketingnya harus bagus agar penjualan juga maksimal. Jika strategi marketing Anda tidak bagus, tentunya akan sulit untuk mendapatkan penjualan sebanyak mungkin dan profit yang tinggi.

Salah satu indikasi bahwa proposal bisnis Anda menarik di mata investor adalah profit. Semakin banyak potensi profit yang dihasilkan oleh bisnis Anda, semakin menarik bisnis Anda di mata investor.

4. ANALISA KEUANGAN HARUS JELAS

Tidak hanya profit. Investor biasanya juga ingin mengetahui kapan mereka akan balik modal. Bisnis Anda menghasilkan profit banyak tapi dibutuhkan waktu bertahun-tahun untuk balik modal juga bisa membuat calon investor pikir-pikir panjang lagi.

Paling tidak dalam proposal bisnis Anda nantinya harus mencantumkan berapa ROI, kapan bisnis Anda mencapai BEP (Break Event Poitn/balik modal), dan berapa potensi profit yang bisa dihasilkan.

5. PASTIKAN TIM ANDA KOMPAK & KOMPETEN

Selain ide bisnis yang bagus dan analisa keuangan yang menguntungkan, tim juga menjadi pertimbangan investor. Semua bisnis pasti dijalankan bersama dengan tim, tidak ada pengusaha yang bisa berjalan sendiri.

Tim yang kompak dan kompeten akan meyakinkan investor untuk mau menanamkan modalnya kepada Anda. Tim yang baik akan dianggap mampu membawa bisnis Anda berkembang dengan baik pula.

6. SIAPKAN ANALISA SWOT

Jangan hanya mengutarakanide bisnis yang bagus saja kepada investor. Siapkan juga analisa SWOT meskipun investor belum tentu meminta. SWOT terdiri dari Strength (kekuatan bisnis Anda), Weakness (kelemahan yang ada di bisnis Anda beserta cara mengatasinya), Opportunity (peluang yang dapat membuat bisnis Anda berkembang), dan Threat (ancaman yang dapat menghadang bisnis Anda plus cara mengatasinya).

7. JELASKAN KEUNIKAN PRODUK/JASA YANG ANDA TAWARKAN DIBANDING PESAING ANDA

Salah satu cara untuk membuat bisnis Anda sukses adalah Anda harus mampu memenangkan persaingan. Supaya bisa memenangkan persaingan, produk atau jasa yang Anda tawarkan haruslah lebih unik dibandingkan dengan pesaing-pesaing Anda. Dan tentunya, haruslah diimbangi dengan strategi marketing yang jitu.

PROMO AMELIA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here