Dalam wawancara terhadap Wempy Dyocta Koto, seorang entrepreneur dan seorang bussines trainer di acara Big Bang Show, Wempy pernah ditanyai oleh Andy Noya “Apa pangsa pasar terbesar di Indonesia saat ini?”

Saat itu Wempy menjawab “Pangsa pasar Muslim”.

Hal ini tidak bisa ditampik, karena Islam menjadi agama mayoritas di Indonesia. Dan Indonesia adalah Negara dengan pemeluk agama Islam terbesar di dunia. Maka tak heran jika produk-produk Muslim laris manis dijual di Indonesia, mulai dari hijab, perlatan ibadah, Al Quran dengan berbagai cover, bahkan perumahan berkonsep syariah.

Apakah Anda juga tertarik untuk menggarap pangsa pasar Muslim? Setidaknya ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebagai insight (wawasan) sebelum Anda melepas produk Anda ke pasaran :

Berikut 4 hal yang wajib Anda perhatikan sebelum melepas produk ke pasar muslim

1 . PRODUK MUSLIM MENJADI KEBUTUHAN ROHANI YANG POKOK

Umat Muslim di Indonesia tergolong sebagai umat Muslim yang cukup taat kepada perintah agama. Paling tidak, mayoritas umat Muslim di Indonesia masih menjaga solat lima waktu mereka dan teguh menjalankan puasa. Selain itu sebagian besar wanita muslimah juga menutupi kepala mereka dengan hijab.

Inilah kenapa produk-produk muslim bisa menjadi semacam kebutuhan pokok bagi umat Muslim. Sebut saja hijab. Sebenarnya setiap wanita muslimah diwajibkan memakai hijab dan pakaian tertutup. Dan mayoritas Muslimah menaati perintah tersebut.

Makanya produk hijab dan pakaian muslimah menjadi komoditas bisnis yang laris manis untuk dijual. Bahkan jumlah konsumennya terus bertambah dari tahun ke tahun. Kebutuhan akan hijab dan perlatan ibadah seperti mukena, sarung, sajadah, Al Quran, dsb, seakan sudah menjadi kebutuhan pokok umat Muslim yang akan terus dibeli.

2. BAGI UMAT MUSLIM, HIDUP TAK HANYA SEKEDAR MENGEJAR DUNIA, TAPI JUGA AKHIRAT

Poin ini menjadi patokan hidup umat Muslim. Jika Anda berbisnis produk Muslim, Anda punya banyak cerita yang bisa disisipkan untuk menjual produk Anda dan menambahkan intensitas interaksi (engagement) pembeli dengan bisnis Anda.

Umat Muslim di Indonesia sangat menyukai pandangan-pandangan keagamaan yang dikemas dalam cerita yang menarik. Hal ini tentunya memudahkan Anda dalam mempromosikan bisnis Anda dan meningkatkan engagement orang-orang dengan bisnis Anda.

Terlebih, produk yang memiliki nilai keagamaan mampu mendapatkan nilai lebih tinggi di hati pangsa pasar muslim.

Contohnya jika Anda berjualan hijab, Anda bisa sisipkan cerita tentang mengapa seorang wanita wajib berhijab, apa pahala bagi wanita berhijab, apa ganjaran bagi yang melepas hijab, dan apa manfaat hijab bagi kehidupan seorang wanita.

3. UMAT MUSLIM SANGAT SUKA BERSEDEKAH

Sedekah menjadi hal yang sering dilakukan umat Muslim. Karena umat muslim percaya, ketika mereka bersedekah, Allah akan membalas dan mengembalikan harta mereka dengan jumlah yang lebih banyak.

Bagi Anda yang jeli melihat peluang ini dapat memanfaatkan momen ini untuk berbisnis sekaligus beramal. Anda bisa sisihkan sekian persen dari laba produk untuk sedekah, sehingga Anda bisa sekaligus mengajak konsumen Anda untuk bersedekah lewat penjualan bisnis Anda. Umat muslim tentu akan sangat menyukainya.

4. SESUATU YANG BERLABEL “HALAL” DAN “SYARIAH” MEMILIKI NILAI LEBIH

Halal tidak hanya menyangkut makanan/minuman. Halal juga menyangkut pada kosmetik dan suplemen/obat. Masyarakat muslim lebih suka mengkonsumsi produk yang berlabel halal. Karena mereka percaya, apa saja yang dihalalkan tentunya baik bagi kesehatan dan diri sendiri.

Namun harapan konsumen halal tidak hanya sekedar pada produknya. Mereka juga ingin bisnis yang mengelola produk yang mereka konsumsi juga halal. Misalnya proses pendistribusian barangnya tidak mengandung unsur riba, dsb.

Syariah sendiri mengacu pada proses bisnis dan jual beli yang sesuai dengan aturan Islam. Islam mengatur banyak hal, termasuk bisnis dan sistem perekonomian. Islam juga sangat mengharamkan bisnis atau jual beli yang berbau riba.

Baca juga :Pelajaran Berharga Di Balik Tutupnya 7-Eleven di Indonesia

Karenanya muncul sistem bisnis dan jual beli syariah yang mengembalikan ketentuan bisnis sesuai dengan panduan Islam, di mana sistemnya bebas dari riba dan segala bentuk kecurangan.

- WEBINAR GRATIS : ALONA PRESENTS
Jualan di Instagram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here