Ada banyak nilai dan kriteria yang harus kita patuhi untuk memasarkan produk kita di social media. Setiap social media memiliki algoritma masing-masing yang menyebabkan kita tidak bisa sembarangan dalam memasarkan produk kita di sana.

Semakin berkembangnya dunia digital semakin mendorong orang-orang untuk mengurangi aktifitas shopping offline dan lebih memilih shopping online via internet. Dan kehadiran social media memudahkan para pelanggan Anda untuk menemukan brand Anda dan berbelanja langsung dari social media Anda.

Tapi sebelum Anda memakai social media sebagai media pemasaran bisnis Anda, ada beberapa prinsip yang harus Anda ketahui di samping memahami algoritma masing-masing social media tersebut :

  1. OPTIMALKAN PENGGUNAAN FITUR-FITUR DARI SOCIAL MEDIA

Baik Facebook, Instagram, maupun Snapchat adalah social media yang memakai dua elemen penting sebagai media berkomunikasi antar penggunanya, yakni gambar (still atau video) dan tulisan.

Untuk meningkatkan intensitas penggunaannya, social media telah dilengkapi dengan beragam fitur yang membuat orang tertarik memakainya. Seperti fitur filter foto, edit foto, pengubah warna tulisan, stiker, dsb. Gunakan fitur-fitur ini dalam konten Anda.

2. PERMUDAH CUSTOMER CARE DENGAN BANTUAN ROBOT

Dengan semakin meningkatnya follower bisnis Anda di social media, tentu akan meningkatkan traffic orang yang menghubungi Anda, baik secara Private Message dari social medianya langsung, atau dari aplikasi messenger lain (Whatsapp, Line, dsb). Jika Anda kewalahan menjawab satu per satu, Anda dapat menggunakan bantuan robot untuk menjawab beberapa pertanyaan yang umum ditanyakan. Sehingga bisa menghemat waktu tim CS Anda.

3. JANGAN RAGU UNTUK IKLAN BERBAYAR DAN BUAT CONTENT MARKETING YANG MENARIK

Kunci kesuksesan memasarkan produk di social media adalah content Anda harus menarik dan menimbulkan interaksi dengan follower bisnis Anda. Dari interaksi-interaksi ini diharapkan brand awareness terhadap produk Anda akan terus meningkat.

Karenanya, jangan ragu untuk menggunakan fitur berbayar yang disediakan social media untuk memasarkan atau mengiklankan bisnis Anda. Facebook Ads atau Instagram Ads bertugas memasang content yang Anda buat ke target market yang Anda bidik. Tanpa bantuan Ads, akan sulit bahkan mustahil menemukan orang-orang yang menjadi target market Anda.

4. GUNAKAN ANALITIK UNTUK MENGUKUR BISNIS ANDA

Sebelum era digital marketing booming, pebisnis akan kesulitan untuk mengukur bisnis mereka, karena dulu pengenalan produk dilakukan dengan cara memasang baliho, iklan di TV, dan iklan di radio. Padahal ketiga cara tersebut tidak menyajikan data spesifik, berapa yang melihat iklannya, berapa yang tertarik, dsb.

Sedangkan social media menyajikan data lengkap. Mulai dari berapa orang yang melihat iklan kita, berapa engagement yang dihasilkan, dsb. Jadi pebisnis sekarang lebih suka menggunakan data tersebut untuk menganalisa bisnis mereka.

5. JANGAN TERLENA DENGAN “OTOMATIS”

Posting otomatis menggunakan bantuan software, robot penjawab, dan beragam fitur otomatis nantinya akan booming. Tapi jangan semuanya serba otomatis yang Anda pakai. Tetap gunakan sentuhan manusia. Karena manusia itu lebih memahami keinginan customer daripada robot mesin.

6. SOCIAL SHOPPING DAN INSTANT PURCHASE AKAN MENINGKAT

Kehadiran social media membuat orang jadi suka berbelanja lewat social media. Akibatnya proses membeli bisa jadi lebih cepat. Tinggal pilih barang yang disuka, order, lalu transfer. Prosenya cepat dan instan.

Selanjutnya barang sudah menjadi milik pembeli. Kehadiran website juga mempermudahkan customer untuk membeli. Mereka bisa pilih-pilih barang dari katalog di website, klik “Add To Cart”, isi data pengiriman, lalu membayar total pembelian via transfer bank.

Social media ke depannya tak hanya berfungsi sebagai content marketing dan brand awareness, tapi juga menjadi sarana customer untuk membeli barang yang mereka butuhkan langsung ke toko online/brand pilihan mereka di sosmed mereka masing-masing dengan cepat dan instan. Inilah yang disebut sebagai social shopping.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here