Menjalankan sebuah bisnis dan membangun bisnis adalah dua hal yang sangatlah berbeda.

Mudah – setelah Anda mendapatkan hasil yang baik – merasa nyaman dan perlahan-lahan mulai mengendur.

Namun, jika Anda benar-benar ingin menumbuhkan aset dalam bentuk bisnis, jangan pernah merasa puas begitu Anda sudah mendapatkan keuntungan.

Profitabilitas hanya tahap dua! (Tahap pertama memulai bisnis.)

Tahap ketiga adalah menskalakan toko Anda – yang berarti lebih banyak penjualan dengan sedikit waktu yang diinvestasikan. Scaling tidak selalu berarti lebih banyak pekerjaan …

… itu berarti menjadi lebih efisien sehingga Anda bisa menghasilkan lebih banyak dengan sedikit usaha.

Menurut Jason Albanese, co-founder dan CEO Centric Digital:

“Scalable growth is all about pairing exponential revenue growth with incrementally increasing cost.”

Tanpa basa-basi lagi, mari kita bahas sebuah cara untuk menskalakan toko bisnis dropship!

Membangun Sebuah Tim

Salah satu cara termudah dan paling efektif untuk menskalakan toko dropshipping adalah dengan membangun sebuah tim.

Sebuah tim dapat mengambil alih tugas monoton yang harus Anda kerjakan namun menghabiskan banyak waktu Anda, seperti memenuhi pesanan, memberikan layanan pelanggan, atau memperbarui daftar produk.

Anggota tim dapat membebaskan Anda untuk fokus pada tugas yang benar-benar penting bagi pertumbuhan bisnis Anda, termasuk pemasaran dan negosiasi dengan suplier.

Tentu saja, tidak semua anggota tim akan berguna. Lalu bagaimana cara agar Anda bisa menghindari kucing dalam karung dan menemukan calon anggota tim yang bagus?

Langkah 1: Buat Daftar Tugas yang Bisa Anda Outsource.

Sebelum Anda mulai mencari bantuan dengan merekrut anggota tim, Anda harus mengetahui dengan pasti hal apa yang dapat Anda lepaskan dari tugas Anda, dan apa yang tidak Anda inginkan.

Daftar potensial mungkin terlihat seperti ini:

  • Customer service
  • Social media management
  • Mengolah dan mengirim faktur
  • Memperbarui jumlah persediaan barang
  • Membuat posting blog dan buletin
  • Website maintenance
  • SEO work
  • Graphic design

Begitu Anda sudah menyiapkan daftar, mulailah dengan membuat video atau dokumen yang menguraikan proses tugas masing-masing. Ini akan menjadi sesuatu yang dapat Anda tangani ke anggota tim yang sudah ada sebelumnya untuk membantu karyawan baru Anda memahami setiap langkah setiap tugas (lebih lanjut nanti).

Langkah 2: Mengiklankan Peran.

Sudah sangat banyak platform di luar sana untuk menemukan freelancer dan pencari kerja. Berikut adalah beberapa yang lebih populer yang dapat Anda lihat:

  • Freelancer: Kirimkan pekerjaan Anda dan dapatkan tawaran dari pekerja lepas.
  • Sribulancer: Temukan freelancer yang berbasis di Indonesia.
  • Upwork: Kirimkan pekerjaan dan jelajahi profil dari banyak freelancer di seluruh dunia, dengan keahlian yang luas.

Sebelum memposting peran untuk pekerjaan Anda, Anda memerlukan sebuah deskripsi pekerjaan! Di sinilah dokumen atau video yang Anda buat sangat berguna.

Ketika sampai pada deskripsi pekerjaan, pastikan untuk menyertakan:

  • Daftar tugas yang rinci harus diselesaikan.
  • Daftar perangkat lunak dan alat yang akan mereka gunakan, seperti Google Drive, perangkat lunak pemasaran email, alat pengelolaan media sosial, atau perangkat lunak obrolan langsung yang Anda gunakan di situs Anda.
  • Berapa jam yang diharapkan per minggu serta waktu-waktu tertentu yang Anda perlukan untuk bekerja (jika Anda memerlukan layanan pelanggan selama jam kerja, misalnya).

Berikut adalah template yang dapat Anda pakai untuk iklan Anda:

“Hai,

Kami mencari anggota tim yang proaktif untuk membantu menjalankan dan mengelola [memasukkan apa yang Anda butuhkan untuk bantuan di sini] di [masukkan nama toko di sini].

Tugas mingguan Anda akan meliputi:

  • [tugas satu]
  • [tugas dua]
  • [tugas tiga]
  • [Dll]

Anda harus memiliki pengetahuan tentang [masukkan keterampilan di sini], nyaman menggunakan perangkat lunak seperti [masukkan alat di sini] dan fasih berbahasa Inggris (lisan dan tulisan).

Di baris pertama aplikasi Anda, tolong beritahu kami apa hobi favorit Anda. Jika Anda tidak menanggapi permintaan ini, kami akan berasumsi bahwa Anda belum membaca deskripsi pekerjaan dan tidak akan mempertimbangkan Anda.

Menanti untuk mendengarnya darimu! 🙂 “

Sekarang, pilih platform dan kirimkan daftar pekerjaan pertama Anda!

Langkah 3: Tinjau Pemohon.

Anda mungkin ingin memberikan perhatian detail pada kandidat dengan kemampuan komunikasi tertulis yang bagus. Ini juga akan mempermudah untuk menemukan yang buruk karena mereka akan memiliki tata bahasa dan ejaan yang mengerikan.

Pertama-tama, cari tanggapan mereka atas permintaan Anda: dalam hal ini, penyebutan hobi mereka. Jika mereka tidak menjawab permintaan itu, kemungkinan mereka tidak membaca deskripsi pekerjaan dan Anda tidak perlu repot-repot dengan mereka. Hapus semua yang melewatkan langkah penting ini.

Saat meninjau pelamar, pastikan untuk hanya mewawancarai orang-orang yang Anda dapat melihat diri Anda bisa bekerja untuk waktu yang lama bersama orang tersebut.

Anda akan menginvestasikan banyak waktu dan uang dengan orang ini, jadi Anda ingin memastikan itu juga bukan pemborosan. Lagi pula, Anda harus melatih mereka dan mempercayai mereka untuk membantu menjalankan bisnis Anda ..

Cobalah untuk mempersempit daftar menjadi 2-4 orang. Setelah Anda memiliki daftar itu, lanjutkan ke langkah berikutnya:

Langkah 4: Wawancara Calon Anda.

Keyakinan pribadi saya tidak pernah mempekerjakan orang tanpa terlebih dahulu berbicara kepada mereka. Butuh waktu 15 menit saja dan bisa dilakukan dengan menggunakan Google Hangouts atau Skype.

Ini membantu dalam beberapa cara:

  • Anda bisa menyingkirkan beberapa kandidat yang tidak benar-benar memiliki kefasihan dalam bahasa Inggris.
  • Anda akan menemukan sedikit tentang ketepatan waktu mereka, yang mengatakan banyak tentang karakter mereka.
  • Anda belajar sedikit lebih banyak tentang orang tersebut dan merasa lebih baik jika mereka cocok.

Saat melakukan wawancara, berikut beberapa pertanyaan penting yang harus diajukan:

Sudahkah anda melakukan [memasukkan skill yang anda rekrut] untuk sebuah toko Toko Online sebelumnya?

Jangan memerintah seseorang hanya karena kekurangan pengalaman. Pertanyaan ini hanya untuk merasakan berapa banyak pelatihan yang mereka butuhkan. Lebih penting untuk menyewa sikap daripada pengalaman, dan banyak orang adalah peserta didik yang cepat.

Apakah tujuan karir anda?

Ini adalah pertanyaan bagus karena dua alasan:

  1. Anda bisa belajar apa motivator kunci mereka dan jika Anda dapat memberikannya, yang membantu Anda menemukan kecocokan jangka panjang.
  2. Anda menunjukkan kepada mereka bahwa Anda serius dengan peran ini bersama mereka dan bahwa ada ruang untuk tumbuh dalam posisi tersebut.

Plus, ini menunjukkan bahwa Anda tertarik pada mereka sebagai pribadi dan bukan hanya lebah pekerja.

Apa yang anda lakukan di waktu luang anda?

Serupa dengan meminta hobi mereka dalam penerapannya, pertanyaan ini membantu Anda mempelajari lebih lanjut tentang orang dan minat mereka.

Anda mungkin akan menemukan bahwa orang-orang yang berwirausaha dan mencari uang ekstra cenderung lebih proaktif dan otonom daripada mereka yang hanya mencari pekerjaan yang mudah.

Apa kelebihanmu

Ini adalah pertanyaan bagus untuk menyingkirkan kandidat buruk. Mengetahui kelebihan mereka juga menunjukkan bahwa mereka memiliki kesadaran diri, dan memberi Anda gagasan yang lebih baik tentang apa yang mereka sukai.

Hanya karena Anda mewawancarai seseorang untuk posisi tertentu, tidak berarti daerah itu akan sesuai dengan yang terbaik. Jika Anda merasa benar-benar menyukai sikap orang itu-bijaksana dan percaya bahwa mereka akan menjadi budaya yang sesuai, Anda mungkin akan lebih terbiasa menggunakannya di bidang bisnis Anda yang lain.

Langkah 5: Beri Top Calon Test Run.

Sebelum sepenuhnya berkomitmen pada anggota tim, ada baiknya Anda memberi beberapa tugas percobaan untuk mengetahui bagaimana cara kerjanya.

Ingat, Anda ingin membuat komitmen jangka panjang di sini untuk hasil terbaik, jadi  cukup sewajarnya dengan perlahan. Jangan terburu-buru memilih seseorang hanya untuk mencoretnya dari daftar Anda. Luangkan waktu untuk mengenal anggota tim masa depan Anda, aspirasi mereka, dan etika kerja mereka.

Pastikan untuk mengkomunikasikan bahwa Anda mempekerjakan tim Anda berdasarkan percobaan. Anda tidak ingin mereka berpikir bahwa mereka mendapat pekerjaan hanya untuk mendengar “maaf, saya rasa ini tidak akan berhasil,” jika mereka tidak cocok.

Beri mereka tugas (atau serangkaian tugas) untuk diselesaikan pada tanggal jatuh tempo tertentu. Sampel tugas percobaan bisa berupa:

  • Tulis posting blog.
  • Jawab email keluhan pelanggan (pastikan untuk meninjau jawabannya sebelum mengirimnya!)
  • Jadwalkan posting media sosial minggu ini.

Saat meninjau pekerjaan mereka, hal yang paling penting untuk dicari adalah ketelitian, kemauan untuk belajar (dan bekerja ekstra) dan menyerahkan segala sesuatunya tepat waktu atau sebelum batas akhir.

Komunikasi berlebihan lebih baik daripada kurang berkomunikasi, terutama pada tahap awal. Pastikan mereka tahu persis apa yang diharapkan dari mereka, dan biarkan mereka tahu bahwa Anda akan menjawab pertanyaan yang mereka miliki.

Jika mereka gagal memenuhi tenggat waktu atau tidak memberikan pekerjaan yang baik, kembalilah dan tinjau lebih banyak kandidat.

Langkah 6: Latih Anggota Tim Anda.

Setelah Anda memilih untuk peran pekerjaan dan mereka telah lulus ujian Anda, inilah saatnya membawa mereka pada kecepatan. Melatih karyawan baru Anda adalah win-win: Mereka meningkatkan pengetahuan mereka tentang bidang Anda, dan Anda mendapatkan hasil yang lebih baik.

Cara termudah untuk melatih Tim adalah melalui video. Anda dapat membuat video tangkapan layar secara gratis menggunakan alat seperti Camtasia atau CamStudio dan Screencast. Video ini memudahkan mereka untuk mempelajari materi, dan memberi mereka sesuatu untuk dilihat kembali jika mereka melupakan sebuah langkah.

Anda juga dapat berbagi layar dengan seseorang yang menggunakan alat seperti FreeConferenceCall, Google Hangouts, dan zoom, jika Anda perlu mengerjakan hal-hal dengan mereka satu lawan satu.

Begitu mereka dilatih dan bekerja seperti mesin yang diminyaki dengan baik, tetaplah menjaga hubungan agar tetap kuat dengan terus membantu mereka tumbuh, memberikan umpan balik dan memuji mereka dalam pekerjaan dengan baik.

Bahkan komentar kecil seperti, “Wow, Anda melakukan pekerjaan yang bagus di buletin email itu. Ini terlihat luar biasa! “Buat dunia yang berbeda dalam seberapa keras mereka akan bekerja untuk Anda dan betapa puasnya mereka dengan pekerjaan itu.

Sekarang setelah Anda memahami membangun sebuah tim, mari kita lanjutkan.

Going Multi-Channel (dan Membangun Website)

Menjual di beberapa pasar adalah cara lain untuk menskalakan toko dropshipping Anda.

Dengan menjual di beberapa saluran, seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan situs web Anda sendiri, Anda memiliki akses ke khalayak yang lebih luas dan potensi penjualan lebih banyak.

Masalah terbesar dengan penjualan di beberapa saluran adalah menangani inventaris Anda. Anda mungkin mendapat pesanan di dua situs saat suplier Anda hanya memiliki satu produk tersisa dalam persediaan – memaksa Anda untuk membatalkan pesanan atau membuat pelanggan menunggu sampai persediaan kembali ada.

Ini juga bisa menyulitkan dan menyita waktu untuk mencantumkan produk Anda di setiap situs, terutama jika Anda memiliki banyak produk.

Saya tidak mengatakan hal-hal ini untuk menghentikan Anda melakukannya, saya hanya ingin menetapkan harapan. Sementara memperluas ke bisnis multi-channel berpotensi meningkatkan penjualan Anda, namun juga membawa banyak pekerjaan ekstra jika Anda tidak strategis mengenai hal itu.

Namun, ada dua hal yang dapat Anda lakukan untuk mempermudah proses ini.

  1. Sewa asisten virtual untuk membantu Anda dalam proses (seperti yang ditunjukkan di atas).

2. Gunakan perangkat lunak manajemen inventaris seperti Google Docs untuk mengotomatisasi proses memperbarui daftar, menambahkannya ke beberapa saluran, dan melacak inventaris.

Sekarang, ke bagian penskalaan yang paling penting …

Membangun Toko Online Anda

Memiliki toko sendiri adalah kunci pertumbuhan dan skalabilitas.

Membangun lalu lintas dan daftar email yang terlibat akan memberi Anda aset yang akhirnya dapat Anda jual. Ini juga akan memberi Anda lebih banyak keuntungan, dengan biaya lebih sedikit dan kontrol yang jauh lebih besar atas pengalaman pengguna.

Tentu saja, membangun toko online lebih terlibat daripada hanya mengunggah produk Anda ke pasar. Namun, dengan alat seperti Toko Online WordPress atau Shopify, membangun toko bisa semudah memilih template dan menambahkan produk Anda.

Jika Anda siap untuk berinvestasi dalam membangun situs web untuk bisnis dropshipping Anda, lihat panduan mendalam ini melalui Platform eCommerce.

Menambahkan Produk Pelengkap

Menambahkan produk pelengkap untuk penawaran Anda dapat meningkatkan nilai pesanan rata-rata Anda (AOV) dengan menawarkan Anda kesempatan untuk menjual atau menjual silang pelanggan Anda.

Bagian yang terbaik adalah Anda biasanya tidak perlu melakukan banyak pekerjaan untuk menambahkan produk ini. Sering kali, suplier Anda sudah membawa produk yang sesuai dengan barang yang sudah Anda jual – tanyakan saja kepada mereka atau periksa katalognya!

Jika mereka tidak menawarkan apapun, cukup ketik produk Anda, klik link yang akan dikirim ke halaman data penjualannya, dan lihatlah produk yang terkait.

Saat menelusuri item di Tokopedia, lihat bagian “Pelanggan yang membeli item ini juga membeli” – ada banyak ide bagus di sana!

Cara lain untuk menemukan produk pelengkap meliputi:

  • Melihat formasi produk pesaing.
  • Memeriksa bagian “Orang yang dilihat item ini juga dilihat” .
  • Lakukan brainstorming apa yang mungkin bekerja dengan baik dengan produk Anda. Mungkin tidak selalu ada yang setipis set kertas dan pensil – Anda bisa memasangkan cangkir kopi dengan coaster kustom (yang juga akan memberi hadiah ekstra gratis dengan pembelian), atau kit gantung dengan bingkai.

Setelah menambahkan produk, Anda memerlukan cara untuk menunjukkannya kepada pelanggan Anda. Anda dapat membuat pop up upsell dengan menggunakan plugin seperti Product Upsell atau Smar7Apps. Mereka terlihat seperti ini:

Anda juga dapat meningkatkan penjualan melalui tanda terima email menggunakan aplikasi seperti Receiptful.

Tips Menjual Produk Komplementer Lebih Banyak

Ketika datang untuk mendapatkan lebih banyak upsells dan nilai pesanan rata-rata yang lebih tinggi, ada beberapa hal yang perlu diingat:

  • Tawarkan diskon pada produk upsell – tapi hanya jika mereka membelinya sekarang. Ini menggunakan taktik unik untuk mendorong mereka membeli sesuatu yang mungkin mereka beli nanti, seperti baterai kamera pada contoh di atas.
  • Buat nilai yang jelas. Lihatlah salinan yang digunakan untuk baterai kamera: “Jangan lupa baterai !!” Nilainya jelas: Anda mungkin membutuhkannya, yang berarti Anda mungkin harus membelinya, jadi mengapa tidak mendapatkannya sekarang? mudah?
  • Jika mereka mengambil penawaran pertama, lakukan penawaran lain. Sering kali jika mereka mengatakan “ya” untuk satu produk gratis, ini meningkatkan kesempatan mereka akan mengatakan “ya” kepada yang lain. Lagi pula, mereka sudah menghabiskan $ 500 untuk kamera. Apa lagi $ 50 untuk sebuah kasus dan $ 25 untuk baterai?

Dan inilah satu tip lagi: Cobalah ide produk baru dan cara baru untuk mewakili mereka. Uji berbagai salinan penjualan dan ajakan bertindak yang berbeda untuk melihat apa yang terbaik.

Memaksimalkan Daftar Email Anda

Daftar email Anda adalah salah satu aset terpenting yang Anda miliki. Seiring waktu, kemungkinan akan menjadi penggerak pendapatan terbesar ke toko Anda.

Bayangkan ini: Anda kekurangan uang minggu ini. Anda memiliki tagihan untuk membayar. Toko Anda sekarang sangat lambat.

Tapi, Anda memiliki daftar email dari 50.000 orang yang sangat tertarget. Anda mengirimkan satu email dengan kupon, dan booming! Semalam, Anda memiliki ratusan pesanan masuk – dan banyak uang mengalir ke rekening bank Anda.

Terdengar terlalu bagus untuk menjadi kenyataan? Itu bisa terjadi, jika Anda meletakkan karya tersebut untuk membuat daftar yang bagus.

Inilah salah satu alasan mengapa saya sangat mendorong Anda untuk membangun website toko online, bukan hanya menjual di Tokopedia atau Shopee. Pasar ini menyimpan email pelanggan dari Anda. Tapi jika Anda memiliki toko sendiri, Anda menyimpannya.

Membangun Daftar Email

Sebelum Anda khawatir tentang apa yang harus dikirim ke daftar Anda, Anda harus benar-benar memiliki daftar.

Meskipun ada sejuta dan satu cara untuk membuat daftar email, saya akan memberi Anda beberapa yang paling efektif (dan mengirim Anda ke panduan jika Anda menginginkan lebih).

Berikut adalah taktik favorit saya untuk membuat daftar email:

  1. Tawarkan upgrade konten atau magnet utama di situs Anda.
  2. Tawarkan newsletter dengan tips gratis dan diskon eksklusif.
  3. Tawarkan kode diskon dengan imbalan email.
  4. Tahan kontes atau hadiah di media sosial.

Tentu saja, ini nyaris tidak menggores permukaan bangunan daftar. Untuk info lebih lanjut, lihat panduan lengkap Shopify untuk membuat daftar email.

Memelihara Daftar Anda

Anda tidak bisa hanya mengharapkan seseorang memberi Anda alamat email mereka lalu membuka setiap email dan membeli setiap tawaran yang Anda kirim.

Tidak akan bekerja semudah itu. Anda harus membangun hubungan dengan pelanggan terlebih dahulu. Kirimkan email selamat datang yang memungkinkan mereka tahu persis apa yang harus mereka harapkan dari Anda. Ini harus menjawab pertanyaan:

  1. Email macam apa yang akan anda kirim?
  2. Seberapa sering Anda akan mengirim mereka?
  3. Bisakah mereka membalas alamat email Anda untuk mengajukan pertanyaan?

Itu bukan satu-satunya pesan yang harus Anda kirim. Simak daftar 15 email SumoMe yang perlu Anda kirim.

Sekarang, ke ujung terakhir bagaimana untuk menskalakan toko Anda …

Meningkatkan Pengeluaran Pemasaran Anda
Jika menyangkut skala bisnis, ini mungkin hal pertama yang Anda pikirkan. Namun, saya menaruhnya terakhir karena suatu alasan …

Menghabiskan lebih banyak uang untuk iklan tidak selalu merupakan strategi yang baik.

Ini bisa menjadi uang yang sangat besar jika Anda tidak melakukannya dengan benar. Untuk menghindarinya, berikut beberapa tipsnya:

Membeli Iklan Bayar Per Klik (PPC)

Iklan PPC seperti iklan Google AdWords dan Facebook (hanya untuk beberapa nama) telah lama menjadi cara yang bagus untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web.

Namun, mereka bukanlah platform yang paling mudah dipelajari. Anda bisa menghabiskan banyak uang di PPC untuk membeli lalu lintas yang salah, yang tidak berkonversi.

Jika Anda serius masuk ke dalam menskalakan toko dropshipping Anda melalui PPC, sebaiknya Anda menyewa manajer PPC atau mengikuti panduan.

Berikut adalah panduan untuk masing-masing platform PPC utama:

  • Google AdWords
  • Iklan Facebook
  • Iklan Twitter
  • Iklan pinterest
  • Iklan Instagram

Anda juga dapat menggunakan alat seperti Outbrain atau Taboola untuk menampilkan iklan Anda pada konten yang relevan. Sepertinya ini:

Akhirnya, jika Anda benar-benar cerdas, Anda dapat menemukan pemilik situs web individual dengan konten yang terkait dengan niche Anda, dan membayar mereka untuk menampilkan produk Anda. Jika itu mengganggu keinginan Anda, cobalah ini:

  1. Lakukan brainstorming beberapa situs web untuk diiklankan. Jika Anda memiliki pesaing, ketik situs web mereka ke SimilarWeb untuk melihat di mana mereka beriklan.
  2. Hubungi pemilik situs untuk menanyakan tentang iklan. Beberapa mungkin digunakan untuk iklan, yang lain mungkin belum pernah melakukannya sebelumnya.
  3. Buat desain spanduk menggunakan alat seperti Canva.
  4. Tautkan spanduk ke halaman arahan produk Anda. Lacak lalu lintas mana yang berasal dari iklan mana yang menggunakan parameter Google UTM.

Voilà! Anda sekarang memiliki iklan situs web.

Kesimpulan

Anda telah menempuh perjalanan jauh jika Anda mengikuti keseluruhan panduan ini! Anda belajar bagaimana cara menemukan produk dan suplier, bagaimana cara membuka dan menjalankan toko Anda, dan sekarang bagaimana menskalakannya sehingga Anda menghasilkan lebih banyak uang dengan sedikit usaha.

Penskalaan toko adalah tentang menemukan cara untuk menjadi lebih efisien: Menghabiskan uang lebih efisien, menggunakan waktu Anda lebih efisien, memperbaiki proses toko Anda.

Saya harap Anda telah belajar banyak dan merasa siap untuk keluar dan memulai bisnis dropshipping Anda! Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah, jangan ragu untuk menghubungi kami.

Semoga sukses dalam perjalanan anda

bisnis online bersama alona belajar bisnis online gratis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here